BERITA UMUM Memperkuat Ekosistem Gim Lokal, Pemerintah Indonesia Luncurkan Kampanye #AyoHARGAI 2024

Memperkuat Ekosistem Gim Lokal, Pemerintah Indonesia Luncurkan Kampanye #AyoHARGAI 2024

Oleh Vincentius Dimas | Senin, 22 Juli 2024

Memperkuat Ekosistem Gim Lokal, Pemerintah Indonesia Luncurkan Kampanye #AyoHARGAI 2024

Pemerintah Indonesia meluncurkan kampanye #AyoHARGAI untuk memajukan industri gim Indonesia. Mari simak gim lokal mana saja yang terpilih.

Aktivitas di kantor membosankan?
Karyawan engangement kurang?
GAMIFIKASI-IN aja!

Yuk, belajar di GAMELAB ACADEMY, belajar kapan saja, di mana saja. Kurikulum berbasis industri. Dapatkan SERTIFIKAT ketika kamu sudah selesai!

Daftar Isi Artikel

Pemerintah bertekad meningkatkan industri gim lokal agar mampu bersaing di kancah internasional. Upaya ini diwujudkan melalui kampanye #AyoHARGAI (Hari Game Indonesia) yang akan diluncurkan oleh Kemendag, Kemenkmarves, Kemenparekraf, Kominfo, KPAI pada 8 Agustus 2024. Kampanye ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas, memperkuat ekosistem gim lokal, dan memaksimalkan potensi industri gim yang ada dalam negeri.

Pemenang Program #AyoHARGAI 2024

Sehubungan dengan program tersebut, Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri Kementerian Perdagangan, Isy Karim menyampaikan jika Kemendag bersama Kemenparekraf, Kemenkominfo, Kementerian Hukum dan HAM, dan Komisi Perlindungan Ibu dan Anak (KPAI) sudah melakukan kurasi berhadap 28 gim lokal yang berasal dari 24 pengembang.

Sebanyak 10 gim lokal dinyatakan tidak memenuhi syarat, sementara 18 gim lokal lainnya memenuhi syarat akan tetapi tetap harus dikurasi lagi berdasarkan kriteria guna menentukan 8 gim terpilih. Berikut adalah list pemenang program tersebut:

  • Lokapala (Anantarupa Studios, Jakarta)
  • Where Is My Cat (SLAB Games, Bali)
  • Marbel TK PAUD (Educa Studio, Salatiga)
  • Selera Nusantara (Gambir Studio, Sleman)
  • Dadoo (Algorocks, Malang)
  • Epic Conquest (Gaco Games, Surakarta)
  • Paw Rumble (Grinsmile Studio, Surabaya)
  • Warteg Gelora (Megaxus Infotech, Jakarta)

Setelah terpilih pemenangnya, Kemenparekraf akan memperkenalkan dan memamerkan 8 gim tersebut di Barekraf Game Prime yang akan diadakan pada 17 - 18 Agustus 2024 di Mall Taman Anggrek, Jakarta Barat. Maka, melalui ajang ini, harapannya 8 gim tersebut bisa berkembang dan masyarakat juga semakin banyak untuk memainkan gim lokal. Selain itu, industri gim lokal bisa menembus kancah internasonal.

Sumber Kominfo: Konferensi Pers di Kantor Kementerian Perdagangan - Gamelab.ID

Kriteria Terpilihnya Gim Lokal

Adapun kriteria yang harus ditempuh untuk setiap kompetitor pengembang gim. Melansir Siaran Pers dari Kemendag: Pertama, gim harus dapat diunduh melalui platform distribusi digital resmi untuk memastikan akses yang luas bagi pengguna. Kedua, gim tersebut harus telah diunduh lebih dari 50 ribu kali di seluruh platform distribusi digital resmi, yang menunjukkan popularitas dan penerimaan positif dari pengguna.

Ketiga, gim harus memiliki rating rata-rata minimal 3,5 bintang di seluruh platform distribusi digital resmi, yang mencerminkan kualitas dan kepuasan pengguna yang tinggi. Keempat, konten gim harus diuji dan mematuhi standar rating dari sistem yang diakui, seperti Entertainment Software Rating Board (ESRB), The International Age Rating Coalition (IARC), Indonesia Game Rating System (IGRS), atau sistem rating internasional resmi lainnya, untuk memastikan keamanan dan kesesuaian konten bagi berbagai usia.

Kelima, gim harus merupakan hasil karya pengembang studio gim lokal, mendukung pertumbuhan industri game domestik dan menunjukkan kemampuan pengembang Indonesia dalam menghasilkan produk berkualitas. Keenam, lebih baik jika gim tersebut sudah memiliki tanda daftar penyelenggara sistem elektronik (TDPSE), hak cipta, dan berbadan hukum, menunjukkan profesionalisme dan legalitas operasionalnya.

Terakhir, lebih diutamakan gim yang mengangkat kebudayaan lokal dan memiliki unsur edukasi, sehingga memperkaya nilai budaya dan pendidikan dalam game serta mendukung pelestarian dan pengenalan budaya Indonesia kepada generasi muda. Dengan memenuhi kriteria-kriteria ini, para peserta bisa dinyatakan berhasil menjadi pemenang gim lokal #AyoHARGAI karena telah membuktikan kualitas dan komitmennya dalam mengembangkan gim yang kreatif.

Sumber Kemendag: #AyoHARGAI - Gamelab.ID

Baca Juga : 7 Prediksi Sang Kreator Game Ternama Hideo Kojima yang Menjadi Kenyataan

Saatnya Menjadi Kreator Gim

Menanggapi program yang telah diusung tadi, ini adalah waktu yang tepat untuk menjadi kreator gim, terutama ketika kita melihat betapa pesatnya perkembangan industri gim di Indonesia. Sebagai kreator gim, kamu memiliki kesempatan untuk tidak hanya berkontribusi pada industri yang berkembang pesat, tetapi juga untuk menyentuh kehidupan pemain dari berbagai kalangan. Lalu, kamu bisa juga menciptakan pengalaman yang menghibur, mendidik, dan memotivasi melalui gim yang dibuat.

Dengan berbagai peluang yang tersedia dan potensi besar yang dimiliki industri gim di Indonesia, kini adalah saatnya kamu untuk mengejar passionmu dalam membuat gim. Bergabunglah dalam kelas Kreator Game bersama GAMELAB dan jadilah bagian dari masa depan industri gim Indonesia yang menjanjikan. Dengan begitu, kamu bisa memiliki kemampuan memecahkan masalah yang rumit, berani mencoba hal baru, dan menemukan solusi inovatif dalam menciptakan gim yang seru dan menarik.


Sumber Informasi

1. Kemendag.go.id. (2024 ). Pemerintah Luncurkan Kampanye ‘Ayo Hargai’, Promosikan dan Perkuat Ekosistem Industri Gim Nasional.


Vincentius Dimas

Vincentius Dimas

Senin, 22 Juli 2024

ARTIKEL TERKAIT

Magang lebih mudah dan bisa dilakukan dari mana saja dengan Program Magang Online Gamelab. Magang Bersertifikat, plus Pelatihan!

DAFTAR MAGANG

ARTIKEL POPULER

KATEGORI