BERITA KUNJUNGAN INDUSTRI Kunjungan Industri SMK Ma'arif 1 Nanggulan ke GAMELAB.ID

Kunjungan Industri SMK Ma'arif 1 Nanggulan ke GAMELAB.ID

Oleh Syamsul Arifin | Kamis, 15 Juni 2023

Kunjungan Industri SMK Ma'arif 1 Nanggulan ke GAMELAB.ID

Siswa-siswi SMK Ma'arif 1 Nanggulan, Kulon Progo, DIY, sangat bersemangat ketika mengikuti kegiatan Kunjungan Industri di GAMELAB.ID. Berikut ini keseruan kegiatan tersebut.

Aktivitas di kantor membosankan?
Karyawan engangement kurang?
GAMIFIKASI-IN aja!

Ciptakan lingkungan belajar yang lebih MENYENANGKAN dengan GAME-BASED LEARNING!

Daftar Isi Artikel

Pada hari Selasa (23/5/2023), SMK Maarif 1 Nanggulan, Kulon Progo, DIY melaksanakan Kunjungan Industri ke GAMELAB.ID. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman yang lebih mendalam tentang Dunia Usaha dan Dunia Industri, dengan fokus pada industri kreatif seperti game dan animasi. 

Kunjungan Industri ke GAMELAB.ID

Kunjungan Industri ini dilaksanakan di gedung GAMELAB.ID yang masih berada di bawah naungan PT Educa Sisfomedia Indonesia, perusahaan yang dikenal sebagai penyedia layanan dan pelatihan di bidang game, animasi dan pendidikan.

Acara dimulai dengan seminar pengenalan industri yang menghadirkan Kak Nia sebagai perwakilan dari PT Educa Sisfomedia Indonesia. PT Educa Sisfomedia Indonesia memiliki dua platform utama, yakni Educa Studio dan GAMELAB.ID.

Beberapa produk unggulan Educa Studio misalnya seperti game edukasi Marbel (Mari Belajar), Kolak (Koleksi Lagu Anak), Kabi (Kisah Teladan Nabi), Riri (Cerita Anak Interaktif), Emak-Emak Matik dan Channel YouTube Riri serta Channel YouTube Kabi. Sedangkan beberapa produk unggulan GAMELAB.ID misalnya seperti  Kelas Akademi, Kelas Industri, Magang Online Bersertifikat, SMK Binaan, Teaching Factory, Pelatihan Prakerja dan banyak lagi. 

Kunjungan Industri SMK Maarif 1 Nanggulan, Kulon Progo, DIY, ke GAMELAB.ID

Seminar ini bertujuan untuk memberikan gambaran yang komprehensif tentang dunia industri kreatif, terutama dalam bidang game dan animasi. Para peserta, siswa-siswi SMK Maarif 1 Nanggulan, Kulon Progo, DIY, diberikan informasi tentang peluang karier yang ada, tren terkini dalam industri kreatif dan tantangan yang dihadapi oleh para profesional di bidang ini.

Setelah seminar, dilaksanakan juga agenda sesi diskusi dan tanya jawab yang melibatkan peserta dan pemateri. Peserta memiliki kesempatan untuk mengajukan pertanyaan mereka dan mendapatkan penjelasan lebih lanjut tentang topik yang telah disampaikan dalam seminar.

Diskusi ini menjadi platform interaktif yang memungkinkan peserta untuk berinteraksi langsung dengan pemateri, mendapatkan perspektif baru dan memperdalam pemahaman mereka.

Pengenalan Produk: Game dan Animasi

Selanjutnya, peserta diajak untuk mengenal lebih dekat proses produksi game dan animasi yang dilakukan di perusahaan PT Educa Sisfomedia Indonesia. Mereka diberikan panduan langkah demi langkah mengenai tahapan dalam pengembangan game dan animasi, mulai dari perencanaan, desain, pengembangan, hingga tahap akhir produksi. 

Peserta dapat melihat langsung bagaimana para profesional di perusahaan ini mengolah ide menjadi produk yang siap untuk dipasarkan. Tidak hanya itu, acara ini juga menyajikan showcase animasi dan game, yang memperlihatkan hasil karya siswa-siswi peserta pelatihan GAMELAB.ID. 

Showcase ini memberikan kesempatan kepada peserta untuk mencoba langsung animasi dan game yang telah dihasilkan oleh para siswa pelatihan. Peserta dapat mengeksplorasi karya-karya tersebut, mengapresiasi kreativitas yang ditunjukkan dan mendapatkan inspirasi untuk mengembangkan kemampuan mereka sendiri di bidang ini.

Kunjungan Industri SMK Maarif 1 Nanggulan, Kulon Progo, DIY, ke GAMELAB.ID

Selain itu, peserta juga diberikan kesempatan untuk merasakan pengalaman bermain game berbasis Augmented Reality (AR) atau Virtual Reality (VR) buatan Educa Studio. Perangkat VR/AR yang disediakan memungkinkan peserta untuk terlibat secara langsung dalam dunia virtual yang menakjubkan. 

Mereka dapat menguji keterampilan dan kepiawaian mereka dalam menjelajahi lingkungan VR yang memukau, yang merupakan inovasi terbaru dalam industri game.

Sebagai bonus, peserta Kunjungan Industri ini diberikan akun GAMELAB.ID secara gratis. Akun ini memberikan akses kepada peserta untuk mengikuti kelas-kelas pelatihan yang disediakan oleh GAMELAB.ID. 

Kelas-kelas ini dapat diikuti secara gratis maupun dengan membayar, dan bertujuan untuk mengoptimalkan keterampilan dan kompetensi peserta di bidang game dan animasi. Jadi, dengan adanya akun GAMELAB.ID, peserta dapat mengakses materi pembelajaran yang beragam, termasuk kelas-kelas yang dipandu oleh para ahli industri.

Kunjungan Industri SMK Maarif 1 Nanggulan, Kulon Progo, DIY, ke GAMELAB.ID

Baca Juga : Langkah-langkah Efektif Memajukan Sekolah SMK Menjadi Pendidikan Vokasi di Indonesia yang Unggul

Penutup

Terakhir, sebagai penghargaan atas partisipasi mereka, peserta diberikan e-sertifikat yang dapat diunduh melalui akun GAMELAB.ID masing-masing. E-sertifikat ini menjadi bukti konkret atas kehadiran dan keberhasilan peserta dalam Kunjungan Industri di GAMELAB.ID ini. Sertifikat ini juga dapat menjadi nilai tambah dalam portofolio atau CV (Curriculum Vitae) mereka nantinya.

Kunjungan Industri SMK Maarif 1 Nanggulan, Kulon Progo, DIY, ke GAMELAB.ID di PT Educa Sisfomedia Indonesia telah memberikan pengalaman yang berharga bagi peserta. Melalui seminar, diskusi, showcase, dan pengenalan teknologi terbaru seperti AR/VR, peserta mendapatkan wawasan yang lebih mendalam tentang dunia industri kreatif game dan animasi. 

Selain itu, dengan akses akun GAMELAB.ID dan e-sertifikat yang diberikan, peserta diberi kesempatan untuk terus mengembangkan keterampilan dan kompetensi mereka di bidang ini. Semoga Kunjungan Industri ini dapat menjadi pijakan yang kuat bagi peserta untuk meraih kesuksesan di industri kreatif di masa depan.

Tertarik juga dengan Kunjungan Industri di GAMELAB.ID? Kamu bisa sampaikan ke pihak sekolah untuk bekerja sama dengan GAMELAB.ID. Info lebih lanjut tentang kerja sama dan Kunjungan Industri ini bisa kamu tanyakan ke tim GAMELAB.ID dengan klik link ini.


Syamsul Arifin

Syamsul Arifin

Kamis, 15 Juni 2023

ARTIKEL TERKAIT

Magang lebih mudah dan bisa dilakukan dari mana saja dengan Program Magang Online Gamelab. Magang Bersertifikat, plus Pelatihan!

DAFTAR MAGANG

ARTIKEL POPULER

KATEGORI