Siswa-siswa SDN Baleharjo 2 Pacitan baru saja mengikuti kegiatan outing class yang menyenangkan dan edukatif di GAMELAB. Kegiatan ini bertujuan untuk memperluas wawasan mereka di bidang teknologi, sekaligus menjadi sarana implementasi Kurikulum Merdeka yang telah diterapkan, khususnya pada Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) dengan fokus pada teknologi.
Maka dari itu outing class ini memberikan kesempatan bagi siswa untuk belajar di luar kelas dengan cara yang interaktif dan menyenangkan. Juga menjadi salah satu upaya untuk mengembangkan potensi diri siswa. Jadi mereka tidak hanya diajak bersenang-senang, tetapi juga diajak untuk belajar banyak hal baru yang relevan dengan perkembangan zaman, terutama dalam bidang teknologi.
Implementasi P5 Teknologi
Salah satu tujuan utama dari outing class ini adalah untuk memberikan pengalaman belajar yang berbeda bagi siswa, sekaligus mengimplementasikan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5).
P5 adalah salah satu komponen penting dalam Kurikulum Merdeka yang bertujuan untuk mengembangkan pelajar yang memiliki karakter Pancasila. Fokus dari P5 kali ini adalah teknologi, di mana siswa diharapkan bisa mengembangkan potensi diri, pemberdayaan diri, peningkatan diri, pemahaman diri, dan juga peran sosial mereka.
Dalam konteks outing class ini, siswa SDN Baleharjo 2 Pacitan diajak untuk mengeksplorasi teknologi dengan cara yang menyenangkan dan mudah dipahami. Dengan usianya yang masih muda, siswa perlu dikenalkan dengan teknologi agar mereka bisa siap menghadapi masa depan yang semakin digital.
Dengan demikian, teknologi tidak hanya dilihat sebagai alat untuk bermain, tetapi juga sebagai sarana untuk mengembangkan kreativitas, pemecahan masalah, dan kerja sama tim.
Mengenalkan Dasar Pembuatan Game dan Coding
Setibanya di GAMELAB, siswa disambut dengan berbagai kegiatan yang dirancang untuk menarik minat mereka sekaligus memberikan edukasi. Salah satu kegiatan utama adalah belajar membuat game.
Dengan bimbingan trainer ahli, siswa dikenalkan dasar-dasar pembuatan game yang sederhana namun menyenangkan. Meski terlihat rumit, pendekatan yang digunakan sangat mudah dimengerti oleh siswa-siswa SD. Selain itu, mereka juga diberi kebebasan untuk menyalurkan ide dan imajinasi mereka dalam merancang game sederhana, yang tentu saja membuat mereka semakin antusias.
Selain belajar membuat game, siswa juga diperkenalkan dengan dasar-dasar coding. Kegiatan ini bertujuan untuk membiasakan siswa dengan logika berpikir komputasional sejak dini. Akan tetapi, dengan cara yang sederhana dan menggunakan bahasa pemrograman visual, sehingga anak-anak tidak merasa kewalahan.
Lebih dari itu, siswa juga diajak menjajal gim VR (Virtual Reality), yang tentu menjadi pengalaman baru bagi mereka. Dengan menggunakan perangkat VR, siswa bisa merasakan sensasi berada di dunia virtual yang imersif.
Alhasil, kegiatan ini bukan soal menyenangkan saja, tetapi juga mengajarkan mereka tentang teknologi masa depan yang semakin berkembang pesat. Terkhusus anak-anak diajak untuk memahami bahwa teknologi bisa digunakan untuk banyak hal, termasuk edukasi dan hiburan.
Baca Juga : SMK Delta Presiden Kunjungan Industri ke GAMELAB untuk Mendapatkan Materi yang Relevan Industri
Manfaat Outing Class ke GAMELAB
Outing class ini memberikan banyak manfaat bagi siswa SDN Baleharjo 2 Pacitan, terutama dalam pengembangan keterampilan yang sangat dibutuhkan di era digital. Berikut beberapa manfaat utama yang dirasakan oleh siswa antara lain:
- Menyalurkan Ide dan Imajinasi secara Kreatif
Kegiatan membuat game dan coding memungkinkan siswa untuk berkreasi dan mengeluarkan ide-ide mereka. Hal ini membantu mereka mengasah imajinasi dan berpikir di luar kotak.
- Memecahkan Masalah secara Kritis dan Sistematis
Dalam coding, siswa diajak untuk berpikir secara logis dan memecahkan masalah yang muncul. Ini mengajarkan mereka untuk menghadapi tantangan dengan pendekatan yang sistematis, yang tentunya akan berguna dalam pelajaran lain maupun kehidupan sehari-hari.
- Mengembangkan Kepercayaan Diri dan Kemampuan Mandiri
Dengan diberikan kesempatan untuk belajar dan mencoba sendiri, siswa jadi lebih percaya diri dalam melakukan sesuatu. Mereka merasa mampu menyelesaikan tantangan yang diberikan, sehingga kepercayaan diri mereka meningkat.
- Meningkatkan Kemampuan Berkomunikasi dan Berkolaborasi
Selama kegiatan di GAMELAB, siswa diajak untuk berdiskusi dan bekerja sama dengan teman-teman mereka. Ini membantu mereka untuk belajar berkomunikasi secara efektif dan bekerja dalam tim, yang merupakan keterampilan penting dalam dunia kerja nantinya.
Sebagai kesimpulan, kunjungan outing class siswa SDN Baleharjo 2 Pacitan ke GAMELAB adalah salah satu bentuk pembelajaran yang interaktif, menyenangkan, dan penuh manfaat. Kegiatan ini tidak hanya menjadi sarana hiburan, tetapi juga memperkenalkan siswa pada teknologi yang akan sangat berguna di masa depan.
Dengan belajar membuat game, coding, dan mencoba gim VR, siswa mendapatkan pengalaman yang tak terlupakan serta keterampilan yang bermanfaat bagi perkembangan diri mereka. Maka, harapannya, kegiatan seperti ini bisa terus diadakan untuk mendukung implementasi Kurikulum Merdeka, khususnya dalam mengembangkan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5).
Ayo implementasikan P5 besama GAMELAB dengan cara hubungi kami di sini.