BERITA CREATIVE, DESAIN & MULTIMEDIA Tutorial Membuat Sofa Sederhana Menggunakan Software Blender 3D

Tutorial Membuat Sofa Sederhana Menggunakan Software Blender 3D

Oleh Bernadus Kriswanto Adi Priater | Selasa, 21 Desember 2021

Tutorial Membuat Sofa Sederhana Menggunakan Software Blender 3D

Berikut merupakan tutorial dan penjelasan mengenai cara membuat desain sofa sederhana menggunakan software Blender 3D versi 2.81. Simak dan ikuti, ya!

Ciptakan lingkungan belajar yang lebih MENYENANGKAN dengan GAME-BASED LEARNING!

Aktivitas di kantor membosankan?
Karyawan engangement kurang?
GAMIFIKASI-IN aja!

Daftar Isi Artikel

Di artikel ini, kita akan belajar membuat desain sofa sederhana menggunakan Blender 3D versi 2.81. Simak baik-baik ya!

1. Pengenalan Software Blender Secara Singkat

Software Blender yang akan kita gunakan adalah software blender versi 2.81. Software ini sangat ringan dan penggunaanya juga beragam. Mulai dari membuat objek 3D, membuat animasi, membuat game, mengedit video, dan masih banyak lagi. Sebelum di-install, besar file kira-kira sekitar 140 Mb. Ketika sudah terinstall, besar file sekitar 360 Mb. Cukup ringan, bukan?!

2. Memulai Program Blender

Untuk memulai kita dapat menekan ikon program blender pada desktop, lalu setelah masuk kita akan di suguhkan dengan tampilan awal seperti gambar di bawah ini. Setelah itu kita dapat memilih menu yang akan kita buka seperti 2D animasi, sclupting, video editing dan lain-lain. Kita klik general, lalu akan masuk layout dengan bentuk awal objek 3D kubus.

Tampilan awal

3. Proses Pembuatan Sofa Sederhana

Setelah masuk, kita dapat mengubah bentuk dengan cara masuk edit mode. Cara untuk masuk ke edit mode adalah dengan menekan tombol Tab pada keyboard atau dengan cara menekan objek mode, lalu pilih edit mode pada pojok kiri atas.

Langkah 1Langkah 2

Setelah itu kita dapat membuat dan mengubah bentuk objek 3D sesuai dengan apa yang kita inginkan. Langkah awal  untuk membuat sofa sederhana adalah dengan membagi dua dengan cara menekan CTRL+R, kemudian pilih sisi di kubus, kita potong bagian atas ke bawah, lalu tekan X pada keyboard dan klik faces.

Langkah 3

Kemudian kita pilih modifier properties yang ikonnya bergambar tool, klik add, dan pilih miror.

Langkah 4

Pilih sumbu mana yang akan di-miror kan, jangan lupa pilik clipping agar nantinya objek tidak terputus ketika kita mengubah bentuk. Setelah itu kita dapat mengecilkan bentuk dengan meekan tombol S pada keyboard. Jika ingin mengecilkan sesuai sumbu, bisa dengan menekan tombol S+ sumbu yang di inginkan semisal S+Z, S+X, dan S+Y.

Langkah 5Langkah 6

Kemudian kita buat potongan kembali dengan menekan tombol Ctrl+R lalu menggeser kursor dan buat menjadi seperti gambar di atas. Kemudian kita exturde dengan menekan tombol E dan atur ketinggian dengan menggeser kursor. Buat menyerupai sebuah sofa. Agar lebih menarik, kita dapat menambahkan modifier berupa subdivision surface, agar bentuk menjadi lebih membulat dan rapi.

Langkah 7

Langkah 8Atur viewport sebaik mungkin, saran tidak lebih dari 3, karena akan semakin berat untuk di render. Agar bentuknya semakin menarik bisa di rapikan dengan memotong bagian senderan tangan dan juga senderan punggung agar tidak terlalu membulat.

Langkah 9Setelah selesai, bisa kita save file agar tidak hilang ketika kita akan mengulang. Setelah menyimpan file, kita bisa apply semua modifier, dan masuk ke mode UV editing. Setah itu putong menjadi beberapa bagian agar ketika kita memberikan textur tidak terlihat tertarik dan menjadi kurang menarik untuk dilihat. Buat potongan dengan memilih beberapa garis edge, kemudian tekan tombol U, pilih mark seams.

Langkah 10Langkah 11

Setelah itu masuk ke mode Shader, klik add, texture, klik image texture. Sambungkan image texture dengan cara klik tahan Color dengan Base Color. Input texture dari galeri, misal saya mengunduh dari web: https://id.pinterest.com/pin/320811173457532155/ . Setelah diunduh, masukan ke blender sebagai texture.

Langkah 12Langkah 13

Setelah di input texture, maka tugas terahkir adalah rendering dengan menekan tombol F12. Tunggu hingga hasil render keluar dan selesai sudah hasil dari membuat objek 3D sofa sederhana

Baca Juga : Bagaimana Mengoptimalkan Era Digital dengan Flipbook? Berikut Penjelasannya!

Penutup

Itu dia tutorial membuat sofa sederhana menggunakan Software Blender 3D yang bisa kamu ikuti. Ingin belajar tentang 3D secara lebih mendalam? Yuk ikuti kelas "Menguasai Blender 3D Dari Dasar Sampai Ahli" di Gamelab Indonesia.

Di kelas ini, kamu bisa belajar  bagaimana membuat objek 3D sampai dengan pembuatan animasi Software yang digunakan adalah Blender. Tertarik ikut kelas ini? Yuk beli kelas ini di sini


Bernadus Kriswanto Adi Priater

Bernadus Kriswanto Adi Priater

Selasa, 21 Desember 2021

ARTIKEL TERKAIT

Magang lebih mudah dan bisa dilakukan dari mana saja dengan Program Magang Online Gamelab. Magang Bersertifikat, plus Pelatihan!

DAFTAR MAGANG

ARTIKEL POPULER

KATEGORI