Kunjungan industri merupakan bagian penting dalam proses pembelajaran di SMK. Sebab, kegiatan ini memberikan kesempatan bagi siswa untuk mengaplikasikan teori yang dipelajari di kelas ke dalam dunia kerja yang sesungguhnya. Dengan begitu, siswa dapat mengamati langsung proses produksi, operasi, dan manajemen di perusahaan, serta memahami bagaimana konsep dan teori tersebut diterapkan dalam praktik.
Maka untuk menanggapi hal tersebut, SMK PGRI 1 Ponorogo dengan antusias langsung mengadakan Kunjungan Industri ke Gamelab Indonesia pada Rabu, 8 Mei 2024. Kegiatan ini diikuti oleh banyak siswa dengan jurusan Manajemen Perkantoran dan Layanan Bisnis (MPLB), Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran (OTKP), Akuntansi dan Keuangan Lembaga (AKL), Desain Komunikasi Visul (DKV).
Seminar Industri
Setelah sampai di Gamelab Indonesia, siswa-siswa SMK PGRI 1 Ponorogo memulai aktivitas mereka dengan mengikuti Seminar Industri yang dipandu oleh Kak Nia. Dalam seminar ini, mereka diajak untuk memahami dunia industri dengan lebih dalam. Kak Nia menjelaskan visi, misi, dan budaya kerja dari PT. Educa Sisfomedia Indonesia. Selain itu, mereka juga diberikan informasi mengenai kebutuhan dan keterampilan yang dibutuhkan dalam industri game dan animasi.
Lebih lanjut, Kak Nia menjelaskan secara menyeluruh konsep dan proses produksi terkini yang digunakan dalam industri tersebut. Ia juga memaparkan studi kasus untuk memberikan gambaran yang lebih jelas tentang berbagai tantangan dan pencapaian yang dihadapi industri ini. Harapannya, melalui kegiatan ini, para siswa SMK PGRI 1 Ponorogo dapat memperoleh pemahaman yang lebih mendalam dan relevan mengenai perkembangan terbaru dalam industri game dan animasi.
Diskusi Seru bersama Expert Trainer
Setelah seminar selesai, peserta melanjutkan kegiatan dengan sesi diskusi daring bersama Kak Galih, seorang pelatih ahli dari Gamelab Indonesia. Diskusi ini menjadi kesempatan berharga bagi mereka untuk memahami secara menyeluruh industri game dan animasi. Di sesi ini, Kak Galih menjelaskan secara rinci setiap langkah dalam proses produksi, dari perencanaan hingga peluncuran produk akhir.
Pemaparan Kak Galih mencakup lima tahapan utama: perencanaan, desain, pengkodean, pengujian, dan peluncuran produk. Melalui sesi ini, diharapkan peserta dapat memahami fokus utama industri dalam menciptakan produk game dan animasi, serta memperoleh pengetahuan praktis yang bisa mereka terapkan dalam mengejar karier di bidang pilihan mereka.
Eksplorasi Karya Game VR dan Animasi
Puncak dari acara Seminar Industri akhirnya tiba dengan sesi Eksplorasi Karya game VR dan animasi. Dalam momen yang dinantikan ini, peserta diajak untuk merasakan dunia virtual reality (VR) melalui karya-karya mengagumkan dari Educa Studio. Tidak hanya itu, mereka juga dapat menjelajahi hasil karya animasi yang dihasilkan oleh peserta Program Magang/PKL dan Kelas Industri di Gamelab Indonesia.
Dengan adanya sesi eksplorasi ini, diharapkan dapat menjadi sarana bagi peserta untuk menikmati pengalaman bermain yang tak terlupakan sekaligus meningkatkan pemahaman mereka tentang keterampilan dan inovasi dalam industri animasi dan game. Lebih dari itu, mereka juga diberi kesempatan untuk mengevaluasi kreativitas dan kualitas karya yang dihasilkan oleh para profesional dalam industri ini. Sehingga dapat menjadi sumber inspirasi dan panduan bagi mereka dalam mengembangkan bakat mereka sendiri.
Tentang SMK PGRI 1 Ponorogo
SMK PGRI 1 Ponorogo tidak hanya fokus pada pembelajaran teori, tetapi juga berkomitmen untuk mendukung para siswanya agar dapat bersaing di dunia industri. Hal ini dibuktikan dengan dilibatkannya seluruh jurusan dalam kegiatan Kunjungan Industri ke Gamelab Indonesia. Oleh karena itu, SMK PGRI 1 Ponorogo dapat menjadi pilihan yang tepat bagi para siswa yang ingin berkarier di industri kreatif. Sekolah ini memberikan pendidikan yang komprehensif, pelatihan yang praktis, dan dukungan yang kuat untuk membantu para siswanya mencapai kesuksesan di masa depan.
Baca Juga : SMK Delta Presiden Kunjungan Industri ke GAMELAB untuk Mendapatkan Materi yang Relevan Industri
Tentang PT. Educa Sisfomedia Indonesia
PT. Educa Sisfomedia Indonesia merupakan perusahaan besar yang beroperasi di sektor pendidikan dan teknologi digital. Saat ini, perusahaan tersebut telah mengembangkan tiga unit bisnis, yaitu Gamelab Indonesia, Educa Studio, dan Educa Academy. Ketiganya memiliki visi yang sejalan, yakni memajukan sektor pendidikan berbasis teknologi digital di Indonesia.
Gamelab Indonesia, sebagai pelopor dalam mengembangkan bakat-bakat digital muda, telah meluncurkan berbagai program inovatif seperti Magang/PKL, Prakerja, Kelas Industri, Teacher Factory (TeFa), Uji Kompetensi Keahlian (UKK), dan Bootcamp. Program-program ini dirancang khusus untuk membekali generasi muda dengan keterampilan dan pengetahuan yang relevan di era digital ini yang penuh dengan tantangan.
Di sisi lain, Educa Studio menawarkan konten edukatif yang kreatif dan menarik untuk anak-anak, seperti Marbel (Mari Belajar), Kabi (Kisah Teladan Nabi), Kolak (Lagu Anak Indonesia), dan Riri Cerita Anak Interaktif. Produk-produk ini telah menjadi favorit di kalangan anak-anak di seluruh Indonesia karena dikemas dengan cara yang menyenangkan dan mudah dipahami, membantu mereka belajar dengan lebih efektif dan bersemangat.
Sementara itu, Educa Academy memiliki peran penting dalam meningkatkan kompetensi para pendidik dan guru melalui berbagai pelatihan dan seminar. Dengan demikian, diharapkan kualitas pendidikan di Indonesia dapat terus meningkat dan melahirkan generasi penerus bangsa yang cerdas dan kreatif.
Jika kamu ingin merasakan sensasi proses kreatif di balik layar industri digital, Kunjungan Industri bersama Gamelab Indonesia adalah jawabannya! Dapatkan kesempatan untuk menjelajahi dunia pendidikan dan teknologi digital dengan cara yang seru dan interaktif. Tunggu apa lagi? Ajak sekolahmu untuk bergabung dalam kegiatan ini. Hubungi kami segera untuk informasi lebih lanjut di sini ya.