BERITA PRAKERJA 13 Alasan Kenapa Kamu Harus Daftar Kartu Prakerja

13 Alasan Kenapa Kamu Harus Daftar Kartu Prakerja

Oleh Syamsul Arifin | Selasa, 11 April 2023

13 Alasan Kenapa Kamu Harus Daftar Kartu Prakerja

Masih bingung mau daftar Kartu Prakerja atau tidak? 13 alasan berikut ini dapat menjadi pertimbangan kenapa kamu harus daftar Kartu Prakerja. Yuk, simak apa saja alasannya.

Ciptakan lingkungan belajar yang lebih MENYENANGKAN dengan GAME-BASED LEARNING!

Yuk, ikuti program inovatif MAGANG ONLINE untuk berbagai bidang seperti animasi, coding, 3D, illustrasi, musik dan bisnis hanya di GAMELAB.ID!

Daftar Isi Artikel

Saat ini, pemerintah akan membuka program Kartu Prakerja  gelombang 51. Program ini sangat bermanfaat bagi banyak masyarakat Indonesia, terutama yang sudah memenuhi persyaratannya. Untuk melihat daftar persyaratannya, kamu bisa membaca artikel tentang Info Penting Kartu Prakerja 2023.

13 Alasan Kamu Daftar Kartu Prakerja

Setidaknya terdapat 13 alasan kenapa kamu harus daftar program Kartu Prakerja. Berikut 13 alasan tersebut:

1. Gratis dan Mudah Diakses untuk Semua

Program Kartu Prakerja dapat diakses oleh seluruh warga negara Indonesia yang berusia di atas 18 tahun dan tidak sedang terdaftar dalam pendidikan formal (tidak sedang sekolah atau kuliah).

Kartu Prakerja adalah program gratis yang menawarkan berbagai manfaat, sehingga sangat layak untuk mendaftar dan memanfaatkan kesempatan ini. Sehingga, kamu yang sudah lulus SMK atau universitas, sangat direkomendasikan mendaftar program Kartu Prakerja.

2. Pelatihan yang Memenuhi Kebutuhan dan Minat

Sebagai peserta program Kartu Prakerja, kamu memiliki opsi untuk memilih materi kursus atau pelatihan yang sesuai dengan kebutuhan dan minat. Pendekatan personalisasi ini membantu memastikan bahwa pelatihan yang kamu ikuti lebih relevan dengan skills yang ingin kamu tingkatkan.

3. Instruktur Bersertifikasi dan Berpengalaman

Manfaat lain dari program Kartu Prakerja adalah instruktur yang menyampaikan materi kursus sudah bersertifikat, pengalaman dan profesional . Instruktur atau trainer ini adalah ahli di bidangnya masing-masing dan telah disertifikasi oleh Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP). 

Sebagai hasilnya, materi pelatihan yang diajarkan berkualitas tinggi dan relevan dengan pengembangan profesional peserta. Singkatnya, kamu akan mendapatkan materi pelatihan dari ahlinya langsung.

4. Pembelajaran yang Fleksibel, Kapan Saja dan di Mana Saja

Program ini dilakukan secara online, offline dan campuran keduanya sehingga memungkinkan peserta untuk mengakses materi kursus dari mana saja dan kapan saja. Fleksibilitas ini memastikan bahwa kamu dapat belajar dengan kecepatan sendiri dan pada waktu yang diinginkan.

5. Insentif Pemerintah untuk Peserta

Program Kartu Prakerja diinisiasi langsung oleh Presiden Joko Widodo, dan didukung oleh pemerintah dengan insentif. Insentif ini dimaksudkan agar mendorong peserta untuk memulai usaha mereka sendiri atau menggunakan keterampilan baru mereka untuk mencari pekerjaan.

Program ini memberikan bantuan keuangan kepada peserta untuk menutupi biaya pelatihan dan bahan pembelajaran. Peserta menerima insentif total sebesar Rp4.200.000, yang dapat digunakan untuk membayar biaya kursus, paket data internet, dan biaya lain yang terkait dengan program.

6. Sertifikasi BNSP Setelah Menyelesaikan Pelatihan

Setelah menyelesaikan pelatihan dan lulus ujian kompetensi, kamu akan mendapatkan sertifikasi BNSP. Sertifikasi ini adalah bukti yang diakui bahwa kamu telah menguasai bidang studi dan dapat digunakan untuk mendukung pekerjaan yang akan kamu lamar nanti.

Alasan Daftar Prakerja - GAMELAB.ID

7. Mendapatkan Wawasan tentang Realitas Kerja Profesional

Dengan berpartisipasi dalam program ini, kamu mendapatkan wawasan berharga tentang realitas profesi yang dipilih. Kamu bisa belajar tentang tantangan dan peluang yang akan dihadapi dan dapat lebih mempersiapkan diri untuk karir masa depan yang lebih cerah.

8. Kesempatan untuk Belajar Lintas Keterampilan (Cross-Skills)

Alasan selanjutnya kenapa kamu harus mengikuti program Kartu Prakerja adalah kamu dapat mengakses pelatihan di bidang keterampilan lain (selain keterampilan yang sudah kamu kuasai saat ini) melalui Program Kartu Prakerja. Kesempatan ini memungkinkan kamu untuk memperluas keterampilan sekaligus memperbesar peluang untuk diterima kerja sebagai seorang profesional.

9. Meningkatkan Peluang Kerja dan Kewirausahaan

Salah satu alasan utama untuk bergabung dengan Program Kartu Prakerja adalah untuk meningkatkan peluang kerja dan kewirausahaan. Dengan menguasai keterampilan baru, kamu dapat melamar pekerjaan baru, memulai usaha sendiri, atau memajukan karir. Program ini memberikan dasar yang kokoh bagi mereka untuk mencapai tujuan profesional.

10. Meningkatkan Keterampilan

Salah satu tujuan utama dari Program Kartu Prakerja adalah untuk meningkatkan keterampilan tenaga kerja Indonesia. Program ini menawarkan berbagai macam kursus dan program pelatihan, baik secara online maupun offline.

Pelatihan ini dirancang untuk meningkatkan keterampilan kamu sebagai peserta Kartu Prakerja. Dengan meningkatkan keterampilan, kamu dapat meningkatkan daya saing di pasar kerja.

11. Meningkatkan Daya Saing untuk Kerja

Program Kartu Prakerja bertujuan untuk meningkatkan daya saing peserta dalam mencari pekerjaan. Melalui program ini, kamu dapat mempelajari keterampilan baru dan memperoleh pengetahuan yang relevan dengan industri yang diinginkan. Hal ini dapat memudahkan kamu dalam mencari pekerjaan atau memulai usaha sendiri.

12. Akses ke Peluang Kerja

Program Kartu Prakerja juga memberikan peserta akses ke peluang kerja melalui layanan pencocokan pekerjaan. Kamu dapat melamar pekerjaan yang sesuai dengan keterampilan dan minat. Selain itu, kamu juga berpotensi mendapatkan pekerjaan dengan gaji yang lebih baik.

13. Dibuka Hingga Akhir Tahun

Jika saat ini kamu belum mendaftar program Kartu Prakerja, tidak perlu merasa kecewa. Sebab, program ini akan dibuka hingga akhir tahun. Oleh sebab itu, kesempatan bagi kamu, termasuk lulusan SMK atau universitas masih terbuka lebar.

Alasan Daftar Prakerja - GAMELAB.ID

Baca Juga : Mengintip Dunia Programmer, Apa yang Tidak Dikatakan di Kampus!

Penutup

Sebagai kesimpulan, program Kartu Prakerja adalah program yang sangat bermanfaat bagi kamu yang ingin meningkatkan keterampilan, meningkatkan daya saing untuk kerja, menerima bantuan keuangan dan memiliki peluang kerja yang lebih besar. 

Jika saat ini kamu belum mendaftar , pertimbangkan untuk mendaftar Kartu Prakerja dan memanfaatkan kesempatan ini dengan baik. Nah, setelah lolos sebagai peserta Kartu Prakerja nanti, pastikan untuk mengikuti pelatihan Prakerja di GAMELAB.ID. Misalnya, kamu bisa daftar kelas Membuat Musik dengan Menggunakan FL Studio.

Ada terdapat beberapa kelas atau pelatihan Prakerja di GAMELAB.ID dengan materi sesuai kurikulum industri dan dipandu oleh trainer profesional. Kamu juga akan mendapatkan sertifikat yang bisa kamu gunakan untuk melamar kerja.

Jangan lupa untuk menyelesaikan kelasnya agar bisa mendapatkan Ekstra Voucher Rp500.000. Kamu bisa manfaatkan ekstra voucher ini untuk mengikuti pelatihan lain di GAMELAB.ID. Menarik sekali kan? Yuk segera daftar kelas Prakerja di GAMELAB.ID sekarang atau jika ada pertanyaan, kamu bisa hubungi Tim GAMELAB.ID di sini.


Syamsul Arifin

Syamsul Arifin

Selasa, 11 April 2023

ARTIKEL TERKAIT

Magang lebih mudah dan bisa dilakukan dari mana saja dengan Program Magang Online Gamelab. Magang Bersertifikat, plus Pelatihan!

DAFTAR MAGANG

ARTIKEL POPULER

KATEGORI