Core Loop adalah salah satu bagian terpenting di dalam game. Idealnya, sejak perancangan game dilakukan, core loop menjadi tumpuan utama di dalam siklus utama pengembangan game. Game Designer bertugas untuk menentukan mekanik utama game dengan menentukan core loop yang dipakai.
CLASH OF CLANS GAME CORE LOOP
Sebagai contoh, kita akan melihat core loop dari game Clash of Clans berikut ini:
Pemain harus mengoleksi Gold dan Elixir ("Collect Coins & Elixir"):
- + Gold (tambah gold)
- + Elixir (tambah elixir)
kemudian pemain juga bisa melakukan 2 hal lainnya, pertama Build & Train:
- - Gold (minus gold)
- - Elixir (minus elixir)
terakhir pemain dapat melakukan Battle:
- + Gold (tambah gold)
- - Elixir (minus elixir)
- + Ranking (ranking naik)
PENGEMBANGAN BERDASARKAN CORE LOOP
Dari core loop di atas, kita bisa mengembangkan game menjadi lebih menarik. Tetapi biasanya, sebelum kita mengembangkan lebih lanjut, tahapan prototyping juga harus dilakukan. Selama proses prototyping, kita menguji apakah core-loop di atas sudah menyenangkan (fun) atau belum.
Setelah selesai melakukan pengujin core loop tersebut dan berhasil memproduksi FUN, maka kita bisa melanjutkan pengembangan perancangan game seperti contohnya berikut ini:
Baca Juga : Mau Berkarir di Bidang Pengembangan Game? Ini Posisi Karir yang Bisa Kamu Pilih!
KESIMPULAN CORE LOOP
Intinya adalah ketika kita melakukan perancangan game, maka pikirkanlah core loopnya. Core loop kemudian diujikan apakah fun jika dimainkan (bisa lewat prototype). Terakhir, kita bisa melakukan pengembangan secara menyeluruh desain game sampai menjadi Game Design Document yang utuh.
Kita lihat hasil akhir dari game Clash of Clans seperti ini: