BERITA UMUM Gamelab Indonesia dan Disnakerja Bersinergi Ciptakan Lulusan SMK Berbakat dan Siap Kerja

Gamelab Indonesia dan Disnakerja Bersinergi Ciptakan Lulusan SMK Berbakat dan Siap Kerja

Oleh Vincentius Dimas | Senin, 13 Mei 2024

Gamelab Indonesia dan Disnakerja Bersinergi Ciptakan Lulusan SMK Berbakat dan Siap Kerja

Gamelab Indonesia dan Disnakerja siap memberi wadah bagi siswa SMK dan mahasiswa untuk berkompetisi di industri. Mari simak apa saja program yang telas diusung lewat artikel berikut.

Yuk, ikuti program inovatif MAGANG ONLINE untuk berbagai bidang seperti animasi, coding, 3D, illustrasi, musik dan bisnis hanya di GAMELAB.ID!

Aktivitas di kantor membosankan?
Karyawan engangement kurang?
GAMIFIKASI-IN aja!

Daftar Isi Artikel

Di era globalisasi yang penuh dengan dinamika dan perubahan pesat. Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dituntut untuk melahirkan lulusan yang tidak hanya cakap secara teori, tetapi juga memiliki keterampilan dan kemampuan yang relevan dengan kebutuhan dunia industri. Hal ini tidak dapat dicapai secara optimal tanpa adanya jalinan kerja sama yang erat antara dunia pendidikan dan dunia industri.

Maka untuk menanggapi hal tersebut, Gamelab Indonesia dan Disnakerja menjalin kerja sama untuk menjembatani dunia pendidikan dan DUDIKA (Dunia Usaha & Dunia Industri Kerja). Kolaborasi ini bertujuan untuk memberikan wadah SMA/SMK dan Perguruan Tinggi agar lebih kompeten dan siap kerja, serta siap berwirausaha secara mandiri. Selain itu, kolaborasi ini  juga diharapkan dapat membantu mengurangi angka pengangguran dan meningkatkan kualitas SDM di Indonesia. 

Komitmen Gamelab Indonesia

Gamelab Indonesia merupakan lembaga pendidikan dan pelatihan kerja yang didirikan pada tahun 2011 oleh PT. Educa Sisfomedia Indonesia (Educa Studio) untuk memenuhi kebutuhan talenta di industri. Berbekal pengalaman tim yang mumpuni dan sistem pengajaran online yang efektif, Gamelab Indonesia telah berkembang pesat dan menjadi pilihan utama bagi banyak pihak, termasuk pemerintah, sektor swasta, dan +300 SMK dan Perguruan Tinggi yang menjalin kerja sama.

Gamelab Indonesia sejak dulu menerapkan proses pembelajaran berbasis kebutuhan industri dengan membagi pelatihan menjadi 3 aspek penting: Teknologi, Kreativitas, dan Bisnis. Tujuan utamanya adalah menciptakan tenaga terampil yang menguasai ketiga aspek tersebut, yang dikenal sebagai "Digital Skills". Sebab keterampilan ini sangat dibutuhkan di era digital saat ini guna menghadapi dunia industri yang terus berkembang.

Didorong oleh visi mulia untuk berbagi pengetahuan dan keterampilan yang membawa kesejahteraan, Gamelab Indonesia telah menjelma menjadi lembaga pendidikan dan pelatihan terdepan di Indonesia. Tak hanya itu, Gamelab Indonesia juga dinobatkan sebagai salah satu industri yang cekatan dan responsif mengenai persoalan administrasi oleh Kemendikbudristek. Maka tak perlu khawatir mengenai kualitas, karena Gamelab Indonesia telah menciptakan talenta-talenta muda berdaya saing melalui berbagai program khusus.

Gamelab Indonesia dan Disnakerja

Program Gamelab Indonesia dan Disnakerja

Gamelab Indonesia tidak hanya menawarkan pendidikan dan pelatihan yang berkualitas, tetapi juga menyediakan berbagai program yang dirancang untuk memenuhi kebutuhan SMK dan Perguruan Tinggi. Bagi kamu yang ingin terjun ke industri IT atau kreatif, Gamelab Indonesia menawarkan kelas dalam berbagai bidang seperti Koding, Desain, dan Digital Marketing. Kelas-kelas ini tentunya dipandu oleh expert trainer yang berpengalaman di bidangnya masing-masing.

Lalu jika kamu ingin merasakan pengalaman kerja di dunia nyata, Gamelab Indonesia menyediakan program PKL/Magang. Program ini memungkinkan kamu untuk belajar langsung dari para profesional di industri, dan menerapkan pengetahuan yang telah kamu pelajari di kelas. Menariknya lagi adalah kamu tidak perlu khawatir akan diterima atau tidak, karena kamu akan 100% diterima oleh Gamelab Indonesia.

Selanjutnya, khusus kamu para fresh graduate, kamu bisa ikut Bootcamp Intesif bersama Gamelab Indonesia yang sudah dirancang khusus untuk menghadapi dunia industri yang dinamis. Bootcamp yang diselenggarakan ini nantinya juga berfokus pada pengembangan keterampilan praktis dan proyek-proyek nyata. Dengan begitu, kamu akan menjadi pribadi yang siap berkompetisi di industri setelah menyelesaikan program.

Terakhir, teruntuk kamu yang sedang duduk di bangku SMK dan ingin meningkatkan kualitas lulusan, Gamelab Indonesia menawarkan program UKK (Uji Kompetensi Keahlian). Lewat program ini nantinya kamu bisa mengetahui studi kasus nyata yang terjadi di industri secara jelas. Berikut beberapa jurusan yang dapat mengadakan UKK bersama Gamelab Indonesia:

  • Pengembangan Perangkat Lunak dan Gim (PPLG)
  • Rekayasa Perangkat Lunak (RPL)
  • Multimedia (MM)
  • Desain Komunikasi Visual (DKV)
  • Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ)
  • Bisnis Daring Pemasaran (BDP)
  • Otomatisasi & Tata Kelola Perkantoran (OTKP)
  • Akuntansi Keuangan dan Lembaga (AKL)

Gamela Indonesia dan Disnakerja

Baca Juga : Mari Simak Daftar Jurusan SMK Paling Banyak Peluang Kerjanya di tahun 2025!

Tentang PT. Educa Sisfomedia Indonesia

PT. Educa Sisfomedia Indonesia yang telah berdiri kokoh selama 13 tahun di kancah pendidikan dan digital Indonesia. Kini telah berkembang dan memiliki tiga unit bisnis utama: Educa Studio, Gamelab Indonesia, dan Educa Academy. Ketiga unit bisnis ini bersatu padu dengan visi yang sama, yaitu untuk memajukan dunia pendidikan dan digital di Indonesia.

Saat ini, Gamelab Indonesia telah berhasil mengembangkan berbagai program, termasuk program Magang/PKL, Prakerja, Kelas Industri, Teacher Factory (TeFa), Uji Kompetensi Keahlian (UKK), dan Bootcamp. Sebagai tambahan, Educa Studio bertanggung jawab atas kreativitas dalam menciptakan game dan animasi edukatif untuk anak-anak, seperti Marbel (Mari Belajar), Kabi (Kisah Teladan Nabi), Kolak (Lagu Anak Indonesia), dan Riri Cerita Anak Interaktif. Di sisi yang lain, Educa Academy fokus pada pelatihan dan peningkatan kompetensi bagi pendidik atau guru.

Jika sekarang kamu sedang mencari tempat pelatihan, langsung saja kunjungi laman website Disnakerja lalu pilih Gamelab Indonesia pada bagian menu bar di atas. Namun apabila ada pertanyaan atau ingin konsultasi terkait minat dan bakatmu, kamu bisa hubungi di sini. Ayo tingkatkan skill yang relevan dengan industri terkini agar kamu bisa berkompetisi di era sekarang!


Vincentius Dimas

Vincentius Dimas

Senin, 13 Mei 2024

ARTIKEL TERKAIT

Magang lebih mudah dan bisa dilakukan dari mana saja dengan Program Magang Online Gamelab. Magang Bersertifikat, plus Pelatihan!

DAFTAR MAGANG

ARTIKEL POPULER

KATEGORI