BERITA KUNJUNGAN INDUSTRI SMKN 1 Katibung Kunjungan Industri ke GAMELAB untuk Mendapatkan Pengetahuan Teknologi Game

SMKN 1 Katibung Kunjungan Industri ke GAMELAB untuk Mendapatkan Pengetahuan Teknologi Game

Oleh Vincentius Dimas | Selasa, 25 Juni 2024

SMKN 1 Katibung Kunjungan Industri ke GAMELAB untuk Mendapatkan Pengetahuan Teknologi Game

SMKN 1 Katibung Kunjungan Industri ke PT. Educa Sisfomedia Indonesia. Lewat kegiatan ini, mereka memperoleh pengetahuan baru melalui seminar industri, berdiskusi dengan expert trainer, serta eksplorasi karya Educa dan GAMELAB.

Ciptakan lingkungan belajar yang lebih MENYENANGKAN dengan GAME-BASED LEARNING!

Yuk, belajar di GAMELAB ACADEMY, belajar kapan saja, di mana saja. Kurikulum berbasis industri. Dapatkan SERTIFIKAT ketika kamu sudah selesai!

Daftar Isi Artikel

SMKN 1 Katibung, Lampung Selatan, menyadari betapa pentingnya memberikan pengalaman belajar langsung kepada siswanya. Oleh karena itu, mereka mengatur program Kunjungan Industri ke GAMELAB pada tanggal 25 Juni 2024. Kegiatan ini diikuti oleh siswa dari jurusan Rekayasa Perangkat Lunak (RPL) dan Multimedia.

Kunjungan Industri merupakan kegiatan edukatif yang sangat berarti bagi siswa SMK karena memberikan kesempatan kepada mereka untuk merasakan dunia industri secara langsung. Selain itu, mereka dapat melihat proses kreatif di balik pembuatan game, mempelajari teknologi yang digunakan, dan bahkan berinteraksi langsung dengan trainer yang ahli dalam pengembangan game. Ayo saksikan pengalaman menarik ini!

Mengenal Budaya Industri

Antusiasme menyelimuti para siswa SMKN 1 Katibung saat mereka tiba di GAMELAB untuk mengikuti Seminar Industri yang dibawakan oleh Kak Nia. Seminar ini bertujuan untuk membekali wawasan mendalam tentang dunia industri, khususnya dalam lingkup PT. Educa Sisfomedia Indonesia. Lalu, Kak Nia membuka sesi ini dengan memaparkan visi, misi, dan budaya kerja perusahaan serta menjelaskan kebutuhan dan keterampilan yang dicari dalam industri game dan animasi. 

Untuk memberikan gambaran yang lebih nyata, Kak Nia juga memaparkan studi kasus yang menunjukkan berbagai tantangan dan pencapaian yang dihadapi industri game dan animasi. Ini perlu disampaikan agar mereka bisa mempersiapkan keterampilannya sejak sekarang dan bisa bersaing di dunia kerja nanti. Maka melalui seminar ini, siswa SMKN 1 Katibung dapat memperoleh pemahaman yang lebih menyeluruh dan relevan terkait perkembangan terkini dalam industri kreatif ini.

Dok. Tim GAMELAB: Seminar Industri - Gamelab.ID

Diskusi bersama Expert Trainer

Setelah mengikuti seminar, siswa SMKN 1 Katibung berpartisipasi dalam sesi diskusi daring yang dipandu oleh Kak Galih, seorang expert trainer. Sesi ini memberikan kesempatan berharga bagi mereka untuk lebih mendalami dunia industri game dan animasi. Dikarenakan Kak Galih menjelaskan secara rinci setiap langkah dalam proses produksi, mulai dari tahap perencanaan hingga peluncuran produk akhir.

Proses produksi tersebut dibagi menjadi lima tahap utama: perencanaan, desain, pengembangan, pengujian, dan peluncuran produk. Melalui sesi ini, diharapkan mereka dapat memahami fokus utama industri dalam menciptakan produk game dan animasi. Selain itu, mereka juga mendapatkan pengetahuan praktis yang dapat diterapkan dalam mengejar karier di bidang pilihan mereka.

Dok. Tim GAMELAB: Diskusi bersama Kak Galih - Gamelab.ID

Eksplorasi Karya Industri

Acara puncak Kunjungan Industri di GAMELAB akhirnya tiba dengan sesi Eksplorasi Karya Game VR dan Animasi. Momen yang sangat dinantikan ini mengajak siswa SMKN 1 Katibung untuk merasakan keajaiban dunia virtual reality (VR) melalui karya-karya dari Educa Studio. Selain itu, mereka juga dapat menjelajahi karya-karya animasi yang dihasilkan oleh peserta Program Magang/PKL dan Kelas Industri di GAMELAB.

Sesi eksplorasi ini dirancang untuk memberikan pengalaman bermain yang tak terlupakan serta memperdalam pemahaman mereka tentang keterampilan dan inovasi dalam industri animasi dan game. Lebih dari itu, mereka juga memiliki kesempatan untuk menilai kreativitas dan kualitas karya yang dihasilkan oleh para profesional di industri ini. Oleh karena itu, sesi ini diharapkan dapat menjadi sumber inspirasi dan panduan bagi mereka dalam mengembangkan bakat mereka sendiri.

Dok. Tim GAMELAB: Eksplorasi Karya Industri - Gamelab.ID

Tentang SMKN 1 Katibung

SMKN 1 Katibung terletak di Lampung Selatan, sebuah sekolah yang menjadi mercusuar pendidikan di wilayahnya. Dikenal sebagai lembaga yang tidak hanya memberikan pendidikan berkualitas, tetapi juga aktif mendorong dan membantu setiap siswa untuk mengenali potensi unik mereka. Melalui berbagai program dan fasilitasnya, sekolah ini berkomitmen untuk mengembangkan bakat dan minat siswa secara optimal, sehingga mereka siap menghadapi tantangan di dunia nyata.

Dok. Tim Gamelab: SMKN 1 Katibung Lampung Selatang - Gamelab.ID

Baca Juga : SMKN 12 Surabaya Kunjungan Industri ke GAMELAB untuk Meningkatkan Wawasan Siswa PPLG dalam Dunia Perangkat Lunak dan Gim

Tentang PT. Educa Sisfomedia Indonesia

PT. Educa Sisfomedia Indonesia telah berkarya selama 13 tahun dalam bidang pendidikan dan teknologi digital. Dengan dedikasi dan inovasi, kami telah menciptakan tiga platform pelatihan upskill yaitu Educa Studio, GAMELAB, dan Educa Academy. Ketiganya memiliki visi yang sama, yaitu memajukan pendidikan di Indonesia melalui pemanfaatan teknologi digital yang relevan.

Perlu diketahui, GAMELAB adalah lembaga pelatihan yang menawarkan program seperti magang, pelatihan prakerja, kelas industri, program Teacher Factory (TeFa), Uji Kompetensi Keahlian (UKK), dan Bootcamp. Sementara itu, Educa Studio menyediakan keceriaan dan pembelajaran bagi anak-anak melalui game edukatif dan animasi kreatif seperti Marbel (Mari Belajar), Kabi (Kisah Teladan Nabi), Kolak (Lagu Anak Indonesia), dan Riri Cerita Anak Interaktif. Educa Academy hadir untuk membekali para pendidik dengan pelatihan dan pengembangan kompetensi yang dibutuhkan untuk mencetak generasi penerus bangsa yang cemerlang.

Mari bersama-sama mewujudkan mimpi membangun generasi muda Indonesia yang kreatif, inovatif, dan siap menjadi pemimpin masa depan. Kunjungan Industri ke GAMELAB adalah kesempatan emas untuk membuka pintu peluang bagi siswa SMK. Hubungi kami sekarang untuk informasi lebih lanjut, dan jadilah generasi muda yang hebat!


Vincentius Dimas

Vincentius Dimas

Selasa, 25 Juni 2024

ARTIKEL TERKAIT

Magang lebih mudah dan bisa dilakukan dari mana saja dengan Program Magang Online Gamelab. Magang Bersertifikat, plus Pelatihan!

DAFTAR MAGANG

ARTIKEL POPULER

KATEGORI