GAMELAB bersama SMK Budi Utomo telah berhasil menyelenggarakan kegiatan monitoring dan evaluasi program Kelas Industri pada 20 November 2024. Program ini dirancang khusus untuk siswa jurusan Desain Komunikasi Visual (DKV) dengan fokus utama pada pengembangan kompetensi sebagai 3D Animator.
Dalam pertemuan ini, berbagai pihak terlibat aktif, termasuk Andi Taru (Direktur Utama PT. Educa Sisfomedia Indonesia), Tim Program & Kurikulum serta Tim Konsultan Pendidikan GAMELAB. Di sisi lain, SMK Budi Utomo diwakili oleh Parwata (Kepala Sekolah) dan Adi Basuki (Penanggung Jawab Kelas Industri).
Selain mengevaluasi untuk capaian program, pertemuan ini juga membahas persiapan pembukaan angkatan baru. Hal ini menjadi langkah penting untuk memastikan keberlanjutan dan penguatan kerja sama antar industri dengan sekolah.
Memahami Kelas Industri
Kelas Industri merupakan inovasi pembelajaran yang memberikan siswa kesempatan untuk belajar sekaligus praktik langsung di dunia usaha dan industri (DUDI). Menurut Wahjusaputri dalam buku Program SMK Pusat Keunggulan (Centre of Excellence) pada Pendidikan Menengah Vokasi (2023), kelas ini dirancang untuk menjembatani kebutuhan pendidikan dengan tuntutan industri.
Kolaborasi antara sekolah dan dunia kerja menjadi kunci keberhasilan Kelas Industri. Kurikulum yang disusun bersama memastikan siswa tidak hanya menguasai aspek teoretis, tetapi juga memiliki pengalaman langsung dalam dunia kerja. Melalui program ini, siswa mendapatkan wawasan tentang lingkungan kerja yang relevan dengan keahliannya, sekaligus mempersiapkan mereka untuk masa transisi dari sekolah ke dunia profesional.
Selain itu, Kelas Industri memberikan manfaat tambahan, seperti meningkatkan kualitas lulusan yang siap kerja dengan standar kompetensi yang diakui oleh industri. Dengan kompetensi unggul, siswa dapat lebih mudah bersaing di pasar tenaga kerja, menjadikan program ini salah satu strategi penting dalam meningkatkan daya saing lulusan SMK.
Pentingnya Sekolah Berkolaborasi dengan Industri
Kolaborasi antara SMK dan dunia industri menjadi elemen penting dalam menghasilkan lulusan yang siap kerja. Widiatna, dalam bukunya Teaching Factory: Arah Baru Manajemen Sekolah Menengah Kejuruan di Indonesia (2019), menyebutkan bahwa pendidikan di SMK harus berorientasi pada kebutuhan dunia kerja. Dengan demikian, SMK tidak hanya berfungsi sebagai lembaga pendidikan, tetapi juga sebagai penghubung antara siswa dan peluang kerja di industri.
Untuk mencapai tujuan ini, kurikulum SMK harus selalu diperbarui agar sesuai dengan perkembangan teknologi dan tren terkini di dunia kerja. Selain itu, pembelajaran yang diberikan harus berorientasi pada pengembangan potensi siswa secara holistik, sehingga lulusan tidak hanya terampil, tetapi juga memiliki karakter unggul yang berdampak positif bagi masyarakat.
Kerja sama antara SMK Budi Utomo dan GAMELAB dalam Kelas Industri merupakan langkah nyata dalam mewujudkan sinergi antara pendidikan dan industri. Program ini tidak hanya membantu siswa memperoleh keterampilan teknis, tetapi juga membangun pola pikir kreatif, inovatif, dan siap menghadapi tantangan dunia kerja yang dinamis.
Maka, dengan terus memperkuat kolaborasi semacam ini, diharapkan lulusan SMK, khususnya dari jurusan DKV SMK Budi Utomo dapat menjadi tenaga kerja yang profesional dan berdaya saing tinggi, siap berkontribusi pada kemajuan industri kreatif di Indonesia.
Tentang SMK Budi Utomo
SMK Budi Utomo didirikan pada tahun 2000 atas inisiatif dewan guru SMA Budi Utomo dan tokoh masyarakat untuk memberikan keterampilan hidup, terutama bagi santri Pondok Pesantren Gadingmangu. Dengan izin operasional pada Mei 2000, sekolah ini awalnya menawarkan dua jurusan, Elektronika Komunikasi dan Mekanik Otomotif. Akan tetapi, seiring waktu SMK Budi Utomo berkembang menjadi tujuh jurusan dengan hampir 2.500 siswa pada tahun 2014.
Baca Juga : GAMELAB Lakukan Monitoring Kelas Industri di SMKN 4 Bojonegoro untuk Cetak Lulusan Kompeten
Tentang PT. Educa Sisfomedia Indonesia
PT. Educa Sisfomedia Indonesia telah berkiprah selama 13 tahun di bidang pendidikan dan teknologi digital dengan komitmen penuh untuk menghadirkan inovasi dan solusi terbaik. Perusahaan ini mengelola tiga unit bisnis utama, yaitu Educa Studio, GAMELAB, dan Educa Academy, yang semuanya memiliki tujuan meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia melalui penerapan teknologi digital yang relevan.
GAMELAB menyediakan beragam program pelatihan, seperti PKL/magang, Prakerja, Kelas Industri, Teaching Factory (TeFa), Uji Kompetensi Keahlian (UKK), hingga Bootcamp. Sementara itu, Educa Studio berfokus pada pengembangan edukasi dan hiburan untuk anak-anak melalui game pendidikan dan animasi kreatif, seperti Marbel (Mari Belajar), Kabi (Kisah Inspiratif Nabi), Kolak (Lagu Anak Indonesia), dan Riri Cerita Anak Interaktif. Di sisi lain, Educa Academy mengutamakan peningkatan kompetensi pendidik melalui pelatihan profesional untuk mencetak generasi penerus yang unggul.
Bersama-sama, mari kita wujudkan generasi muda Indonesia yang kreatif, inovatif, dan siap menjadi pemimpin masa depan. Untuk itu, menjadi SMK binaan GAMELAB adalah kesempatan berharga bagi siswa untuk memulai langkah menuju kesuksesan. Untuk informasi lebih lanjut, silakan hubungi MinLab sekarang juga di sini.