BERITA CREATIVE, DESAIN & MULTIMEDIA Tutorial Membuat Karakter 3D Model Dengan Software Maya

Tutorial Membuat Karakter 3D Model Dengan Software Maya

Oleh Robert Buwono Kencono | Kamis, 23 September 2021

Tutorial Membuat Karakter 3D Model Dengan Software Maya

3D Modelling adalah proses untuk menciptakan objek 3D yang ingin dituangkan dalam bentuk visual nyata, baik secara bentuk, tekstur, dan ukuran objeknya. Dalam Kasus ini banyak yang ingin dapat membuat karakter 3D, tetapi sebagian besar mengurung niat mere

Yuk, belajar di GAMELAB ACADEMY, belajar kapan saja, di mana saja. Kurikulum berbasis industri. Dapatkan SERTIFIKAT ketika kamu sudah selesai!

Yuk, ikuti program inovatif MAGANG ONLINE untuk berbagai bidang seperti animasi, coding, 3D, illustrasi, musik dan bisnis hanya di GAMELAB.ID!

Daftar Isi Artikel

  Kali ini saya akan memberikan tutorial pembuatan animasi 3D mengikut beberapa step, yaitu Create Model, Rigging , dan Texture. Saya tidak mencantumkan tutorial untuk pelanjutan pembuatan boner dan Animasinya, dikarenakan itu adalah tahap untuk melanjutkan 3D karakter dijadikan Animasi. Untuk Software yang saya pakai adalah Maya. Saya tidak menggunakan bleder ataupun zbrush dikarenakan saya ingin menunjukan pembuatan karakter secara manual. Sehingga pembaca dalam mengikuti dan membuat 3D karakter sesuai tahap yang diberikan.

Langkah 1 – Cari Referensi

Untuk Tahap ini kalian bebas untuk memilih atau membuat karakter berdasarkan imajenasi kalian sendiri. Untuk tutorial kali ini saya akan membuat 3D karakter dari animasi Digimon yaitu Veemon.

Langkah 2 – Pembuatan Bentuk Kepala

Untuk tahap awal biasanya dibuat melalui kepala lalu lanjut hingga kaki. Untuk membuat pola wajah, gunakan Polygon Cube dan tambahkan Tools Smooth agar mudah dibentuk.  Lalu Bentuk kubus yang telah diSmooth menyesuaikan dengan bentuk kepala dengan menggunakan Multi Cut Tools. Tools ini berfungsi untuk menambahkan bentuk pola sesuai keinginan kita. Disarankan tidak terlalu banyak pola yang dibuat, dikarenakan bentuk tidak akan sesuai jika terlalu banyak pola.

Selanjutnya Hapus setengah kepala dan gunakan Duplicate Special. Caranya klik object yang akan diduplikasi kemudian masuk edit > Duplicate special klik bagian stroke kotak putih, pastikan Geometry Type yang digunakan Interface dan ikuti ukuran scale yang ada dibawah. Kemudian klik tombol apply.

  Setelah Di Appy akan ada duplikasi object kiri dari sisi kanan. Gunakan Extrude untuk membentuk object agar dapat membentuk object yang diinginkan.

4-min

Lanjutkan Bentuk Kepala dengan menggunakan tool – tool yang ada diatas sehingga membentuk pola kepala. Jika dibutuhkan referensi, kalian bisa mengimport contoh gambar dan mentracing jika hasil ingin lebih proposi.

 

Langkah 3 – Pembuatan Bentuk

Lalu untuk bagian badan, tools yang digunakan tidak jauh beda dengan pembuatan kepala. Hanya saja, perlu untuk menambahkan bagian tangan dan kaki. Tools Smooth, Duplicate Special, Multi-Cut Tool, dan Extrude untuk membentuk badan karakter. Setelah semua object telah dibuat Combine semua object menjadi satu hingga object berwarna hijau. Lalu gunakan fungi Merget untuk menyatukan vertex bekas duplikasi 2 object.

  Tambahkan Juga Bagian Mata, untuk pembuatannya menggunakan Polygon Sphere, atur bentuk bola menjadi seperti bola mata pada karakter. Gunakan fungsi duplicate special agar bola mata kiri dan kanan sama rata.

Langkah 4 – UV Modeling

Dalam Langkah awal untuk memotong 3D Karakter agar dapat melakukan texturing yaitu ubah tampilan menjadi Front Dengan Tahan Spasi + klik kanan lalu pilih Front Side. Kemudian klik UV ditoolbar, pilih Camera Based guna untuk mengambil gambar 3D yang ada pada karakter.

  Pilih Edge tiap sisi yang mau dibuka, guna ketika pemberian warna dan texturing pada karakter jauh lebih muda daripada memberikan warna langsung pada 3d karakter. Untuk membuka hingga object dapat diwarnai dapat menggunakan Cut UV Edges, sedangkan untuk menghilangkan garis perpotongan menggunan Sew UV Edges.

Ketika kalian sudah memotong seluruh bagian untuk dijadikan texuture tekan tombol Ctrl + U (Untuk unfold tiap bagian bagian karakter) dan tekan Ctrl + L (Untuk Melayout bagian karakter). Berikut adalah hasil UV Modeling yang telah dipotong untuk masuk di metode texturing.

 

Baca Juga : SIB Gamelab Indonesia: Mengubah Mindset, Membangun Skill

Langkah 5 – Texturing

Dalam Langkah ini saya menggunakan Software pendukung untuk mewarnai texture pada karakter ini dengan menggunakan Adobe Photoshop. Dengan mengikuti pola object yang telah ditata rapi untuk diwarnai.

  Import Texture yang telah dibuat kedalam 3D karakter dengan cara new material pada object karakter yang pilih tombol import yang ada pada sisi kanan color.

Maka hasil dari import texture adalah seperti ini.  Perhatian, untuk UV sudah tidak perlu di CTRL + U dan CTRL + L karena bagian karakter sudah tertata rapi. Jika tombol tersebut diulangi lagi, maka texture akan berubah dari hasil bagian bagian karakter yang kalian buat.

Jika Kita Kembali ke panel yang sebelumnya, Wuawwwww karakter 3D Karakter sudah jadi dan siap untuk dianimasikan. Jika kalian kurang puas dengan hasilnya, kalian bisa menambahkan jika kalian ada waktu luang, dalam konsep modelling semakin banyak waktu yang kalian buang dalam pembuatan 3D semakin bagus hasil yang diberikan.

 


Robert Buwono Kencono

Robert Buwono Kencono

Kamis, 23 September 2021

ARTIKEL TERKAIT

Magang lebih mudah dan bisa dilakukan dari mana saja dengan Program Magang Online Gamelab. Magang Bersertifikat, plus Pelatihan!

DAFTAR MAGANG

ARTIKEL POPULER

TAGS

KATEGORI