BERITA UMUM MSIB Batch 7 Resmi Dimulai, Siap Bawa Mahasiswa ke Proyek Nyata

MSIB Batch 7 Resmi Dimulai, Siap Bawa Mahasiswa ke Proyek Nyata

Oleh Vincentius Dimas | Jumat, 6 September 2024

MSIB Batch 7 Resmi Dimulai, Siap Bawa Mahasiswa ke Proyek Nyata

Program Magang dan Studi Independen Bersertifikat (MSIB) batch 7 telah dimulai. Sebagai simbol resminya diadakan National Onboarding secara daring.

Aktivitas di kantor membosankan?
Karyawan engangement kurang?
GAMIFIKASI-IN aja!

Yuk, ikuti program inovatif MAGANG ONLINE untuk berbagai bidang seperti animasi, coding, 3D, illustrasi, musik dan bisnis hanya di GAMELAB.ID!

Program Magang dan Studi Independen Bersertifikat (MSIB) Batch 7 sudah dimulai dan sebagai simbol resminya diadakan acara National Onboarding secara daring pada 6 September 2024.  Acara ini menjadi momen penting karena menandai langkah awal bagi beberapa mahasiswa yang terpilih untuk mengikuti program tersebut.

Sebagai informasi, MSIB adalah bagian dari program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) yang diselenggarakan oleh Kemendikbudristek. Program ini memberikan kesempatan luar biasa bagi mahasiswa karena mereka berkesempatan mengerjakan proyek akhir di beberapa mitra industri Indonesia.

Adapun yang hadir dalam acara ini adalah Abdul Haris, Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi yang menyampaikan rasa bangganya terhadap perkembangan MSIB.

“Kami sangat bangga bahwa MSIB bisa berkembang hingga sekarang karena telah memberikan dampak nyata terhadap perguruan tinggi dan dunia kerja di Indonesia,” katanya. “Selain itu, program ini tidak hanya bermanfaat untuk pengembangan pengalaman praktis mahasiswa, tetapi juga memperkuat keterampilan serta mempersiapkan mereka menuju ke dunia kerja.”

Dalam sambutannya, Abdul Haris juga mengungkapkan hasil survei yang menunjukkan bahwa alumni MSIB memiliki rata-rata gaji 73,9% lebih tinggi. Angka ini mencerminkan keberhasilan program dalam mempersiapkan mahasiswa menghadapi tantangan di dunia kerja.

Maka, dengan data ini, jelas bahwa MSIB bukan hanya memberikan pengalaman praktis tetapi juga memberikan keuntungan finansial yang signifikan bagi para lulusannya.

Sumber YouTube Ditjen Diktiristek: Sambutan Abdul Haris Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi

Sementara itu, Sri Nuning Kusumawardani, Direktur Pembelajaran dan Kemahasiswaan, memberikan pesan yang penuh makna kepada para peserta. “Magang adalah kesempatan belajar di lingkungan profesional. Oleh karena itu, manfaatkan waktu yang ada untuk memperkaya diri dengan ilmu dan memperluas wawasan,” ungkapnya.

Lalu, ia juga menekankan betapa pentingnya menjadi aktif selama proses pembelajaran, dan memanfaatkan rasa ingin tahu untuk mengembangkan keterampilan. Sebab, dengan dua pola belajar seperti itu bisa membuat dinamika kelas semakin hidup.

Tak berhenti dari situ saja, Sri Nuning juga mendorong mahasiswa untuk mencari solusi yang aplikatif dalam mengatasi masalah di masyarakat. “Bangun jejaring dan carilah solusi yang aplikatif agar bisa menyelesaikan masalah dan persoalan sekitar kita di masyarakat,” katanya.

Lewat pesan itu, sejatinya, mahasiswa diingatkan untuk tidak hanya fokus pada pembelajaran teknis, tetapi juga untuk berkontribusi pada penyelesaian masalah di lingkungan sekitar mereka demi kemajuan Indonesia.

Sumber YouTube  Ditjen Diktiristek: Pesan Sri Nuning Kusumawardani Direktur Pembelajaran dan Kemahasiswaan

Selain Abdu Haris dan Sri Nuning, adapula Tatang Muttaqin, Plt. Direktur Jenderal Pendidikan Vokasi, memberikan sambutan yang penuh semangat.

Dalam pernyataannya, MSIB merupakan program MBKM yang memberi kesempatan mahasiswa untuk belajar melalui pengalaman kerja langsung. Oleh karena itu, ia berharap semoga jerih payah yang sudah dilalui mahasiswa selama proses seleksi bisa mengantarkan ke masa depan yang lebih baik.

Lebih lanjut, Tatang Muttaqin juga menjelaskan adanya keselarasan antara program MSIB dan pendidikan vokasi. “Selama mengikuti MSIB, baik dalam program Magang maupun Studi Independen, mahasiswa dapat terjun ke proyek nyata dengan bimbingan praktisi profesional,” katanya. Hal ini menunjukkan bahwa MSIB tidak hanya menawarkan teori, tetapi juga pengalaman praktis yang relevan dengan dunia kerja.

Maka, harapannya dengan bimbingan dari praktisi profesional, mahasiswa dapat meningkatkan keterampilan mereka seperti  hard skill dan soft skill. Ini menjadi sangat penting karena berguna mempersiapkan mahasiswa menghadapi tantangan di dunia kerja yang semakin kompetitif.

Sumber YouTube Ditjen Diktiristek: Harapan Tatang Muttaqin Plt. Direktur Jenderal Pendidikan Vokasi

National Onboarding MSIB Batch 7 adalah awal dari perjalanan yang penuh tantangan dan peluang. Program ini menawarkan kesempatan untuk Magang di perusahaan terkemuka serta mengerjakan proyek akhir yang berharga bagi peserta Studi Independen.

Dengan demikian, pengalaman ini akan memperkaya pengetahuan dan keterampilan mahasiswa, serta mempersiapkan mereka untuk memasuki dunia kerja dengan lebih percaya diri.

Selamat kepada semua peserta yang berhasil lolos Magang di GAMELAB. Ini adalah pencapaian yang membanggakan dan langkah awal menuju pengalaman yang akan memperkaya keterampilan dan pengetahuan kalian.

Semoga pengalaman yang didapat selama program MSIB ini dapat membuka lebih banyak peluang dan membawa dampak positif bagi karier kalian di masa depan.

Diharapkan juga program MSIB Batch 7 dapat terus memberikan kontribusi positif dalam pengembangan keterampilan mahasiswa dan meningkatkan daya saing lulusan di pasar kerja. Selamat berjuang, dan semoga sukses dalam setiap tantangan dan kesempatan yang akan datang!


Vincentius Dimas

Vincentius Dimas

Jumat, 6 September 2024

ARTIKEL TERKAIT

Magang lebih mudah dan bisa dilakukan dari mana saja dengan Program Magang Online Gamelab. Magang Bersertifikat, plus Pelatihan!

DAFTAR MAGANG

ARTIKEL POPULER

KATEGORI