BERITA KUNJUNGAN INDUSTRI Kunjungan Industri SMKN 1 Jenangan ke GAMELAB.ID

Kunjungan Industri SMKN 1 Jenangan ke GAMELAB.ID

Oleh Rifka Amalia | Selasa, 5 September 2023

Kunjungan Industri SMKN 1 Jenangan ke GAMELAB.ID

SMKN 1 Jenangan melakukan kunjungan Industri ke kantor Gamelab Indonesia (GAMELAB.ID). Kegiatan berjalan lancar dan penuh semangat.

Ciptakan lingkungan belajar yang lebih MENYENANGKAN dengan GAME-BASED LEARNING!

Aktivitas di kantor membosankan?
Karyawan engangement kurang?
GAMIFIKASI-IN aja!

Daftar Isi Artikel

Kunjungan Industri SMKN 1 Jenangan Ponorogo ke Gamelab Indonesia (GAMELAB.ID) dilaksanakan pada Selasa, 5 September 2023. Rombongan SMKN 1 Jenangan tampak antusias saat melakukan sejumlah kegiatan di kantor Gamelab Indonesia yang berlokasi di Jalan Kalisombo No.18 Salatiga, Kecamatan Sidorejo, Kota Salatiga, Jawa Tengah.

Mengenal Dunia Industri

Kunjungan Industri dibuka dengan agenda pengenalan dunia industri kepada siswa dan siswi SMKN 1 Jenangan Ponorogo. Diketahui, SMK memiliki hubungan yang erat dengan industri, mengingat tujuan pendidikan vokasi adalah untuk menciptakan lulusan yang siap terjun ke dunia industri.

Murid-murid yang hadir kali ini berjumlah 107 siswa berasal dari jurusan Rekayasa Perangkat Lunak (RPL). Sementara pengajar yang mendampingi yakni 13 orang.

Pada kesempatan tersebut, mereka dikenalkan tentang cara kerja bidang industri kreatif, khususnya soal bagaimana proses pengembangan game dan animasi yang menjadi produk dari Educa Studio.

Educa Studio dan Gamelab Indonesia adalah dua perusahaan start-up di bawah PT Educa Sisfomedia Indonesia. Educa Studio berfokus pada pengembangan media pendidikan berbasis games, buku, dan animasi.

Sementara Gamelab Indonesia (GAMELAB.ID) adalah platform pendidikan, magang, dan pelatihan kerja yang membantu mengoptimalkan keterampilan di bidang digital seperti teknologi, desain dan kreatif, serta bisnis dan pemasaran.

Siswa-siswi SMKN 1 Jenangan dalam hal ini dikenalkan dengan produk-produk Educa Studio dan Gamelab Indonesia. Pengenalan dunia industri tersebut disampaikan oleh Kak Nia selaku perwakilan Gamelab.

Kunjungan Industri SMKN 1 Jenangan - GAMELAB.ID

Beberapa produk Educa Studio yang dikenalkan adalah Marbel (Mari Belajar Sambil Bermain), Riri (Cerita Anak Inspiratif), Kabi (Kisah Teladan Nabi), dan Kolak (Lagu Anak Indonesia). Educa Studio juga aktif di platfom digital YouTube dengan produk Kabi dan Riri.

Di sisi lain, produk Gamelab Indonesia terdiri dari kelas akademi, program magang/PKL, pelatihan Prakerja, TeFa alias Teaching Factory, dan program utama SMK Binaan. Kak Nia juga menyampaikan soal peluang bekerja di industri kreatif bagi siswa jurusan Rekayasa Perangkat Lunak.

Diketahui, jurusan Rekayasa Perangkat Lunak (RPL) dibekali pengetahuan dan keterampilan yang berkaitan dengan merancang, mengembangkan, menguji, serta memelihara perangkat lunak. Menjadi seorang game developer menjadi satu di antara banyaknya peluang kerja yang bisa digeluti oleh lulusan RPL.

Webinar dengan Game Developer

Setelah dikenalkan tentang dunia industri, siswa-siswi SMKN 1 Jenangan memperoleh pengetahuan dari expert industri, yakni game developer Educa Studio, Kak Candra. Kepada adik-adik SMK, Kak Candra menjelaskan tentang proses sebuah game dikembangkan, mulai dari perencanaan sampai tahap akhir produksi.

Kak Candra juga menyinggung mengenai tahapan Quality Assurance atau QA dalam pengembangan game. Tahapan ini dilakukan untuk memastikan sebuah game yang dirilis telah memenuhi standar. Tentu saja, diskusi dengan Kak Candra semakin membuka gambaran tentang berjalannya sebuah industri di pasar kerja.

Mencoba Game VR dan Melihat Produk Animasi

Tak hanya itu, siswa-siswi SMKN 1 Jenangan Ponorogo pun berkesempatan menyaksikan showcase game dan animasi di Gamelab Indonesia. Mereka bisa mencoba sendiri permainan-permainan yanng dikembangkan oleh peserta pelatihan Gamelab.

Selain game, mereka juga melihat karya animasi luar biasa buatan peserta pelatihan. Ini adalah momen inspiratif yang diharapkan bisa membakar semangat siswa-siswi SMKN 1 Jenangan untuk menciptakan produk-produk kreatif dan terjun di industri ini.

Kunjungan Industri SMKN 1 Jenangan - GAMELAB.ID

Salah satu game yang memicu antusiasme peserta didik adalah Virtual Reality (VR) dan Augmented Reality (AR) buatan Educa Studio. Pengalaman mencoba game VR ini bukan sekedar memberikan hiburan, tetapi juga membuka wawasan mereka terkait luasnya industri game.

Kunjungan Industri SMKN 1 Jenangan - GAMELAB.ID

Baca Juga : Mari Simak Daftar Jurusan SMK Paling Banyak Peluang Kerjanya di tahun 2025!

Penutup

Kunjungan Industri SMKN 1 Jenangan ke GAMELAB.ID merupakan langkah penting dalam upaya mengenalkan dunia industri kepada para siswa agar memperoleh gambaran nyata terkait bagaimana sebuah industri bekerja.

Kunjungan Industri ini bisa memotivasi siswa-siswi jurusan RPL untuk terus mengejar karier impian mereka di bidang pengembangan game dan animasi. Bukan hanya para siswanya yang antusias, para pengajarnya pun terlihat bersemangat.

Kunjungan Industri SMKN 1 Jenangan - GAMELAB.ID

Keseruan pengalaman Kunjungan Industri yang diarasakan siswa-siswi SMKN 1 Jenangan juga bisa kamu rasakan. Caranya, ajak sekolahmu untuk menjalin kerja sama dengan GAMELAB.ID. Yuk, kenali lebih jauh tentang dunia industri dengan bekerja sama dan menghubungi melalui link ini.


Rifka Amalia

Rifka Amalia

Selasa, 5 September 2023

ARTIKEL TERKAIT

Magang lebih mudah dan bisa dilakukan dari mana saja dengan Program Magang Online Gamelab. Magang Bersertifikat, plus Pelatihan!

DAFTAR MAGANG

ARTIKEL POPULER

KATEGORI