BERITA UMUM SMP 10 Hasanuddin Belajar Membuat Game bersama GAMELAB untuk Upskill Digital dan Critical Thinking

SMP 10 Hasanuddin Belajar Membuat Game bersama GAMELAB untuk Upskill Digital dan Critical Thinking

Oleh Vincentius Dimas | Jumat, 21 Juni 2024

SMP 10 Hasanuddin Belajar Membuat Game bersama GAMELAB untuk Upskill Digital dan Critical Thinking

SMP 10 Hasanuddin menganggandeng GAMELAB untuk belajar membuat game dengan Construct 3 yang bertujuan untuk meningkatkan keterampilan digital dan berpikir kritis. Mari simak keseruannya!

Ciptakan lingkungan belajar yang lebih MENYENANGKAN dengan GAME-BASED LEARNING!

Yuk, belajar di GAMELAB ACADEMY, belajar kapan saja, di mana saja. Kurikulum berbasis industri. Dapatkan SERTIFIKAT ketika kamu sudah selesai!

Daftar Isi Artikel

Di kelas yang didominasi warna hijau tosca, semangat kreatif mulai bersemi. Di sanalah, para siswa SMP 10 Hasanuddin Semarang merajut kisah-kisah fantastis dan petualangan seru. Akan tetapi, kisah kali ini lebih berbeda dari biasanya karena mereka belajar membuat game bersama GAMELAB pada Kamis, 20 Juni 2024.

Adapun yang memandu belajar mereka agar lebih terarah dan seru yakni Kak Eka dan Kak Najib selaku trainer dari GAMELAB. Dalam kegiatan ini, siswa SMP 10 Hasanuddin bukan sekadar membuat game saja tetapi mereka juga berkesempatan untuk mengasah keterampilan berpikir kritis dan memperoleh pengetahuan baru terkait software pembuatan game seperti Construct 3.

Mempelajari Construct 3

Construct 3 sebagai platform utama untuk memfasilitasi pembelajaran pembuatan game siswa SMP 10 Hasanuddin. Software tersebut dipilih karena menyediakan lingkungan belajar yang mendukung dan intuitif bagi para siswa. Selain itu, Construct 3 juga menawarkan antarmuka yang ramah pengguna dan fitur drag-and-drop yang memungkinkan siswa untuk belajar membuat game dengan seru.

Lebih jauh lagi, penggunaan Construct 3 juga memberikan kesempatan bagi siswa untuk memahami secara mendalam konsep-konsep dasar dalam pengembangan permainan, seperti logika permainan, mekanika interaksi, dan desain level. Jadi proses ini tidak hanya memperkaya keterampilan teknis mereka, tetapi juga mempromosikan pemecahan masalah kritis, kreativitas, dan kerja tim yang penting dalam dunia nyata.

Dok. Tim GAMELAB: Belajar Construct 3 - Gamelab.ID

Pentingnya Upskill Digital dan Critical Thinking

Dalam era digital yang terus berkembang, pentingnya upskill digital dan critical thinking bagi perkembangan siswa tidak dapat dipandang remeh. Perubahan pesat dalam teknologi telah mengubah cara kita bekerja, belajar, dan berinteraksi, sehingga mendorong perlunya siswa untuk memiliki keterampilan yang relevan dan adaptif guna menghadapi tantangan masa depan.

Upskill digital merupakan kunci untuk mempersiapkan siswa agar mampu menguasai teknologi dengan efektif. Bukan hanya sekadar mengoperasikan perangkat lunak atau media sosial, melainkan kemampuan untuk memahami dan menerapkan teknologi dalam berbagai konteks, termasuk dalam pembelajaran, penciptaan konten, dan solusi teknologi.  Maka dengan upskill digital, siswa dapat menjadi pengguna yang cerdas dan kreatif, serta memahami implikasi etis dan sosial dari teknologi yang mereka gunakan.

Di samping itu, critical thinking menjadi landasan penting dalam membangun kemampuan berpikir kritis yang dibutuhkan dalam menghadapi tantangan kompleks. Kemampuan ini tidak hanya melibatkan kemampuan untuk mengumpulkan dan menganalisis informasi, tetapi juga untuk mengevaluasi argumen, membuat keputusan yang informasinya didasarkan, dan memecahkan masalah dengan cara yang inovatif.

Dok. Tim GAMELAB: Meningkatkan Keterampilan Digital dan Critical Thinking - Gamelab.ID

Tentang SMP 10 Hasanuddin Semarang

SMP Hasanuddin 10 adalah sekolah yang berdiri tahun 1988 dalam naungan Lembaga Pendidikan Ma’arif NU dengan kurikulum khusus agama islam. Sekolah tersebut terletak di Jalan Sedayu Tugu, Sembungharjo, Kec. Genuk, Kota Semarang, Jawa Tengah. Sejak awal berdirinya, SMP Hasanuddin 10 telah berkomitmen untuk memberikan pendidikan yang berkualitas dan berintegritas tinggi kepada para siswanya.

Sebagai bagian dari komitmen tersebut, SMP Hasanuddin 10 terus berinovasi dalam metode pengajarannya. Salah satu langkah yang diambil adalah dengan berkolaborasi bersama GAMELAB untuk kelas upskill digital dan critical thinking. Dengan begitu, harapannya, setiap siswa terdorong untuk memanfaatkan teknologi digital dalam pembelajaran sehari-hari, yang tidak hanya meningkatkan kemampuan teknis mereka tetapi juga membantu mereka dalam menyelesaikan masalah dengan cara yang kreatif dan efektif.

Dok. Tim Istimewa: SMP 10 Hasanuddin Semarang - Gamelab.ID

Baca Juga : Seni Bertanya: 7 Cara Meningkatkan Critical Thinking!

Tentang GAMELAB

GAMELAB adalah lembaga pelatihan yang sudah ada sejak 2011. Terdapat 500+ sekolah bermitra dengan GAMELAB untuk mengasah keterampilan siswanya mengenai digital skill. Bahkan, GAMELAB juga memiliki program Ekskul Coding yang mana ditujukan untuk siswa SD hingga SMP. Berikut benefit mengadakan program tersebut bersama GAMELAB:

  • Live session mingguan
  • Sertifikat di setiap kompetensi
  • Akses modul 24 jam via LMS
  • Nilai kompetensi ekskul
  • Project-based learning
  • Project showcase di GAMELAB

Ayo kini saatnya kamu dan teman-teman sekolahmu untuk meningkatkan skill digital dan memperoleh pengalaman belajar untuk memperoleh critical thinking. Dengan mengasah skill ini, kamu bisa mendapatkan bekal keterampilan yang sesuai dengan dunia kerja dari trainer GAMELAB langsung. Segera hubungi kami dengan klik di sini.


Vincentius Dimas

Vincentius Dimas

Jumat, 21 Juni 2024

ARTIKEL TERKAIT

Magang lebih mudah dan bisa dilakukan dari mana saja dengan Program Magang Online Gamelab. Magang Bersertifikat, plus Pelatihan!

DAFTAR MAGANG

ARTIKEL POPULER

KATEGORI