BERITA KUNJUNGAN INDUSTRI SMK Negeri 2 Surabaya Raih Pengalaman Berharga dalam Kunjungan Industri ke Gamelab Indonesia

SMK Negeri 2 Surabaya Raih Pengalaman Berharga dalam Kunjungan Industri ke Gamelab Indonesia

Oleh Vincentius Dimas | Kamis, 16 Mei 2024

SMK Negeri 2 Surabaya Raih Pengalaman Berharga dalam Kunjungan Industri ke Gamelab Indonesia

SMK Negeri 2 Surabaya Kunjungan Industri ke PT. Educa Sisfomedia Indonesia. Lewat kegiatan ini, mereka memperoleh pengetahuan baru melalui seminar industri, berdiskusi dengan expert industri, serta eksplorasi karya Educa dan Gamelab.

Ciptakan lingkungan belajar yang lebih MENYENANGKAN dengan GAME-BASED LEARNING!

Yuk, ikuti program inovatif MAGANG ONLINE untuk berbagai bidang seperti animasi, coding, 3D, illustrasi, musik dan bisnis hanya di GAMELAB.ID!

Daftar Isi Artikel

Pada hari Kamis, 16 Mei 2024, SMK Negeri 2 Surabaya mengadakan Kunjungan Industri ke Gamelab Indonesia. Kunjungan ini diikuti oleh para siswa dari jurusan Rekayasa Perangkat Lunak (RPL). Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk memberikan mereka pengalaman langsung mengenai industri game development dan membuka wawasan mereka tentang proses pembuatan game dari awal hingga akhir.

Seminar Industri

Setelah tiba di Gamelab Indonesia, para siswa SMKN 2 Surabaya akan langsung memulai aktivitasnya dengan mengikuti Seminar Industri yang dibimbing oleh Kak Nia. Seminar ini bertujuan untuk memberikan pemahaman yang lebih mendalam tentang dunia industri kepada para siswa. Topik yang dibahas meliputi visi, misi, dan budaya kerja PT. Educa Sisfomedia Indonesia. Selain itu, Kak Nia juga menyampaikan informasi mengenai kebutuhan dan keterampilan yang dibutuhkan dalam industri game dan animasi.

Lebih lanjut, Kak Nia menjelaskan secara menyeluruh konsep dan proses produksi terkini yang digunakan dalam industri tersebut. Ia juga memaparkan studi kasus untuk memberikan gambaran yang lebih jelas tentang berbagai tantangan dan pencapaian yang dihadapi industri game dan animasi. Harapannya, melalui kegiatan ini, para siswa SMK PGRI 1 Ponorogo dapat memperoleh pemahaman yang lebih mendalam dan relevan mengenai perkembangan terbaru dalam industri game dan animasi.

Dok. Tim Gamelab: Seminar Industri - Gamelab.ID

Diskusi bersama Expert Trainer

Setelah seminar, para peserta melanjutkan kegiatan dengan sesi diskusi daring bersama Kak Candra, seorang expert trainer dari Gamelab Indonesia. Sesi ini menjadi momen berharga bagi mereka untuk menyelami lebih dalam seluk beluk industri game dan animasi. Kak Candra tidak hanya menjelaskan industri secara general, tetapi juga menjabarkan setiap langkah dalam proses produksi, mulai dari perencanaan hingga peluncuran produk akhir.

Pemaparan Kak Candra terbagi menjadi lima tahapan utama: perencanaan, desain, pengkodean, pengujian, dan peluncuran produk. Melalui sesi ini, para peserta diharapkan dapat memahami fokus utama industri dalam menciptakan produk game dan animasi, serta mendapatkan pengetahuan praktis yang dapat mereka terapkan dalam mengejar karir di bidang pilihan mereka.

Dok. Tim Gamelab: Diskusi bersama Expert Trainer - Gamelab.ID

Eksplorasi Game VR dan Animasi

Puncak acara Seminar Industri akhirnya tiba dengan sesi Eksplorasi Karya game VR dan animasi. Momen yang dinanti-nantikan ini mengajak para peserta untuk merasakan dunia virtual reality (VR) melalui karya-karya memukau dari Educa Studio. Tak hanya itu, mereka juga dapat menjelajahi hasil karya animasi yang dihasilkan oleh peserta Program Magang/PKL dan Kelas Industri di Gamelab Indonesia.

Sesi eksplorasi ini dirancang untuk memberikan pengalaman bermain yang tak terlupakan bagi para peserta, sekaligus meningkatkan pemahaman mereka tentang keterampilan dan inovasi dalam industri animasi dan game. Lebih dari itu, mereka juga diberi kesempatan untuk mengevaluasi kreativitas dan kualitas karya yang dihasilkan oleh para profesional di industri ini. Hal ini diharapkan dapat menjadi sumber inspirasi dan panduan bagi mereka dalam mengembangkan bakat mereka sendiri.

Dok. Tim Gamelab: Eksplorasi Karya Game VR dan Animasi - Gamelab.ID

Tentang SMKN 2 Surabaya

SMKN 2 Surabaya adalah salah satu sekolah SMK terdepan dalam mempersiapkan siswanya menghadapi dunia industri. Keseriusan ini dibuktikan dengan komitmennya menyelenggarakan Kunjungan Industri ke Gamelab Indonesia hari ini. Semoga dengan kolaborasi antara SMKN 2 Surabaya dan Gamelab Indonesia semakin memperkuat DUDIKA (Dunia Usaha dan Dunia Industri Kerja).

Dok. Tim Gamelab: SMKN 2 Surabaya - Gamelab.ID

Baca Juga : Institut Budi Utomo Nasional dan SMK MEC Majalengka Mendapat Wawasan Entrepreneurship oleh CEO GAMELAB

Tentang PT. Educa Sisfomedia Indonesia

PT. Educa Sisfomedia Indonesia adalah sebuah industri yang sudah bergerak selama 13 tahun di sektor pendidikan dan teknologi digital. Saat ini industri tersebut telah memiliki tiga unit bisnis: Educa Studio, Gamelab Indonesia, dan Educa Academy. Ketiga bisnis tersebut memiliki visi yang sejalan yakni memajukan sektor pendidikan berbasis teknologi digital di Indonesia.

Gamelab Indonesia, sebagai wadah dalam pengembangan bakat digital muda, telah menghadirkan berbagai program inovatif seperti Magang/PKL, Prakerja, Kelas Industri, Teacher Factory (TeFa), Uji Kompetensi Keahlian (UKK), dan Bootcamp. Program-program ini dirancang khusus untuk membekali generasi muda dengan keterampilan dan pengetahuan yang dibutuhkan di era digital yang penuh tantangan ini.

Di sisi lain, Educa Studio menawarkan konten edukatif yang kreatif dan menarik untuk anak-anak, seperti Marbel (Mari Belajar), Kabi (Kisah Teladan Nabi), Kolak (Lagu Anak Indonesia), dan Riri Cerita Anak Interaktif. Produk-produk ini telah menjadi favorit di kalangan anak-anak di seluruh Indonesia karena dikemas dengan cara yang menyenangkan dan mudah dipahami, membantu mereka belajar dengan lebih efektif dan bersemangat.

Educa Academy memainkan peran penting dalam meningkatkan kompetensi para pendidik dan guru melalui berbagai pelatihan dan seminar. Dengan demikian, diharapkan kualitas pendidikan di Indonesia dapat terus meningkat dan melahirkan generasi penerus bangsa yang cerdas dan kreatif.

Teman-teman SMKN 2 Surabaya sudah kunjungan ke Gamelab Indonesia, lalu sekolahmu kapan? Ayo segera ajak teman-temanmu dan bapap-ibu gurumu untuk mengadakan Kunjungan Industri. Jika ingin konsultasi, silahkan hubungi di sini ya.


Vincentius Dimas

Vincentius Dimas

Kamis, 16 Mei 2024

ARTIKEL TERKAIT

Magang lebih mudah dan bisa dilakukan dari mana saja dengan Program Magang Online Gamelab. Magang Bersertifikat, plus Pelatihan!

DAFTAR MAGANG

ARTIKEL POPULER

KATEGORI