GAMELAB baru-baru ini melaksanakan kegiatan monitoring dan evaluasi (monev) di SMK Krian 2 Sidoarjo pada 20 November 2024. Kegiatan ini merupakan wujud nyata kolaborasi antara sekolah dan industri untuk mencetak lulusan yang siap kerja serta memiliki kompetensi sesuai standar dunia kerja. Program ini difokuskan pada jurusan Desain Komunikasi Visual (DKV), khususnya dalam pengembangan kompetensi 3D Animator.
Dalam kegiatan ini, dihadiri Andi Taru (Direktur PT. Educa Sisfomedia Indonesia), Tim Program dan Kurikulum serta Tim Konsultan Pendidikan GAMELAB. Kemudian, pihak sekolah diwakili oleh Indra Wahyu Suliswanto (Kepala Sekolah), Rahayu Pratiwi (Kaprodi DKV), Melly (Penanggung Jawab Kelas Industri), dan Ika Hesti Pratiwi (Waka Humas).
Alhasil, momen strategis ini dimanfaatkan sebagai sarana untuk bertukar feedback antara pihak sekolah dan industri guna memastikan bahwa pembelajaran di SMK terus relevan dan adaptif terhadap kebutuhan dunia kerja. Selain itu, kegiatan ini menjadi upaya untuk meningkatkan kualitas lulusan agar mampu bersaing di pasar kerja global.
Mengenal Kelas Industri
Kelas industri adalah salah satu inovasi pendidikan di SMK yang mengintegrasikan proses belajar-mengajar dengan praktik langsung di dunia usaha dan dunia industri (DUDI). Menurut buku Program SMK Pusat Keunggulan (Centre of Excellence) pada Pendidikan Menengah Vokasi (2023) karya Wahjusaputri dkk., Kelas Industri dirancang untuk memberikan pengalaman belajar berbasis praktik sesuai minat siswa sekaligus memenuhi standar kompetensi kurikulum.
Artinya, melalui Kelas Industri, siswa tidak hanya mendapatkan pemahaman teoritis tetapi juga pengalaman langsung yang relevan dengan dunia kerja. Program ini juga memungkinkan siswa untuk mengenal lebih dini lingkungan kerja yang sesuai dengan bidang keahlian mereka. Dengan demikian, mereka dapat mempersiapkan diri untuk berkarier di bidang tersebut setelah lulus.
Simpulnya, penerapan Kelas Industri SMK seperti di SMK Krian 2 Sidoarjo, merupakan langkah strategis untuk meningkatkan kompetensi siswa sekaligus memperkuat hubungan antara sekolah dan DUDI. Hal ini tidak hanya membantu siswa tetapi juga meningkatkan citra sekolah sebagai lembaga pendidikan yang mampu menghasilkan lulusan berkualitas tinggi.
Pentingnya Kolaborasi Sekolah dan Industri
Sebagai institusi pendidikan yang mempersiapkan tenaga kerja terampil, SMK memiliki tanggung jawab untuk memastikan kurikulumnya relevan dengan kebutuhan dunia kerja. Seperti yang dijelaskan oleh Widiatna dalam buku Teaching Factory: Arah Baru Manajemen Sekolah Menengah Kejuruan di Indonesia (2019), kolaborasi antara SMK dan industri sangat penting untuk mendukung tercapainya tujuan ini.
Melalui kemitraan ini, sekolah dapat terus menyesuaikan kurikulum dengan perkembangan terkini di dunia industri. Hal ini menjadi kunci utama dalam menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi tinggi serta mampu bersaing di pasar kerja. Selain itu, kolaborasi ini memungkinkan siswa untuk mendapatkan pembelajaran yang tidak hanya berbasis akademik tetapi juga berbasis pengalaman nyata.
Kerja sama dengan industri juga membantu mengidentifikasi potensi siswa agar dapat dikembangkan secara optimal, sehingga mereka tidak hanya menjadi individu yang kompeten tetapi juga bermanfaat bagi masyarakat. Dalam konteks ini, SMK Krian 2 Sidoarjo bersama GAMELAB telah menunjukkan langkah nyata dalam mencetak lulusan yang siap menghadapi tantangan di era industri 4.0.
Tentang SMK Krian 2 Sidoarjo
SMK Krian 2 Sidoarjo, yang didirikan pada tahun 1999, berlokasi di Jalan Raya Krian-Sidoarjo atau Jalan Kyai Mojo, tepatnya di Desa Katerungan, Kecamatan Krian, Kabupaten Sidoarjo. Selama lebih dari dua dekade berdiri, sekolah ini terus mengalami perkembangan untuk mencapai kemajuan. Saat ini, SMK Krian 2 Sidoarjo menawarkan lima program keahlian, yaitu Teknik Kendaraan Ringan, Teknik dan Bisnis Sepeda Motor, Teknik Elektronika Industri, Multimedia, serta Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran.
Baca Juga : GAMELAB dan SMK Plus Almaarif Singosari Lakukan Monitoring Kelas Industri RPL
Tentang PT. Educa Sisfomedia Indonesia
PT. Educa Sisfomedia Indonesia telah berpengalaman selama 13 tahun di bidang pendidikan dan teknologi digital, dengan komitmen kuat untuk menghadirkan solusi inovatif dan berkualitas. Perusahaan ini menjalankan tiga unit bisnis utama, yaitu Educa Studio, GAMELAB, dan Educa Academy, yang semuanya bertujuan meningkatkan mutu pendidikan di Indonesia dengan memanfaatkan teknologi digital secara optimal.
GAMELAB menawarkan berbagai program unggulan, termasuk PKL/magang, Prakerja, Kelas Industri, Teaching Factory (TeFa), Uji Kompetensi Keahlian (UKK), hingga Bootcamp. Educa Studio, di sisi lain, memprioritaskan edukasi dan hiburan anak-anak melalui media kreatif seperti game pendidikan dan animasi, antara lain Marbel (Mari Belajar), Kabi (Kisah Inspiratif Nabi), Kolak (Lagu Anak Indonesia), serta Riri Cerita Anak Interaktif. Sementara itu, Educa Academy fokus pada peningkatan kualitas pendidik melalui pelatihan profesional untuk mencetak generasi muda yang kompeten.
Bersama GAMELAB, mari kita bangun generasi muda Indonesia yang kreatif, inovatif, dan siap menghadapi masa depan sebagai pemimpin. Bergabung sebagai SMK binaan GAMELAB adalah langkah awal yang tepat menuju kesuksesan. Hubungi MinLab untuk mendapatkan informasi lebih lengkap di sini!