Rumput 3 Dimensi
Apa yang kamu bayangkan saat kamu ingin membuat sesuatu yang kecil tapi banyak? misalnya rumput, rambut dan laiinnya. Blender 3D mempunyai modifier untuk membantu membuat semua itu dengan mudah. Membuat rumput 3D sebenarnya ada beberapa cara diantaranya:
- Dengan teknik partikel.
- Dengan teknik array.
- Dengan teknik material(gambar).
Pada pembahasan kali ini hanya mengambil membuat teknik dengan partikel. Dengan partikel ini mempunyai beberapa kelebihan diantaranya:
- Dapat mengatur jumlah rumput yang dibutuhkan.
- Dapat mengatur panjang pendeknya rumput.
- Bentuk dapat menyerupai bentuk arena / lahan ang dibuat.
- Dapat mengaktifkan / tidak mengatifkan menggunakan rumput atau tidak.
Tahap - 1 Membuat Tanah
Ayo kita praktikkan bagaimana membuat rumput 3 dimensi:
- Siapkan area yang ingin diberi rumput. Contoh berikut ini menggunakan objek dari plane (kotak).
- Tambahkan modifier subdifision surface pada plane agar terlihat halus. hasil adalah sebagai berikut.
Tahap - 2 Membuat Warna Rumput
- Menambahkan warna rumput dengan material warna.
- Pada material properties > Add (+) > New Material > Pilih base color menjadi hijau rumput.
- Hasil mode viewport shading (material) adalah sebagai berikut:
Tahap - 3 Menambah Modifier
- Memberi efek rumput pada area yang sudah biberi warna hijau.
- Object Mode > pilih objek rumput yang sudah dibuat.
- Tambahkan modifier > Particle System.
- Secara default akan ada 1 gelembung di area rumput. Selanjutnya adalah pengaturan particle pada bagian partilcle properties.
Baca Juga : Pahami 7 Perbedaan Animasi 3D dan 2D Sebelum Memulai Proyek Pertamamu
Tahap - 4 Particle System
- Mengatur particle yaitu memilih jenis partikel apa yang dipakai, dalam hali ini
- Pilih tipe hair, karena rumput seperti membuat rambut maka pilih hair.
- Hair Length adalah panjang dari rumput kali ini akan membuat 0.1 (nol titik satu) artinya membuat panjang 10 cm.
- Pada tab Children aturlah amount = 230. Nilai ini tergantung dari besar area yang kamu buat tidak harus sama.
Display amount adalah nilai ketika di dalam view port.
Render amount adalah jumlah ketika rumput di render(hasil output). - Bagaimana hasilnya sudah menyerupai rumput atau belum? jika belum sesuaikan panjang, segment dan lainnya dalam particle properties tersebut.
- Tambahkan objek yang kamu punya misalnya bola dan render hasilnya kurang lebih seperti berikut ini.