Baca Juga : Pembelajaran Kelas Industri SMK Negeri Matesih Bersama Gamelab Indonesia
Dasar - Dasar Construct 3
Construct 3 adalah editor game 2D berbasis HTML5 , yang dikembangkan oleh Scirra Ltd. Untuk menjalankan dan mengoperasikan game engine cukup mudah karena tidak membutuhkan syntax atau bahasa pemrograman dalam pembuatan game, sehingga meskipun pengguna tidak mempunyai pengalaman koding sama sekali tetap bisa menjalankan, dan mengoperasikan Contruct 3 ini dengan sangat baik, hanya berbekal kemampuan logika yang baik dan pengetahuan pemahaman tentang antarmuka, fitur-fitur dan action yang ada pada construct 3.
Interface
Tampilan keseluran UI Game engine Construct 3.
Gambar 1 : Interface Construct 3
Main Menu Button, and Main Toolbar
Tampilan Menu pada Construct 3 memakai tampilan 4 garis sejajar. Ketika di klik maka akan menampilkan beberapa pilihan perintah dasar seperti, Save, Save As, Export, Settings, Add On, New, Open, Open Recent dan lain sebagainya.
Pada Tampilan Toolbar terdapat beberapa perintah cepat seperti Save, Undo, Redo, dan Preview.
Gambar 2 : Main Menu dan Main Toolbar
Properties Bar
Daftar dari semua properti dari item yang dipilih, pada bagian properties bar anda bisa mengatur seperti Ukuran, Posisi, Mengubah Nama, dan lain lain, pada item yang telah di pilih. Isi dari properties bar berbeda beda tergantung objek yang dipilih.
Gambar 3 : Properties Bar
Project Bar
Menampilkan semua hal yang ada di dalam project anda baik seperti audio, gambar, layout, Event, dan lain sebagainya.
Gambar 4 : Project Bar
Layout
Layout bisa disebut juga sebagai workspace atau tempat kerja. Di dalam layout anda bisa mendesign UI game, memasukan beberapa object seperti gambar, audio, keyboard dan lain sebagainya. Ukuran layout size dan windows size bisa di konfigurasi secara manual di properties bar.
Gambar 5 : Layout
View Tabs
Tab berfungsi untuk mengganti layout maupun event sheet yang ingin dikerjakan. Kita bisa mengatur urutannya dengan mendrag-nya.
Gambar 6 : Tabs
Object bar
Object Bar berfungsi menunjukan objek secara spesifik, berdasarkan isi suatu
folder dalam project bar. Drag and drop dapat dilakukan jika ingin memasukan objek ke
dalam layout.
Gambar 7 : Object bar
Layers Bar
Layers bar digunakan untuk menambah, mengedit, maupun menghapus suatu layer dalam layout. Layer berperan besar untuk menciptakan kedalaman di game yang
dibuat.
Gambar 8: Layer Bar
Events
Construct dapat mengatur cara kerja game dengan memakai system blok logika, sehingga membuat game menjadi menyenangkan dan lebih mudah tanpa membutuhkan pengetahuan Scripting maupun Programing.
Proses eksekusi suatu event menggunakan logika sebab akibat atau jika-maka. Jika suatu kondisi dipenuhi, maka suatu perintah akan dijalankan.
Gambar 9 : Events
- Conditions
Syarat yang harus dipenuhi untuk menjalankan suatu perintah, jadi jika kondisi bernilai false,maka statment akan diabaikan jika kondisi bernilai true maka statement akan dijalankan atau di eksekusi. - Action
Kumpulan perintah atau statement akan yang dilakukan jika syaratnya sudah terpenuhi. - Expression
Berupa operasi logika maupun aritmetika. Bisa juga berisi nilai dari suatu objek atau variable. - Sub Event
Event yang akan di eksekusi jika Event Utama dieksekusi. - Else
Kondisi yang berarti mentatakan “tidak”, atau bisa juga “selain itu” jadi misalnya kondisi diatas tidak terpenuhi maka akan menjalankan aksi atau statement atau bisa juga dibilang perintah yang terdapat pada kondisi else tersebut. - Variables
Variabel dibagi menjadi dua, yaitu global variable dan local variable perbedaannya terletak
pada hak aksesnya jika pada global variable hak akses bisa akses pada event sheet yang lain sedangkan untuk local variable hak aksesnya terbatas, memiliki jangkauan tertentu walaupun pada event sheet yang sama. - Make OR Block
Agar suatu kondisi bisa berjalan meskipun hanya satu diantara beberapa kondisi yang bernilai benar, misalnya jika terdapat nilai siswa yaitu 100, 90, 80,70 dan dari pihak sekolah akan meluluskan jika siswa tersebut mendapatkan salah satu nilai yang telah disebutkan tadi. - Invert
Membalikan suatu pernyataan, misalnya Adi berlari, maka jika kita menggunakan invertakan memunculkan pernyataan adi tidak berlari.
Sumber : https://construct.net/