SMK Negeri 4 Banjar, yang terletak di Jawa Barat, memahami pentingnya memberikan pengalaman belajar yang nyata kepada siswanya. Untuk itu, mereka mengadakan program Kunjungan Industri ke GAMELAB pada 26 Juli 2024. Kunjungan ini melibatkan siswa dari jurusan Teknik Jaringan Komputer dan Telekomunikasi (TJKT).
Kunjungan Industri ini memberikan manfaat edukatif yang besar bagi siswa SMK, karena memungkinkan mereka merasakan langsung dinamika dunia industri. Siswa dapat menyaksikan proses kreatif di balik pengembangan game, mempelajari teknologi yang diterapkan, serta berinteraksi secara langsung dengan pelatih ahli dalam bidang pengembangan game.
Memahami Budaya Industri
Setibanya di GAMELAB, siswa dari SMKN 4 Banjar langsung mengikuti Seminar Industri yang dipandu oleh Kak Nia. Seminar ini bertujuan untuk memberikan wawasan mendalam tentang dunia industri, khususnya di PT. Educa Sisfomedia Indonesia. Dalam sesi ini, Kak Nia memaparkan visi, misi, dan budaya kerja perusahaan serta keterampilan yang dibutuhkan dalam industri.
Kak Nia juga membahas konsep dan proses produksi terbaru yang diterapkan di industri. Selain itu, beliau menjelaskan studi kasus untuk memberikan gambaran yang lebih jelas tentang tantangan dan pencapaian yang mungkin dihadapi dalam industri tersebut. Melalui sesi ini, diharapkan siswa SMKN 4 Banjar dapat memperoleh pemahaman yang lebih mendalam dan relevan mengenai perkembangan terkini dalam industri.
Diskusi bersama Expert Trainer
Setelah Seminar Industri, kegiatan dilanjutkan dengan sesi diskusi langsung bersama pelatih ahli. Sesi ini bertujuan untuk memberikan wawasan mendalam tentang cara kerja industri dan peluang yang tersedia saat memasuki dunia kerja. Kak Candra, sebagai expert trainer menjelaskan bahwa dunia industri penuh dengan tantangan. Oleh karena itu, siswa SMK perlu mulai mempersiapkan diri dengan terus meningkatkan keterampilan mereka sesuai perkembangan dunia digital saat ini.
Diskusi langsung dengan pelatih ahli ini memberikan manfaat besar bagi siswa SMKN 4 Banjar. Mereka dapat mengajukan pertanyaan mengenai hal-hal yang ingin mereka ketahui lebih lanjut, mendapatkan saran dan tips dari pelatih ahli, serta menganalisis studi kasus yang dihadapi oleh pengembang game dalam pekerjaannya. Dengan demikian, diharapkan setiap siswa termotivasi untuk terus belajar dan berkembang dalam bidang ini.
Eksplorasi Karya Industri
Kunjungan Industri di GAMELAB mencapai puncaknya dengan sesi Eksplorasi Karya Game VR dan Animasi. Dalam momen yang sangat dinantikan ini, siswa SMKN 4 Banjar diajak untuk mengeksplorasi keajaiban dunia virtual reality (VR) melalui berbagai karya menakjubkan dari Educa Studio. Antusiasme mereka meningkat saat menyaksikan hasil karya animasi yang diciptakan oleh peserta Program Magang/PKL dan Kelas Industri di GAMELAB.
Sesi eksplorasi ini dirancang untuk memberikan pengalaman bermain yang memukau, sekaligus memperdalam pengetahuan mereka tentang keterampilan dan inovasi dalam industri animasi dan game. Selain itu, mereka juga dapat menilai langsung kreativitas dan kualitas karya yang dihasilkan oleh para profesional di bidang ini. Diharapkan sesi ini dapat menjadi sumber inspirasi dan bimbingan bagi siswa dalam mengembangkan bakat serta meningkatkan keterampilan mereka sendiri.
Tentang SMK Negeri 4 Banjar
SMK Negeri 4 Banjar memiliki keyakinan yang kuat bahwa masa depan akan mempersembahkan peluang untuk menciptakan sesuatu yang lebih baik, lebih bermutu, dan lebih sempurna. Dengan semangat tersebut, SMK Negeri 4 Banjar telah menetapkan visi ambisius untuk menjadi 'SMK unggul yang menghasilkan lulusan berkarakter dan berdaya saing global.' Untuk mencapai visi ini, SMK Negeri 4 Banjar berkomitmen untuk menghadirkan pendidikan yang berkualitas tinggi dan relevan dengan kebutuhan dan tantangan dunia kerja yang terus berkembang.
Baca Juga : SMK Delta Presiden Kunjungan Industri ke GAMELAB untuk Mendapatkan Materi yang Relevan Industri
Tentang PT. Educa Sisfomedia Indonesia
Selama 13 tahun, PT. Educa Sisfomedia Indonesia telah memberikan kontribusi besar di bidang pendidikan dan teknologi digital. Dengan semangat dan inovasi, kami telah meluncurkan tiga platform pelatihan upskill: Educa Studio, GAMELAB, dan Educa Academy, yang bertujuan meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia melalui teknologi digital terkini.
GAMELAB adalah lembaga pelatihan yang menawarkan berbagai program seperti magang, pelatihan prakerja, kelas industri, Program Teacher Factory (TeFa), Uji Kompetensi Keahlian (UKK), dan Bootcamp. Educa Studio, di sisi lain, menyediakan hiburan edukatif untuk anak-anak melalui game dan animasi kreatif seperti Marbel (Mari Belajar), Kabi (Kisah Teladan Nabi), Kolak (Lagu Anak Indonesia), dan Riri Cerita Anak Interaktif. Sementara itu, Educa Academy fokus pada pelatihan dan pengembangan kompetensi untuk pendidik, guna membentuk generasi penerus bangsa yang unggul.
Bersama-sama, mari kita wujudkan impian untuk menciptakan generasi muda Indonesia yang kreatif, inovatif, dan siap menjadi pemimpin masa depan. Kunjungan Industri ke GAMELAB adalah kesempatan luar biasa untuk membuka peluang bagi siswa SMK. Hubungi kami untuk informasi lebih lanjut.