BERITA TEKNOLOGI Apa itu VPN serta Manfaat dan Kegunaannya? Apakah Aman Digunakan?

Apa itu VPN serta Manfaat dan Kegunaannya? Apakah Aman Digunakan?

Oleh Yemima Kristina Kolondam | Rabu, 29 Desember 2021

Apa itu VPN serta Manfaat dan Kegunaannya? Apakah Aman Digunakan?

Vritual Private Network (VPN) banyak digunakan baik perusahaan maupun masyarakat umum untuk kepentingan masing-masing. Tapi, apa sebenarnya VPN? Bagaimana cara kerjanya? Apa saja kelebihan dan manfaat VPN? Apakah aman digunakan?

Yuk, belajar di GAMELAB ACADEMY, belajar kapan saja, di mana saja. Kurikulum berbasis industri. Dapatkan SERTIFIKAT ketika kamu sudah selesai!

Aktivitas di kantor membosankan?
Karyawan engangement kurang?
GAMIFIKASI-IN aja!

Daftar Isi Artikel

Pengertian dan Cara Kerja VPN

VPN atau Vritual Private Network adalah layanan koneksi yang memungkinkan pengguna mengakses sebuah situs internet dengan aman (secure) dan bersifat pribadi (private).

Sebelumnya, VPN biasanya digunakan oleh perusahaan-perusahaan untuk melakukan pertukaran data rahasia atau sensitif dengan aman antar divisi/kantor tanpa takut datanya bocor.

Namun, saat ini VPN sudah populer digunakan secara umum oleh banyak orang untuk mengakses situs yang dibatasi/diblokir di wilayah tertentu dan menjaga kerahasiaan identitas dan transaksi data mereka. 

Penggunaan VPN saat ini juga sudah lebih mudah. Sebelumnya, untuk menggunakan VPN, pengguna perlu mengunduh ekstensi VPN. Namun, saat ini layanan VPN sudah tersedia secara otomatis pada beberapa browser, seperti Opera.

VPN juga menjadi salah satu fitur bawaan di beberapa merek smartphone seperti IPhone, Xiaomi, dsb. Aplikasi VPN juga banyak beredar di platform-platform penyedian aplikasi yang dapat di download dan digunakan secara gratis maupun berbayar.

Dengan menggunakan VPN, data dan transaksi yang dilakukan tidak dapat diakses dan dilacak orang lain, baik hackers, pemerintah bahkan Internet Service Provider (ISP). Hal ini mungkin terjadi karena VPN menyembunikan IP address pengguna sebelum sampai pada situs yang dituju, dan menggantinya dengan IP address yang baru.

Dengan mengganti IP address, pihak manapun tidak dapat mengetahui identitas dan lokasi pengguna. Data asli hanya diketahui oleh penyedia layanan VPN yang digunakan, namun dijamin keamanannya karena layanan VPN tidak menyimpan data tersebut.

Protokol VPN

Protokol merupakan bagian utama dan vital pada sebuah layanan VPN. Protokol VPN mencakup protokol atau ketentuan-ketentuan transaksi data dan standar enkripsi (konversi data menjadi kode rahasia).

1. OpenVPN

OpenVPN adalah protokol VPN yang paling populer dan banyak digunakan penyedia layanan VPN. Protokol ini adalah yang paling lengkap dan seimbang, baik kecepatan dan kestabilan jaringan yang disediakan, serta keamanan data. OpenVPN juga fleksibel digunakan bersama protokol lain. Dengan kelebihan-kelebihan yang disediakan, OpenVPN memerlukan waktu cukup lama dan rumit untuk persiapan/konfigurasi jaringannya.

2. IKEv2

IKEv2 adalah protokol VPN yang paling baik digunakan untuk seluler dan pada koneksi internet jarak dekat. Keunggulan utama protokol ini adalah kecepatan dan kestabilannya untuk segera mengalihkan koneksi ke jaringan lain jika koneksi terputus/hilang. Namun, kelemahannya adalah IKEv2 belum mendukung semua sistem operasi.

3. LTTP, SSTP dan PPTP

Tiga protokol VPN ini bisa dikatakan cukup standar dalam kecepatan, kestabilan dan keamanannya. Masing-masing mempunyai kekurangan pada aspek tertentu namun masih bisa digunakan dengan mengkombinasikan bersama protokol lain sesuai kebutuhan pengguna.

4. Wireguard

Wireguard  merupakan protokol VPN paling baru yang diprediksi akan menjadi salah satu protokol VPN unggul di masa depan. Sekalipun, bisa dikatakan, masih pada tahap eksperimental, namun layanan Wireguard cukup menarik perhatian dengan menyediakan akses yang modern dan unggul dalam kecepatan karena penggunan dan enkripsi datanya yang sederhana dan ramping. Wireguard berfokus pada kemudahan penggunaan, namun masih banyak aspek yang perlu dilengkapi dan diperbaiki.

Manfaat dan Kegunaan VPN

Dari penjelasan di atas dapat diketahui manfaat dan kegunaan VPN secara umum adalah untuk menyediakan akses internet yang aman dan menjaga privasi pengguna. Berikut adalah daftar manfaat dan kegunaan VPN yang dapat dirangkum:

  • Membuka akses situs terblokir di wilayah tertentu
  • Menebus batasan lokasi dan jaringan
  • Menjaga kerahasiaan data dan transaksi data (terutama bagi perusahaan dan perbankan)
  • Menjaga keamanan identitas dan lokasi pengguna
  • Menutup riwayat perjalanan internet
  • Mengurangi gangguan koneksi dan mempercepat akses/download dengan menyediakan layanan jaringan pribadi yang sedikit pengguna

Keamanan VPN

Keamanan layanan VPN tergantung pada server penyedia masing-masing. Dua aspek yang paling mempengaruhi adalah teknologi dan regulasi hukum.

  • Batasan teknologi: mencakup tipe protokol dan enkripsi data yang digunakan serta pembaharuan layanan
  • Batasan hukum: mencakup regulasi atau undang-undang negara tempat server dan perusahaan layanan VPN beroperasi

Tips Memilih Layanan VPN

  1. Perhatikan tipe protokol dan enkripsi data yang digunakan.
  2. Perhatikan lokasi server dan jumlah server. VPN tanpa batasan geografis biasanya berlokasi di Amerika atau negara-negara Eropa. Kemudian untuk jumlah server, pilih setidaknya yang memiliki minimal 1000 server, agar koneksi internetnya cepat.
  3. Pilih layanan VPN yang sesuai dan didukung oleh sistem operasi perangkat yang digunakan.
  4. Perhatikan penyimpanan data privasi. Layanan VPN biasanya tidak menyimpan data pengguna, namun lebih baik diperiksa kembali pada deskripsi layanan VPN.
Baca Juga : Inovasi Pembelajaran: Bagaimana IoT Mengubah Lanskap Pendidikan Modern

Kesimpulan

Vritual Private Network (VPN) adalah layanan akses internet tidak terbatas dengan jaminan privasi data pengguna. VPN menjadi solusi bagi perusahaan-perusahaan untuk menjaga kerahasiaan data  dan transaksi data yang efisien. Bagi masyarakat umum, VPN menyediakan layanan akses internet pribadi yang aman, tidak terbatas, cepat dan meminimalisir gangguan koneksi.

Apakah VPN aman digunakan?  Jawabannya, setiap layanan VPN memiliki kelemahan dan batasan tertentu. Jika kalian ingin menggunakan layanan VPN, pastikan untuk mengetahui protokol dan regulasi yang digunakan terlebih dahulu, serta pilihlah yang sesuai dengan kebutuhan dan perangkat kalian. Semoga bermanfaat.


Sumber Referensi:


Yemima Kristina Kolondam

Yemima Kristina Kolondam

Rabu, 29 Desember 2021

ARTIKEL TERKAIT

Magang lebih mudah dan bisa dilakukan dari mana saja dengan Program Magang Online Gamelab. Magang Bersertifikat, plus Pelatihan!

DAFTAR MAGANG

ARTIKEL POPULER

KATEGORI