SD Islam Al Hidayah mengikuti kegiatan outing class ke GAMELAB pada 14 November 2024. Kegiatan ini bertujuan agar siswa dapat mengembangkan minat mereka di bidang teknologi serta membuka wawasan baru dalam industri kreatif yang kini semakin berkembang. Selain itu, mereka juga diajak memahami proses di balik layar pembuatan game dan mengenal teknologi yang digunakan.
Mengenal Dunia Industri Kreatif
Di sesi pertama, siswa disambut dengan materi tentang industri game. Mereka diajak untuk memahami proses yang dilalui oleh para pengembang, mulai dari ide awal hingga game siap dimainkan. Tim GAMELAB menjelaskan berbagai tahapan penting, seperti pembuatan konsep, desain karakter, hingga tahap pengujian untuk memastikan game dapat dinikmati dengan baik oleh pemain. Para siswa terlihat antusias, terutama saat mengetahui bagaimana sebuah ide sederhana bisa diubah menjadi game menarik melalui proses yang penuh kreativitas dan ketelitian.
Di sesi ini, siswa juga diajak berdiskusi tentang tantangan yang sering dihadapi oleh pengembang game, seperti kebutuhan akan kolaborasi yang baik dan pentingnya perencanaan matang dalam setiap tahap pembuatan. Mereka belajar bahwa membuat game tidak hanya soal ide kreatif, tetapi juga membutuhkan keterampilan teknis, manajemen waktu, dan kerja sama. Melalui sesi ini, siswa mendapatkan wawasan yang berharga, terutama bagi mereka yang tertarik untuk mengembangkan minat di bidang teknologi.
Menggali Pengetahuan tentang Teknologi Game
Memasuki sesi kedua, para siswa diberi kesempatan untuk mengenal teknologi yang digunakan dalam industri game. Dalam sesi ini, expert trainer dari GAMELAB menjelaskan software dan perangkat keras yang biasa digunakan dalam pengembangan game. Siswa diperkenalkan pada berbagai aplikasi yang memungkinkan pembuatan game berkualitas tinggi. Mereka juga mendapat wawasan tentang perkembangan teknologi yang mendukung industri ini, termasuk bagaimana game dapat dikembangkan secara lebih efisien dan inovatif.
Selain itu, para siswa juga diperkenalkan dengan game-game edukatif yang memanfaatkan teknologi untuk pengalaman belajar interaktif. Trainer menjelaskan bagaimana game tidak hanya bisa digunakan untuk hiburan, tetapi juga untuk memberikan pelajaran yang mendidik dan bermanfaat. Siswa belajar bahwa teknologi bisa digunakan secara positif, memberikan mereka pandangan baru tentang bagaimana teknologi dan pendidikan dapat berjalan beriringan.
Pengalaman Langsung dengan VR dan Animasi
Sesi terakhir merupakan salah satu yang paling dinantikan oleh para siswa, yaitu mencoba teknologi Virtual Reality (VR) dan melihat hasil karya animasi yang dikembangkan di GAMELAB. Dengan mengenakan perangkat VR, siswa bisa merasakan sensasi berada dalam dunia virtual, memberikan pengalaman yang imersif dan tak terlupakan. Mereka bisa menjelajah lingkungan 3D dan berinteraksi secara langsung, seolah-olah mereka berada di dalam game yang mereka mainkan. Momen ini menjadi sangat berkesan bagi para siswa, karena mereka dapat merasakan bagaimana teknologi VR dapat menciptakan pengalaman yang lebih mendalam.
Selain VR, siswa juga menikmati karya animasi yang dibuat oleh anak-anak magang di GAMELAB. Karya animasi ini adalah hasil kreativitas dan kerja keras dari mereka yang mengikuti program magang di bawah naungan PT. Educa Sisfomedia Indonesia. Siswa pun turut diajak untuk mengapresiasi betapa rumit dan detailnya proses pembuatan animasi, mulai dari desain karakter, pembuatan latar, hingga pengaturan gerakan. Dengan melihat karya-karya ini, semoga siswa mendapatkan inspirasi tentang bagaimana animasi bisa dikembangkan menjadi media yang menghibur sekaligus mendidik.
Tentang SD Islam Al Hidayah
SD Islam Al Hidayah adalah sebuah sekolah dasar yang berkomitmen untuk memberikan pendidikan berkualitas dengan nilai-nilai Islam yang kuat. Sekolah ini tidak hanya fokus pada pengembangan akademik, tetapi juga membentuk karakter siswa melalui pendidikan moral dan spiritual. Dengan pendekatan yang mengedepankan kreativitas dan inovasi, SD Islam Al Hidayah berusaha menciptakan lingkungan belajar yang menyenangkan dan mendukung potensi setiap siswa. Berbagai program edukatif, baik di dalam maupun luar kelas, diadakan untuk memperkaya pengalaman belajar, termasuk kegiatan outing class yang memberikan wawasan baru dalam dunia teknologi dan industri kreatif.
Baca Juga : Menilik Dapur Industri, SMA ABBS Surakarta Adakan Seminar Industri ke Gamelab Indonesia
Tentang PT. Educa Sisfomedia Indonesia
PT. Educa Sisfomedia Indonesia telah menjadi pionir dalam pengembangan pendidikan dan teknologi digital di Indonesia selama lebih dari sepuluh tahun. Perusahaan ini kini telah memiliki tiga platform utama untuk pengembangan keterampilan: Educa Studio, GAMELAB, dan Educa Academy, yang semuanya bertujuan memperkuat sektor pendidikan melalui pemanfaatan teknologi mutakhir.
GAMELAB menyediakan berbagai program seperti magang, pelatihan, dan kesempatan berkarier, sementara Educa Studio menghadirkan hiburan edukatif berupa gim dan animasi bagi anak-anak. Di sisi lain, Educa Academy berfokus pada pengembangan keterampilan untuk para pendidik.
Yuk, ajak siswa-siswi Anda mengikuti outing class yang seru dan mendidik ini di GAMELAB! Temukan pengalaman mengenal dunia industri kreatif, teknologi mutakhir, dan karya-karya kreatif pada bidang game dan animasi. Untuk informasi lebih lanjut, silakan hubungi MinLab di sini.