SMK-IT As-Syifa Boarding School mengadakan kunjungan industri ke GAMELAB pada tanggal 28 Oktober 2024. Kunjungan ini melibatkan dua kompetensi keahlian yaitu Desain Komunikasi Visual (DKV) dan Rekayasa Perangkat Lunak (RPL), di mana para siswa mendapatkan pengalaman berharga dalam memahami lebih dalam tentang dunia industri kreatif dan teknologi. Dalam kunjungan ini, GAMELAB memberikan serangkaian sesi yang bertujuan untuk mempersiapkan siswa dalam menghadapi tuntutan kerja di era modern.
Memahami Budaya Kerja Industri
Sesi pertama difokuskan untuk memberikan pemahaman mendasar kepada para siswa tentang budaya kerja di industri. Dalam sesi ini, siswa diperkenalkan pada konsep industri secara luas, perubahan dan perkembangan dunia kerja di era digital, serta keterampilan-keterampilan esensial yang dibutuhkan untuk bersaing di masa depan. Selain itu, dipaparkan pula bagaimana transformasi digital telah mengubah banyak sektor, terutama industri kreatif, teknologi, dan hiburan.
Dengan demikian, sesi ini membantu siswa membangun mindset yang tepat, memperlihatkan pentingnya kesiapan menghadapi perubahan, dan mendorong mereka untuk mengembangkan keterampilan praktis yang relevan dengan kebutuhan industri modern. Terlebih, mereka jadi memiliki pandangan yang luas untuk membantu dalam memahami ekspetasi an standar kerja di dunia profesional.
Diskusi Bersama Expert Trainer Terkait
Setelah memahami budaya kerja industri, siswa juga mendapat kesempatan berdiskusi langsung dengan expert trainer dari GAMELAB. Dalam sesi interaktif ini, siswa bisa bertanya langsung seputar desain grafis, animasi, peluang karier, dan persiapan yang dibutuhkan untuk bisa sukses di dunia industri kreatif. Di sesi ini, expert trainer juga memberikan banyak tips berharga mengenai bagaimana mempersiapkan diri untuk menghadapi tantangan dan memaksimalkan peluang di industri desain maupun teknologi.
Dengan begitu, diskusi ini menjadi momen yang sangat berharga, karena para siswa dapat mendengar langsung dari para praktisi yang berpengalaman dan memahami apa yang dibutuhkan dalam dunia kerja yang sebenarnya. Mereka juga mendapatkan informasi tentang tantangan-tantangan yang mungkin akan dihadapi serta cara mengatasinya. Selain itu, expert trainer turut memberikan arahan tentang keterampilan spesifik yang perlu diasah, seperti kemampuan menggunakan software desain, serta pengetahuan tentang pemrograman dalam lingkup industri digital.
Mengeksplorasi Game VR dan Animasi
Kunjungan industri ini kemudian ditutup dengan kesempatan eksplorasi karya-karya unggulan dari peserta PKL atau magang di GAMELAB dan Educa Studio, salah dua unit bisnis PT. Educa Sisfomedia Indonesia. Di sini, para siswa dapat melihat secara langsung hasil karya dalam bentuk game VR dan animasi yang dibuat oleh mahasiswa magang yang sudah menimba pengalaman di GAMELAB. Karya-karya ini tidak hanya menunjukkan tingkat kreativitas dan inovasi yang tinggi, tetapi juga memberikan inspirasi bagi para siswa untuk terus berkreasi dan meningkatkan keterampilan mereka di bidang yang sama.
Lebih dari itu, eksplorasi karya ini memungkinkan siswa untuk melihat secara langsung hasil dari proses kreatif dan teknis yang diperlukan dalam menciptakan sebuah produk digital. Dengan kata lain, siswa-siswa dari kompetensi DKV dapat mengamati aspek visual dan artistik dari karya yang dipresentasikan, sementara siswa dari kompetensi RPL dapat memahami proses pemrograman dan pengembangan perangkat lunak di balik game VR tersebut. Maka secara tidak langsung kesempatan ini juga memberikan pengalaman praktis yang memperkaya wawasan mereka mengenai proses produksi konten digital di dunia industri.
Tentang SMK-IT As-Syifa Boarding School
SMK-IT As-Syifa Boarding School adalah institusi pendidikan yang menerapkan kurikulum SMK Standar Nasional dan standar industri, dengan semangat Kurikulum Merdeka serta kurikulum khas As-Syifa. Terletak di KP. Kumpay RT/RW 06/02, Desa Kumpay, Kecamatan Jalancagak, Kabupaten Subang, Provinsi Jawa Barat, sekolah ini berkomitmen untuk menyediakan pendidikan yang relevan dan berkualitas, mempersiapkan siswa untuk siap menghadapi tantangan di dunia kerja melalui pembelajaran yang terintegrasi dengan kebutuhan industri.
Baca Juga : SMK Delta Presiden Kunjungan Industri ke GAMELAB untuk Mendapatkan Materi yang Relevan Industri
Tentang PT. Educa Sisfomedia Indonesia
Selama lebih dari satu dekade, PT. Educa Sisfomedia Indonesia telah berkontribusi signifikan dalam pengembangan pendidikan dan teknologi digital di tanah air. Dengan komitmen yang tinggi terhadap inovasi, perusahaan ini meluncurkan tiga platform pengembangan keterampilan: Educa Studio, GAMELAB, dan Educa Academy, yang bertujuan untuk memperkuat sektor pendidikan dengan teknologi terkini.
GAMELAB menawarkan berbagai program seperti magang, pelatihan, dan peluang karier. Sementara itu, Educa Studio menyajikan hiburan edukatif melalui game dan animasi untuk anak-anak, dan Educa Academy berfokus pada pelatihan untuk para pendidik.
Kunjungan industri SMK-IT As-Syifa Boarding School ke GAMELAB memberikan pengalaman berharga bagi siswa untuk memahami lebih dalam tentang dunia industri. Selain mempelajari teori, mereka juga mendapatkan wawasan langsung dari para ahli dan mengeksplorasi karya-karya yang dihasilkan oleh industri. Mari jadikan sekolahmu bagian dari kegiatan ini! Hubungi kami sekarang untuk mendapatkan informasi lebih lanjut.