Untuk menjelaskan path tracing dan ray tracing, gampangnya mereka adalah teknik grafis yang menghasilkan gambar yang lebih realistis, ya tentu saja karena teknik grafis ini sangat demanding maka tenaga komputasi yang dibutuhkan juga besar. Untuk lebih jelasnya fitur algoritma grafis ini, ada video Minecraft yang mendemonstrasikan beberapa aspek ray tracing, game yang awalnya terlihat kasual dan ringan saja seketika menjadi sekelas AAA titles karena menggunakan ray tracing.
Minecraft RTX On/Off
Rasterisasi dan Komputer Grafis
Selama dua dekade rasterisasi selalu menjadi pilihan utama untuk game grafis karena komputasinya cepat diproses, namun rasterisasi sudah mulai menunjukkan penuaannya seiring dengan majunya perkembangan teknologi dan dibutuhkan teknik baru untuk level up dalam grafis, disinilah ray tracing bersinar.
Apa itu Ray Tracing?
Bila ray tracing di artikan menjadi "penelusuran cahaya", ya sesuai dengan artinya ray tracing menciptakan sebuah gambar dengan mengikuti arah cahaya yang disimulasikan. Bila cahaya tersebut mengenai object maka dia akan memantul menghasilkan cahaya baru dan terus memantul, menghasilkan pantulan cahaya yang realistis seperti refleksi object dan warna yang lebih akurat. Layaknya dinia nyata dimana ada miliaran cahaya yang memantul disekitar kita.
Ray tracing sudah ada sejak lama sebenarnya, sudah dipakai juga dalam beberapa film animasi seperti dalam film film dari Pixar. Ingat kan tadi ray tracing itu demanding dan sangat berat? Film Toy Story 3 (2010) saja rata rata dalam satu frame butuh tujuh jam untuk dirender, ada juga beberapa frame butuh 39 jam. https://www.wired.co.uk/article/how-toy-story-3-was-made
Gambar di atas bukan foto loh, meskipun terlihat sangat realistis gambar di atas merupakan gambar yang di ray tracing. Satu cahaya masih mudah prosesnya dan dikalkulasi, namun seberapa berat jutaan cahaya yang dikalkulasi seperti gambar di atas?
Satu cahaya bisa menjadi sepuluh cahaya, sepuluh menjadi seratus, seratus menjadi seribu dan seterusnya semakin banyak permukaan yang dapat memantulkan cahaya.
https://www.youtube.com/watch?v=lMSuGoYcT3s
Apa itu Path Tracing?
Pada dasarnya, ray tracing menembakkan cahaya, bila menemui objek cahaya tersebut akan memantul dan menghasilkan beberapa cahaya lagi, dan seterusnya semakin banyak tergantung refleksi objek tadi hingga cahaya tersebut padam karena memantul dari objek yang menyerap cahaya (tidak memantulkan cahaya). Path tracing daripada meneruskan pantulan cahaya tadi, dia hanya memantulkan satu cahaya setiap dia memantul. Ya mudahnya path tracing ini versi cepatnya ray tracing.
Path tracing merupakan bentuk lain dari ray tracing, meskipun path tracing memiliki metode yang lebih baik untuk merender gambar, masih memiliki kekurangan dan tidak sebagus ray tracing.
Adapun game yang menggunakan path tracing, seperti The Legend of Zelda: Breath of the Wild menggunakan patch shaders path tracing. Meskipun bagus, tapi efeknya tidak true to life seperti ray tracing.
Vinal Verdict
Path tracing dan ray tracing sama sama menghasilkan gambar yang indah. Saat ini GPU yang mampu menangani ray tracing masih sedikit, GPU ray tracing kelas konsumer yang level entry pun masih belum begitu mampu menangnani ray tracing dengan frame rate yang mulus., yang consumer tapi capable frame rate mulus saja masih mahal harganya. Tapi tentu saja teknologi semakin berkembang, siapa tahu di masa depan dengan harga terjangkau ray tracing bisa dikomputasikan dengan integrated GPU dari CPU saja?