BERITA BISNIS & ADMINISTRASI Cara Cepat Menaikan Followers Instagram, Berikut Tipsnya!

Cara Cepat Menaikan Followers Instagram, Berikut Tipsnya!

Oleh Vincentius Dimas | Jumat, 31 Mei 2024

Cara Cepat Menaikan Followers Instagram, Berikut Tipsnya!

Cara menambahkan followers Instagram itu mudah. Berikut tipsnya!

Aktivitas di kantor membosankan?
Karyawan engangement kurang?
GAMIFIKASI-IN aja!

Yuk, belajar di GAMELAB ACADEMY, belajar kapan saja, di mana saja. Kurikulum berbasis industri. Dapatkan SERTIFIKAT ketika kamu sudah selesai!

Daftar Isi Artikel

Ada banyak cara menambah followers Instagram dengan cepat. Namun, mendapatkan followers Instagram tidak semudah membalikkan telapak tangan. Oleh karena itu, diperlukan strategi dan usaha yang konsisten agar bisnis sukses  di era digital ini. Mari simak artikel ini sampai habis untuk mengetahui tips ampuhnya!

Baca Juga : Mengintip Dunia Programmer, Apa yang Tidak Dikatakan di Kampus!

Tips Menambah Followers Instagram

Instagram telah menjadi platform media sosial yang tak hanya untuk bersosialisasi, namun juga sebagai wadah membangun personal branding, bisnis, dan komunitas. Maka memiliki banyak followers di Instagram adalah hal yang menyenangkan bagi orang yang menginginkan popularitas. Berikut langkah-langkah menambah followers Instagram secara efektif:

1. Menemukan Niche dan Target Audiens

Sebelum memulai petualangan Instagram, penting untuk menentukan niche dan target audiens. Niche adalah topik atau area fokus spesifik yang akan dituju di Instagram. Sementara target audiens adalah kelompok orang yang ingin dijangkau dengan konten. Maka dengan memahami niche dan target audiens kita dapat membuat konten yang relevan dan menarik bagi audiens.

2. Membangun Profil Instagram yang Menawan

Profil Instagram adalah etalase virtual. Pastikan profil lengkap dan informatif dengan bio yang jelas dan ringkas, foto profil yang menarik, dan tautan ke situs web (jika ada). Setelah itu, gunakan kata kunci yang relevan dalam bio dan nama pengguna, tujuannya adalah untuk meningkatkan visibilitas dalam pencarian.

3. Membuat Konten Berkualitas Tinggi dan Menarik

Hal terpenting untuk menarik pengikut adalah dengan menyediakan konten yang menarik dan sesuai target audiens. Jadi pastikan postingan informatif, menghibur, dan relevan dengan niche. Misalnya, menggunakan gambar dan video yang menarik secara visual, serta tulis caption yang engaging dan mendorong interaksi. Atau, bisa juga dengan cerita kisah yang menarik, bagikan tips dan trik yang bermanfaat, dan tunjukkan kepribadian yang unik.

4. Memanfaatkan Kekuatan Visual

Instagram adalah platform visual, jadi pastikan untuk memanfaatkan kekuatan gambar dan video. Gunakan gambar dan video resolusi tinggi agar menarik secara estetika dan relevan dengan konten. Selain itu, format konten bisa diunggah secara beragam seperti berbentuk oto, video, stories, atau reels. 

5. Menulis Caption yang Menarik dan Engaging

Caption adalah kunci untuk menarik perhatian audiens dan mendorong interaksi. Tulis caption yang informatif, lucu, atau menarik. Lalu gunakan emoji juga untuk menambahkan kepribadian dan daya tarik visual. Selain itu, bisa juga sertakan ajakan bertindak (CTA) guna mendorong audiens melakukan tindakan yang diinginkan, seperti mengunjungi situs web atau meninggalkan komentar.

6. Konsisten Posting Konten

Algoritma Instagram menyukai konsistensi. Buatlah jadwal posting yang teratur dan patuhi itu. Semakin sering memposting konten yang menarik, semakin besar kemungkinan orang akan menemukan dan mengikuti akun. Idealnya, posting setidaknya sekali sehari, tetapi frekuensi posting dapat disesuaikan berdasarkan niche dan target audiens.

7. Mengoptimalkan Waktu Posting

Waktu posting memainkan peran penting dalam menjangkau audiens. Postinglah pada waktu audiens paling aktif di Instagram. Gunakan alat analitik Instagram untuk mengetahui waktu terbaik untuk memposting berdasarkan data demografis audiens.

Sumber Freepik: Cara Menambah Followers Instagram dengan Cepat - Gamelab.ID

8. Menggunakan Hashtag yang Tepat

Hashtag adalah alat yang ampuh untuk menjangkau audiens yang lebih luas. Gunakan hashtag yang relevan dengan niche dan postingan. Hindari menggunakan terlalu banyak hashtag, karena dapat terlihat spammy. Jangan lupa juga, lakukan riset untuk menemukan hashtag yang populer dan relevan dengan niche. Pastikan pula kombinasi hashtag populer dan niche-spesifik untuk menjangkau audiens yang tepat.

9. Berinteraksi dengan Audiens

Luangkan waktu untuk berinteraksi dengan pengikut. Balas komentar, jawab pertanyaan, atau mungkin adakan kegiatan sesi tanya-jawab. Tunjukkan kepada pengikut bahwa mereka dihargai dan diminati. Berikan sanjungan kepada pengikut setia yang sudah terlibat dalam aku Instagram.

10. Manfaatkan Fitur Instagram Stories

Instagram Stories adalah cara yang bagus untuk terhubung dengan pengikut secara real-time. Gunakan Stories untuk membagikan behind-the-scenes content, mengadakan polling dan Q&A, dan mempromosikan konten terbaru. Misalnya, memakai stiker dan fitur interaktif lainnya untuk membuat Stories lebih menarik dan engaging. 

11. Berkolaborasi dengan Influencer

Berkolaborasi dengan influencer di niche dapat membantu menjangkau audiens baru dan meningkatkan kredibilitas. Lakukan riset untuk menemukan influencer yang selaras dengan merek dan berkolaborasi dalam kampanye yang saling menguntungkan. Buat konten bersama, adakan giveaway, atau ikuti tantangan yang sedang tren.

12. Jalankan Iklan Instagram

Iklan Instagram adalah cara yang efektif untuk menargetkan audiens yang spesifik dan meningkatkan visibilitas. Gunakan platform Iklan Instagram untuk membuat kampanye yang sesuai dengan tujuan dan anggaran. Selanjutnya, targetkan iklan berdasarkan minat, demografi, dan perilaku. Misalnya memanfaatkan berbagai format iklan seperti gambar, video, dan Stories guna menarik perhatian audiens. Setelah itu, pantau performa iklan dan optimalkan kampanye untuk memaksimalkan hasil.

13. Promosikan Instagram di Platform Lain

Promosikan akun Instagram di platform media sosial lain, situs web, dan materi pemasaran. Sertakan tautan ke profil Instagram di email signature dan bio media sosial lainnya. Cetak tautan Instagram di kartu nama dan materi branding lainnya. Sebutkan akun Instagram di siaran pers dan artikel berita. Gunakan kode QR Instagram untuk memudahkan orang menemukan akun profil.

14. Lakukan Analisis dan Pelacakan

Luangkan waktu untuk menganalisis performa akun Instagram. Ini bisa menggunakan Instagram Insights untuk melacak metrik seperti reach, engagement, dan pertumbuhan pengikut. Setelah diperhatikan hasilnya, olah datanya untuk mengidentifikasi apa yang berhasil dan apa yang tidak, dan sesuaikan strategi sesuai kebutuhan.

Jika saat ini ingin memperdalam lagi tentang bagaimana sukses di Instagram, silahkan daftarkan diri sekarang juga menjadi peserta Prakerja 2024, lalu pilih kelas Memasarkan Produk dan Jasa Melalui Instagram di GAMELAB. Dengan bergabung dalam kelas tersebut, para peserta akan paham caranya membuat konten yang menarik hinggap copywriting yang bisa mengajak aundiens untuk bertindak membeli produk. Ayo segera daftar karena kuota terbatas dan kesempatan ini sangat berharga sekali bagi orang yang ingin terjun ke dunia digital marketing!


Vincentius Dimas

Vincentius Dimas

Jumat, 31 Mei 2024

ARTIKEL TERKAIT

Magang lebih mudah dan bisa dilakukan dari mana saja dengan Program Magang Online Gamelab. Magang Bersertifikat, plus Pelatihan!

DAFTAR MAGANG

ARTIKEL POPULER

KATEGORI