Baca Juga : Toge Productions dan Mojiken Studio: Kisah Kesuksesan Studio Game Indonesia yang Menggebrak Dunia!
Behavior
merupaka suatu sifat yang dapat dimiliki suatu object pada construct 3. Behavior ini mempunyai banyak jenis dan kegunaanya, seperti contoh kita memberikan behavior platform pada karakter player game kita dan memberikan behavior solid pada lantai yang akan dilewati karakter player yang nanti karakter player ini tidak akan terjatuh kebawah layout melainkan bisa berjalan/bergerak normal.
Behavior dibagi menjadi 3 kategori Attributes, General, dan Movements. Pertama kita akan membahas mulai dari kategori Attributes :
Jump-thru
Behavior ini memungkinakan karakter bisa menembus platform di atasnya dan bisa berada di platform tersebut. Bisa dibayangkan karakter dapat melangkah keplatform di atasnya tanpa perlu takut terpental kembali kebawah.
No save
Ada beberapa waktu dimana ingin membuat semua object tetap seperti saat berhenti memainkannya. Behavior ini memungkinkan mencegah mereset ulang object-object yang ingin tetap sama seperti saat save maupun load game.
Persist
Normalnya saat kita meninggalkan suatu layout object didalamnya juga akan ikut di reset seperti semula, namun di beberapa game hal ini tidak dinginkan. Untuk itu behavior ini memungkinkan saat meninggalkan layout keadaan layout atau object yang diberikan behavior persist akan tetap sama seperti terakhir ditinggalkan. seperti contoh pada layout 1 terdapat 10 item, player kita akan mengambil 5 item dan meninggal kan layout tersebut hasilnya saat kembali maka akan tersisa 5, sedangkan jika tidak menggunakan persist saat kembali item akan tetap 10 atau default.
Shadow Caster
Behavior yang memungkinkan memunculkan bayangan dari suatu object yang terkena cahaya dari object Shadow Light atau sumber cahaya.
Solid
Saat membuat game tentang pergerakan suatu karakter pasti butuh yang namanya lantai atau tempat pijakan untuk gerakan karakter tersebut. Behavior solid ini membuat suatu object menjadi tidak tertembus dari atas maupun dari bawah. Maka object akan menjadi suatu medan yang dapat dilewati atau menjadi pembatas karakter dalam bergerak.
Kategori General :
Anchor
Posisi object yang di beri Anchor akan menyesuaikan sesuai ukuran layar yang ada.yang dapat mendukung berbagai ukuran layar yang tersedia.
Bound to layout
Memberikan behavior ini akan membuat object memantul atau tidak akan bisa keluar dari layout, ada beberapa game yang membutuhkan fungsi ini kerena jika object keluar dari layar akan menyebabkan bug atau object hilang.
Destroy outside layout
Object yang diberikan behavior ini akan hancur atau menghilang jika melewati layout/ keluar layout. Behavior ini biasa digunakan untuk shooting 2D game, peluru yang tidak terkena target akan menuju keluar layout dan menghilang/hancur. Jika tidak dihancurkan akan menyebabkan terciptanya object-object peluru yang akan terdiam di layout dan membuat game mempunyai banyak object. Tentu hal ini dapat menyebabkan komputer atau perangkat menjadi berat.
Drag and drop
Drag and drop memungkinkan object game dapat dipegang dan dilepaskan dengan klik mouse atau tekanan layar sentuh (touch). Bahkan Drag and drop ini bisa digunakan untuk beberapa objek sekaligus. Object akan terlepas ketika terlepasnya tekanan layar sentuh (touch) atau setelah terjadinya tekanan klik pada mouse.
Fade
Fade dapat membuat object berganti atau menghilang dengan berkurangnya opacity dan juga dapat muncul dari tak terlihat menjadi terlihat dengan bertambahnya opacity dari tranparan menjadi terlihat.
Flash
Membuat object berkedip atau menghilang beberapa saat lalu kembali lagi. Perlu diketahui behavior Flash hanya akan aktif dengan mangaktifkannya pada action.
Line of sight
Behavior ini bertujuan untuk membatasi pandangan dari player. Seperti contoh game yang memiliki jarak pandang akan batasi oleh suatu object seperti pohon, tembok, atau sebagainya.
Pin
Jika suatau object diberikan behavior Pin maka secara otomatis object akan seperti menempel pada object lain.
Scroll to
Memberikan object semacam menu scroll yang dapat memudahkan kita melihat dari atas kebawah atau dari kiri kekanan. Namun perlu diketahui tampilan yang akan diberikan Scroll to harus lebih besar dari tampilan layout jika tidak Scroll to tidak akan berfungsi sama sekali.
Timer
Memberikan batas waktu kepada pemain untuk menyelesaikan game.
Wrap
Behavior ini memungkinkan player untuk teleportasi ke sisi lain dari layout yang di lewati. Sebagai contoh player melewati batas layout atas maka secara otomatis player akan muncul dari bawah dan mengarah ke atas.
Kategori Movements :
8 Direction
Memungkinkan object atau player bisa bergerak kemanapun atas, bawah, kanan, kiri atau perpaduannya.
Bullet
Membuat object bergerak lurus seperti peluru yang bergerak lurus. Namun object bullet juga bisa memamtul di layout seperti bola.
Car
Memberikan bahavior yang dapat memungkinan player bergerak ke depan, belakang, kiri dan kanan. Behavior ini sering digunakan untuk game bertemakana balapan atau berkendara.
Custom movement
Object dapat bergerak kemanapun sesuai aturan yang diberikan.
Pathfinding
Membuat object player menjadi dapat menemukan jalan tercepat untuk ditemukan dalam game.
Physics
Memberikan Fisik kepada object. Seperti contoh pada game yang memiliki bangunan yang dapat dihancurkan, object-object bangunan yang sudah hancur akan memiliki fisik dan jika saling bertabrakan akan seperti bangunan yang saling bertabrakan.
Platform
Object yang diberikan behavior ini akan menjadi player dan dapat bergerak di atas platform yang sudah ada.
Rotate
Memberikan efek berputar pada game.
Sine
Memberikan animasi pergerakan mengembang menyesuaikan ukuran, sudut, atau posisinya. Seperti contoh tombol yang memiliki animasi seperti mengembang yang dapat meningkatkan minat player pada tampilan menu.
Tile movement
Menggerakkan lantai/background keatas, kebawah, kanan atau kiri sesuai kondisi karakter. Seakan akan object karakter yang bergerak yang sebenarnya lantai yang bergerak menyesuaikan kordinat pergerakan karakter.
Turret
Memberikan prespective menaiki suatu object atau menggerakan arah tembakan. Seperti contoh kita menaiki suatu artillery yang sumbu tembakannya bisa kita gerakan seakan-akan kita manikinya.
banyak sekali bukan macam-macam behavior yang dimiliki Construct 3 serta fungsinya yang beragam untuk digunakan pada game-game yang sering kita mainkan. Teman-teman bisa mencobanya langsung di situs https://editor.construct.net/ dan daftar akun free agar mendapatkan tambahan event. Teman-teman juga bisa ikuti pelatihan dari Gamelab.id tentang Construct 3 Jadi tunggu apa lagi yuk gabung !
Sumber :
https://www.construct.net/en/make-games/manuals/construct-3/behavior-reference
https://www.construct.net/en/tutorials/panduan-pemula-menggunakan-1516/menambahkan-behavior-3
http://smartikel.blogspot.com/2016/02/behavior-pada-construct-tutorial-construct-2.html