Selain cara membuat CV atau riwayat hidup, cara membuat surat lamaran kerja juga harus diperhatikan oleh para pencari kerja. Mencari pekerjaan di era sekarang ini bukanlah hal yang mudah lagi. Karena daya saing yang semakin tinggi dan juga perusahaan-perusahaan tentunya hanya ingin mencari calon karyawan yang terbaik. Maka salah satu cara agar mendapatkan perhatian dari pihak rekrutmen maupun staff HRD adalah dengan membuat surat lamaran kerja yang menarik, baik, dan benar.
Baca Juga : Manfaat dan Tips Efektif Membagi Waktu Untuk Bekerja Dengan Kuliah
Tips Sukses Dalam Pembuatan Surat amaran Pekerjaan
Ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar Anda mendapatkan pekerjaan sesuai dengan yang diharapkan. Nah, agar perusahaan melirik Anda untuk menjadi kandidat terpilih oleh perusahaan yang dituju yaitu salah satunya melalui penulisan surat lamaran pekerjaan. Maka dengan begitu membuat surat lamaran pekerjaan yang menarik adalah langkah yang tepat untuk tahap awal dalam mendapatkan pekerjaan. Berikut adalah beberapa tips sukses yang bisa Anda terapkan agar perusahaan tertarik dengan Anda, yaitu :
1. Pahami Format Tulisan Yang Baik dan Benar
Saat membuat surat lamaran, tulislah dengan format yang benar. Tentu ini berlaku untuk surat lamaran yang dikirim melalui e-mail ataupun diantar secara langsung ke perusahaan, juga dikirim via jasa pengiriman (post). Selain harus menggunakan bahasa yang Formal dan tentunya dengan penggunanaan sesuai dengan kaidah EYD. Adapun format lainnya yang harus di perhatika dalam pembuatan surat lamaran pekerjaan, diantaranya yaitu :
- Tanggal dan Tempat Penulisan
- Nama Perusahan dan Alamat Lengkap Perusahaan
- Salam Pembuka / Salam Hormat
- Tulis Kata Pengantar yang Baik
- Lengkapi Biodata Diri
- Cantumkan Pengalaman Kerja atau Keahlian yang anda miliki
Penutup dan salam
2. Hindari Adanya Typo, bekas dihapus, dan juga coretan
Adanya typo, bekas dihapus dan coretan yang ada didalmnya, maka bisa membuat surat lamaran kerja Anda berkurang kualitasnya, sebab secara tidak langsung HRD bisa menganalisis bahwa anda merupakan orang yang kurang hati-hati dalam melakukan sesuatu. Dan pastikan lagi agar apa yang anda kirimkan semuanyaa terlihat bersih dan rapi.
3. Jangan Menulis Informasi yang Ada di CV
CV biasanya dicantumkan di halaman yang berbeda dengan surat lamaran kerja yang dibuat dan dikirimkan secara bersamaan bersamaan dengan berkas lainnya, seperti Foto copy ijazah, sertifikat-sertifikat pendukung dan lampiran lainya termasuk CV. Dengan menghindari menuliskan informasi yang sudah ada didalam CV kedalam surat lamaran pekerjaan maka akan berkesan surat lamaran yang Anda buat terlalu bertele-tele.
4. Buatlah Surat Lamaran Dengan Jelas dan Simpel
Dalam pembuatan surat lamaran pekerjaan yang dibutuhkan hanyalah informasi singkat mengenai diri Anda. Informasi singkat yang dimaksudkan terdiri atas kalimat pembuka, isi, dan penutup. Di bagian pembuka, buatlah kalimat sapaan dan pastikan bahwa Anda menceritakan dari mana Anda mengetahui bahwa perusahaan tersebut sedang membuka lowongan pekerjaan. Jangan lupa untuk menyebutkan surat lamaran itu ditujukan pada siapa.
5. Jangan Copy-Paste dari Internet
Hal terpenting lainnya yaitu pastikan untuk tida mengcopy-paste apa yang ada di internet, Anda bisa menggunakannya hanya sebagai contoh dan buatlah sesuai dengan bahasa Anda namun formal dan sesuai dengan kaidah EYD.
6. Hindari Imposter Syndrome
Imposter Syndrome adalah suatu kebiasaan yang sangat menghalangi Anda untuk mencipatakan versi terbaik yang ada pada diri Anda. Dengan menceritakan kelebihan diri sendiri, Anda bisa mendapatkan poin tambahan dari peserta lainnya. Namun, dengan tidak berlebihan, ya.
Sumber :