BERITA KUNJUNGAN INDUSTRI Siswa RPL SMKN 1 Talaga Merasakan Pengalaman Seru Bisa Belajar bersama GAMELAB Langsung

Siswa RPL SMKN 1 Talaga Merasakan Pengalaman Seru Bisa Belajar bersama GAMELAB Langsung

Oleh Vincentius Dimas | Selasa, 2 Juli 2024

Siswa RPL SMKN 1 Talaga Merasakan Pengalaman Seru Bisa Belajar bersama GAMELAB Langsung

SMKN 1 Talaga Kunjungan Industri ke PT. Educa Sisfomedia Indonesia. Lewat kegiatan ini, mereka memperoleh pengetahuan baru melalui seminar industri, berdiskusi dengan expert trainer, serta eksplorasi karya Educa dan GAMELAB.

Yuk, ikuti program inovatif MAGANG ONLINE untuk berbagai bidang seperti animasi, coding, 3D, illustrasi, musik dan bisnis hanya di GAMELAB.ID!

Aktivitas di kantor membosankan?
Karyawan engangement kurang?
GAMIFIKASI-IN aja!

Daftar Isi Artikel

 SMKN 1 Talaga, Majalengka, Jawa Barat, menyadari betapa pentingnya memberikan pengalaman belajar langsung kepada siswanya. Oleh karena itu, mereka mengatur program Kunjungan Industri ke GAMELAB pada tanggal 1 Juli 2024. Kegiatan ini diikuti oleh siswa dari jurusan Rekayasa Perangkat Lunak (RPL).

Kunjungan Industri merupakan kegiatan edukatif yang sangat berarti bagi siswa SMK karena memberikan kesempatan kepada mereka untuk merasakan dunia industri secara langsung. Selain itu, mereka dapat melihat proses kreatif di balik pembuatan game, mempelajari teknologi yang digunakan, dan bahkan berinteraksi langsung dengan pelatih ahli dalam pengembangan game.

Mengenal Budaya Industri

Ketika siswa-siswi dari SMKN 1 Talaga tiba di GAMELAB untuk mengikuti Seminar Industri, suasana kegembiraan langsung terasa. Mereka disambut hangat oleh Kak Nia yang telah menyiapkan berbagai materi menarik. Acara dimulai dengan penjelasan mendalam tentang budaya industri, mencakup nilai-nilai, etos kerja, dan standar profesional yang berlaku. Selain itu, siswa juga diajak untuk memahami operasional perusahaan besar, serta pentingnya kolaborasi, inovasi, dan adaptasi terhadap perubahan.

Kemudian, siswa diberikan wawasan tentang bagaimana teknologi-teknologi ini akan mengubah cara kerja dan jenis pekerjaan di masa depan. Mereka juga diperkenalkan pada keterampilan-keterampilan yang sangat dibutuhkan oleh industri saat ini. Sesi ini memberikan pemahaman yang jelas kepada siswa mengenai kombinasi keterampilan yang diperlukan untuk bersaing di dunia kerja.

Dok. Tim GAMELAB: Seminar bersama Kak Nia - Gamelab.ID

Diskusi bersama Expert Trainer

Setelah mengikuti Seminar Industri, sesi berikutnya adalah berdiskusi langsung dengan expert trainer. Sesi ini dirancang untuk memberikan pengetahuan mendalam mengenai produksi animasi dan game, dua bidang yang sedang berkembang pesat dan menawarkan banyak peluang karier. Pada sesi ini, Kak Candra sebagai expert trainer memperkenalkan dasar-dasar produksi animasi dan mengajak siswa memahami tahapan penting dalam pembuatan karya.

Kesempatan untuk berdiskusi langsung dengan pelatih ahli ini menjadi momen yang sangat berharga bagi siswa SMKN 1 Talaga. Mereka bisa bertanya langsung tentang hal-hal yang ingin mereka ketahui lebih dalam, mendapatkan saran dan tips dari pelatih ahli, serta melihat contoh nyata dari karya-karya yang telah dihasilkan. Dengan pengetahuan baru dan inspirasi yang mereka dapatkan dari sesi diskusi ini, diharapkan mereka termotivasi untuk terus belajar dan berkembang dalam bidang ini.

Dok. Tim GAMELAB: Diskusi bersama Kak Candra - Gamelab.ID

Eksplorasi Karya Industri

Setelah berdiskusi dan mendapatkan pengetahuan berharga dari expert trainer, sesi berikutnya yang tak kalah menarik adalah ketika siswa SMKN 1 Talaga diberikan kesempatan untuk mencoba hasil karya berupa game VR dan animasi. Karya-karya ini merupakan hasil dari peserta yang pernah mengikuti Program Kerja Lapangan (PKL) dan Kelas Industri di GAMELAB.

Dalam dunia VR ini, siswa bisa merasakan pengalaman bermain game yang sangat imersif, seolah-olah mereka benar-benar berada di dalam permainan tersebut. Mereka bisa melihat langsung bagaimana teknologi VR mengubah cara kita bermain dan berinteraksi dengan game. Lewat pengalaman ini, mereka tidak hanya mendapatkan hiburan, tetapi juga belajar untuk mengevaluasi dan menghargai proses kreatif di balik setiap proyek.

Dok. Tim GAMELAB: Mencoba Game VR dan Animasi - Gamelab.ID

Tentang SMKN 1 Talaga

SMKN 1 Talaga adalah sekolah yang berkomitmen menghasilkan lulusan yang kompetitif sesuai dengan Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI). Dengan fokus pada pendidikan berbasis keterampilan dan teknologi, sekolah ini terus berinovasi dalam kurikulum dan metode pengajarannya. Siswa-siswa dilatih tidak hanya dalam aspek teoritis, tetapi juga dalam penerapan praktis yang relevan dengan kebutuhan industri saat ini. Melalui program-program magang, pelatihan industri, dan uji kompetensi, SMKN 1 Talaga memastikan bahwa setiap lulusan memiliki keterampilan dan pengetahuan yang dibutuhkan untuk bersaing di pasar kerja nasional maupun internasional. Komitmen ini diwujudkan dengan kerjasama yang erat antara sekolah, industri, dan pemerintah, sehingga lulusan SMKN 1 Talaga siap menjadi tenaga kerja yang unggul dan berdaya saing tinggi.

Dok. Tim GAMELAB: SMKN 1 Talaga - Gamelab.ID

Baca Juga : SMKN 12 Surabaya Kunjungan Industri ke GAMELAB untuk Meningkatkan Wawasan Siswa PPLG dalam Dunia Perangkat Lunak dan Gim

Tentang PT. Educa Sisfomedia Indonesia

PT. Educa Sisfomedia Indonesia telah berkontribusi selama 13 tahun di bidang pendidikan dan teknologi digital. Melalui dedikasi dan inovasi, kami telah menciptakan tiga platform pelatihan upskill yaitu Educa Studio, GAMELAB, dan Educa Academy. Ketiga platform ini memiliki visi yang sama, yaitu meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia dengan memanfaatkan teknologi digital yang relevan.

Perlu diketahui, GAMELAB adalah lembaga pelatihan yang menawarkan program seperti magang, pelatihan prakerja, kelas industri, program Teacher Factory (TeFa), Uji Kompetensi Keahlian (UKK), dan Bootcamp. Sementara itu, Educa Studio menyediakan hiburan dan pembelajaran bagi anak-anak melalui game edukatif dan animasi kreatif seperti Marbel (Mari Belajar), Kabi (Kisah Teladan Nabi), Kolak (Lagu Anak Indonesia), dan Riri Cerita Anak Interaktif. Educa Academy hadir untuk membekali para pendidik dengan pelatihan dan pengembangan kompetensi yang dibutuhkan untuk mencetak generasi penerus bangsa yang unggul.

Mari bersama-sama mewujudkan mimpi membangun generasi muda Indonesia yang kreatif, inovatif, dan siap menjadi pemimpin masa depan. Kunjungan Industri ke GAMELAB adalah kesempatan emas untuk membuka pintu peluang bagi siswa SMK. Hubungi kami sekarang untuk informasi lebih lanjut.


Vincentius Dimas

Vincentius Dimas

Selasa, 2 Juli 2024

ARTIKEL TERKAIT

Magang lebih mudah dan bisa dilakukan dari mana saja dengan Program Magang Online Gamelab. Magang Bersertifikat, plus Pelatihan!

DAFTAR MAGANG

ARTIKEL POPULER

KATEGORI