Pada dunia nyata kita melihat perbedaan cuaca, misal-nya ada cuaca terang dan mendung, bisa juga siang, pagi, sore, dan malam. Kemudian efek cuaca tersebut akan mempengaruhi pencahayaan pada objek. Karena keadaan cuaca maka kita bisa melihat benda yang berbeda yaitu terang, redup sampai gelap. Dari analogi cuaca ini dapat di terapkan pada render 3D untuk membantu pencahayaan pada aplikasi Blender yaitu fitur Dynamic Sky.
Dynamic Sky akan mempermudah proses pencahayaan yang merata pada objek meskipun tanpa penggunaan objek lighting (lamp). Jadi hanya mengandalkan lighting World menggunakan Dynamic Sky. Perlu kita ketahui Properties World asli-nya sudah ada tetapi masih kurang dinamis, cuma ada satu warna. Tetapi dengan Dynamic Sky kita dapat membuat warna langit, awan, cahaya maupun horizon.
Kita akan mengubah pencahayaan pada World Properties dari World menjadi Dynamic Sky. Jadi perhatikan dan simak penjelasan berikut ini.
Dynamic Sky
Apa Itu Dynamic Sky?
Dynamic Sky adalah sebuah Add-ons pada software blender yang berfungsi untuk mempermudah dalam pencahayaan. Add-ons pencahayaan ini dapat di gunakan untuk membuat cahaya yang merata pada objek ruangan maupun objek luar ruangan dan sejenis-nya dengan cepat dan mudah tanpa menggunakan objek light seperti sun, area, point, dsb. Pada dasar-nya Dynamic Sky adalah pembuatan cahaya menggunakan Sun dan Sky yang memiliki banyak opsi tambahan yang bisa di lakukan.
Penggunaan Dynamic Sky akan sangat berguna ketika melakukan proyek cepat tetapi membutuhkan hasil pencahayaan yang cukup bagus, karena hanya dengan beberapa klik saja bisa mengatur pencahayaan yang cukup bagus. Sehingga pengguna tidak perlu banyak memakan waktu untuk mengatur pencahayaan dan bisa lebih fokus pada hal yang lain.
Ketika pengguna ingin melakukan settings pencahayaan pada objek yang sudah di buat menjadi style cahaya siang dan malam, dengan menggunakan objek lighting, maka akan membutuhkan waktu yang banyak untuk mengatur posisi lighting. Tetapi jika menggunakan Add-ons Dynamic Sky akan menjadi lebih mudah dan cepat.
Hasil Yang Berbeda
Dynamic Sky dan objek lighting sangat berbeda, karena objek ligting berguna untuk membuat cahaya pada tempat yang ingin di beri cahaya, tetapi kalau menggunakan Add-ons Dynamic Sky maka akan mengubah cahaya pada dunia atau langit. Sehingga cahaya terlihat lebih merata.
Misal-nya pencahayaan menggunakan objek point tanpa Add-ons Dynamic sky akan menghasilkan cahaya yang tidak merata(bagian gelap) pada sebuah objek dan memiliki backgorund biasa. Sedangkan ketika menggunakan Add-ons Dynamic Sky tanpa menggunakan objek lighting maka akan ada cahaya yang merata pada suatu objek dan terdapat backgorund langit meski tidak menggunakan HDRI.
Bagaimana Pemasangan Dynamic Sky?
Cara menggunakan Add-ons Dynamic Sky pada software blender. Penggunaan Dynamic Sky bisa di gunakan setelah pengguna memasang atau mengkatifkan Dynamic Sky.
Cara melakukan pemasangan Dynamic Sky : Masuk ke menu Edit > pilih Preferences > pilih Add-ons > cari Dynamic Sky > Ceklist > Save Preferneces.
Cara Penggunaan
Setelah pengguna sudah mengaktifkan Add-ons Dynamic Sky, pengguna bisa melakukan setting cahaya menggunakan Dynamic Sky dengan cara masuk ke menu properties atau bisa Tekan N pada Keyboard > pilih menu Create > Tekan tombol Create.
Setelah melakukan Create maka sudah berhasil membuat Dynamic Sky, tetapi belum bisa di lihat karena dalam World Properties masih belum diubah menjadi Dynamic Sky. Jadi harus mengubah dari World menjadi Dynamic Sky
.
Ketika sudah di rubah menjadi Dynamic Sky maka akan muncul menu Dynamic Sky pada Properties, pengguna bisa melakukan settings sesuai dengan kebutuhan-nya.
Pengaturan Kekuatan Cahaya
Untuk merubah kekuatan cahaya terang atau redup pada World yaitu dengan cara mengubah nilai Strength di world properties
, sesuai dengan kebutuhan.
Berikut adalah contoh hasil dari pengubahan nilai Strength pada World Properties.
Baca Juga : Mini Retro Arcade 3D Creation in Blender and Adobe Substance Painter
Hasil Rendering
Setelah Dynamic Sky di terapkan maka akan langsung berubah mode render-nya dari Evee menjadi Cycles. Kemudian pengguna bisa mengatur Max Sampling
sesuai kebutuhan, jika ingin hasil tidak terdapat Noise atau titik-titik pada gambar maka aktifkan juga Denoise.
Jika pengguna ingin melihat hasil dari Dynamic Sky, maka bisa masuk ke Mode Viewport Shading Rendered
.
kemudian jika settings dan camera sudah sesuai lakukan render gambar dengan cara Tekan tombol F12 atau tekan menu Render > pilih Render Images.
Untuk versi blender sekarang 3.4.1, Dynamic Sky tersedia pada menu Add-ons blender, pengguna tinggal melakukan pengaktifan pada menu Add-ons.
Penggunaan Add-ons ini sangat penting jika tidak ingin ribet melakukan settings pencahayaan dan backgorund secara manual.
"Jangan Hanya Membayang-kan, Langsung Praktik-kan, Kemudian Jadikan kebiasa-an"