Tim GameLab Indonesia lagi-lagi membahas tentang gamifikasi. Lagi??? Eiits jangan salah, bab tentang gamifikasi tidak ada habisnya untuk dibahas lho.
Karena gamifikasi atau gamification bisa diterapkan pada berbagai macam hal, seperti yang akan kita bahas kali ini. Gamifikasi kali ini kami terapkan untuk menciptakan sebuah workshop yang lebih menyenangkan. Bagaimana bisa? Simak hingga selesai artikel ini.
Workshop secara singkat
Secara singkat workshop dapat diartikan sebagai tempat berkumpulnya para pelaku aktivitas tertentu yang mana dalam tempat ini, para pelaku melakukan interaksi saling bertukar pikiran yang ditujukan untuk memecahkan suatu permasalahan tertentu.
Terkadang dalam sebuah workshop bisa sangat membosankan karena cara penyampainnya yang terlalu formal atau biasanya kaku. Itulah gunanya menerapkan gamifikasi untuk workshop agar workshop dapat berjalan dengan lebih menyenangkan.
Gamification untuk workshop agar lebih menyenangkan
Bagaimana gamifikasi bisa diterapkan pada sebuah workshop? Mengulang sedikit tentang gamifikasi merupakan metode pembelajaran yang menggunakan elemen-elemen di dalam game atau video game dengan tujuan memotivasi para mahasiswa dalam proses pembelajaran dan memaksimalkan perasaan enjoy dan engagement terhadap proses pembelajaran tersebut.
Contohnya seperti workshop yang baru saja dilakukan oleh Educa Studio bersama dengan guru-guru MGMP Fisika MA Se-Karesidenan Semarang. Workshop dengan tema pemanfaatan game sebagai media pembelajaran fisika ini telah menggunakan metode gamifikasi dalam pelaksanaannya.
Seperti workshop pada umumnya, awal acara dibuka dengan sambutan dan doa bersama, kemudian masuk ke dalam sesi materi yang dibawakan oleh CEO Educa Studio, Andi taru NNW.
Sesi selanjutnya adalah sesi penting dalam workshop ini. Seperti alur dalam sebuah game, selalu ada tantangan dan pencapaian di akhir game. Workshop ini pun juga seperti itu, memiliki tantangan dan peserta workshop memiliki target untuk menyelesaikannya diakhir workshop tersebut.
Baca juga : Gamifikasi Program Magang di Educa Studio
Tantangan dan pencapaian yang harus dicapai peserta workshop
Tantangan yang diberikan pada para peserta workshop adalah mendapatkan sebuah ide yang nantinya dapat mereka gunakan sebagai bahan pembelajaran fisika pada murid mereka.
Untuk menyelesaikan tantangan tersebut setiap perserta diwajibkan memainkan board game yang Tim GameLab Indonesia bawa sebagai bahan referensi, seperti board game The Heritage of Batik, Emak-Emak Matic, dan Marbel Fire Fighter. Dari board game tersebut para peserta workshop diminta untuk memainkan dan kemudian mengamati mekanisme pada board game tersebut.
Dengan bermain board game dan mengamati mekanisme dari board game tersebut, para peserta mendapatkan banyak ide untuk membuat sebuah media pembelajaran yang menarik untuk muridnya.
Di akhir acarapun pada sesi tanya jawab dan penyampaian ide, banyak sekali peserta yang antusias dan bersemangat dengan ide-ide dan pertanyaan mereka. Setiap peserta yang mengusulkan ide, maka peserta tersebut akan mendapatkan reward. Dan di akhir sesi, ide yang paling favorit akan mendapatkan reward utama yaitu... (rahasia). hehehe
Baca Juga : Sharing Session : Post Mortem Hongkong Licensing Show 2019
Hasil Implementasi Gamification
Dengan menerapkan Gamifikasi pada workshop ini membawa dampak positif pada peserta workshop dan kami sebagai perusahaan pengembangan game.
Tingkat keberhasilan dalam pencapaian akhir dalam hal ini merupakan partisipasi ide dari para peserta workshop mencapai 100%, tingkat pertanyaan dari para peserta juga mencapai 75%, dan tingkat keberhasilan acara workshop mencapai 100%. Hal ini merupakan hasil yang sangat luar biasa, sebagai contoh keberhasilan dari penerapan Ganifikasi pada workshop.
Bagi Anda yang tertarik untuk menerapkan gamifikasi atau membuat gamifikasi di perusahaan atau organisasi Anda atau tertarik untuk bekerja sama membuat workshop bersama kami. Silakan klik gambar di bawah ini.
Baca artikel menarik lainnya :