BERITA SMK SMK Jurusan Kriya Kreatif Kulit dan Imitasi : Kompetensi dan Peluang Kerjanya

SMK Jurusan Kriya Kreatif Kulit dan Imitasi : Kompetensi dan Peluang Kerjanya

Oleh Gamelab.Id | Jumat, 18 Desember 2020

SMK Jurusan Kriya Kreatif Kulit dan Imitasi : Kompetensi dan Peluang Kerjanya

Jurusan K3I mempelajari tentang tata cara pembuatan desain dan produk kerajinan kulit dan imitasi secara kreatif dan berdaya jual tinggi.

Aktivitas di kantor membosankan?
Karyawan engangement kurang?
GAMIFIKASI-IN aja!

Yuk, belajar di GAMELAB ACADEMY, belajar kapan saja, di mana saja. Kurikulum berbasis industri. Dapatkan SERTIFIKAT ketika kamu sudah selesai!

Daftar Isi Artikel

Kriya Kreatif Kulit dan Imitasi (K3I) merupakan salah satu Kompetensi Keahlian dari Program Keahlian: Desain dan Produk Kreatif Kriya, pada Bidang Keahlian: Seni dan Industri Kreatif. Secara umum jurusan ini mempelajari tentang tata cara pembuatan desain dan produk kerajinan kulit dan imitasi secara kreatif dan berdaya jual tinggi.  Artikel berikut ini akan membahas mengenai kompetensi dan peluang kerja dari SMK Jurusan Kriya Kreatif Kulit dan Imitasi.

Dasar Program Keahlian dan Kompetensi Keahlian

Untuk mencetak tenaga profesional di bidang Kriya Kreatif Kulit dan Imitasi, siswa akan dibekali dengan mata pelajaran yang dapat mengasah kompetensi mereka. Berikut adalah Mata Pelajaran SMK Jurusan Kriya Kreatif Kulit dan Imitasi (K3I) :

  • Dasar-dasar Desain Kriya
    Pada mata pelajaran ini siswa akan diajarkan bagaimana mempresentasikan prinsip pengorganisasian unsur- unsur rupa, membuat desain dasar, merancang desain produk, dan mengembangkan desain dasar kriya.
  • Desain Produk
    Pada mata pelajaran ini siswa akan dibekali pengetahuan dan keterampilan membuat desain produk dalam bidang kriya kayu, tekstil, logam, keramik, dan kulit. Siswa juga akan diajarkan bagaimana mengembangkan desain produk kriya kreatif.
  • Gambar
    Mata pelajaran ini membekali siswa dengan teknik, media, dan alat yang digunakan untuk menggambar sesuai jenis gambar yang dibuat agar menarik dan memiliki daya jual.
  • Alas Kaki Kulit dan Imitasi
    Materi pokok dari mata pelajaran ini adalah bagaimana membuat pola, mengoperasikan alat, memotong bahan, merakit, hingga melakukan finishing terhadap produk alas kaki baik sandal atau sepatu. Tentunya bahan dasar yang digunakan untuk alas kaki dalam hal ini adalah dari kulit asli ataupun imitasi.
  • Non Alas Kaki dan Non Busana Kulit dan Imitasi
    Produk kulit asli dan imitasi tidak hanya alas kaki dan busana, namun ada juga produk lain seperti dompet, ikat pinggang, tas, topi, dan lain sebagainya. Pada mata pelajaran ini siswa akan dibekali pengetahuan dan keterampilan bagaimana membuat pola, mengoperasikan alat, memotong bahan, merakit, hingga melakukan finishing terhadap produk kulit dan imitasi selain alas kaki dan busana.
  • Busana Kulit dan Imitasi
    Materi pokok dari mata pelajaran ini adalah bagaimana membuat desain, mengoperasikan alat, memotong bahan, merakit, hingga melakukan finishing terhadap produk busana baik rompi atau jaket. Tentunya bahan dasar yang digunakan untuk alas kaki dalam hal ini adalah dari kulit asli ataupun imitasi.
  • Tatah Sungging Kulit
    Materi pokok dari mata pelajaran ini adalah membuat desain, menggunakan alat dan bahan, membuat pola, menatah dan menyungging, hingga melakukan finishing produk kulit mentah tatah sungging dua dimensi dan tiga dimensi.
Baca Juga : GAMELAB Visitasi ke SMKN 1 Gempol untuk Monitoring dan Evaluasi Kelas Industri

Peluang Kerja Lulusan SMK Jurusan Kriya Kreatif Kulit dan Imitasi

Berikut ini adalah beberapa peluang kerja bagi para lulusan SMK Jurusan Kriya Kreatif Kulit dan Imitasi :

  • Tatah dan Sungging Artist
    Sungging artist adalah seseorang yang membuat karya kesenian menggunakan bahan utama kulit mentah dari kulit binatang dengan teknik ditatah dan disungging dalam mewujudkan suatu karyanya.
  • Juru Jahit Kulit
    Untuk mengolah bahan kulit tentu dibutuhkan keterampilan khusus. Juru jahit kulit sangat tepat bagi mereka lulusan SMK Jurusan K3I ini.
  • Pengrajin Produk Kerajinan Kulit
    Dengan pengetahuan dan keterampilan yang dimiliki, para lulusan SMK Jurusan K3I bisa menjadi pengrajin berbagai produk kerajinan kulit. Produk tersebut bisa berupa alas kaki, aksesoris, busana, dan masih banyak lagi.

Berbekal pendidikan selama 3 tahun, SMK Jurusan Kriya Kreatif Kulit dan Imitasi akan membentuk tenaga profesional di bidangnya. Berbagai produk berbahan dasar kulit sudah banyak kita jumpai saat ini. Nah, dengan slogan "SMK Bisa!", siswa SMK dipersiapkan agar kapabel, kompetitif dan siap kerja. Siswa SMK tidak hanya disuguhkan teori, akan tetapi juga praktek lapangan sesuai dengan bidang kejuruannya. Kami dari GAMELAB memiliki berbagai program kerjasama dengan SMK seperti pelatihan guru, pelatihan siap kerja, magang, kelas industri dan job matching. Adapun kami telah bekerja sama dengan lebih dari 30 SMK di seluruh Indonesia. Silakan jika SMK Anda berminat untuk kerjasama dengan kami, email ke [email protected] atau WhatsApp ke https://wa.me/6281232596412

 

Sumber :

https://www.markombur.com/2020/03/mata-pelajaran-jurusan-kriya-kreatif_25.html

https://www.builder.id/kerajinan-kulit/

 

 

 


Gamelab.Id

Gamelab.Id

Jumat, 18 Desember 2020

ARTIKEL TERKAIT

Magang lebih mudah dan bisa dilakukan dari mana saja dengan Program Magang Online Gamelab. Magang Bersertifikat, plus Pelatihan!

DAFTAR MAGANG

ARTIKEL POPULER

KATEGORI