Di era digital saat ini, kini juga berdampak besar dalam dunia perdagangan. Kini sudah mulai banyak ditemukan berbagai macam platfrom market yang mudah di gunakan untuk menjajakan paruduk dengan mudah dengan jangkauan yang lebih luas.
Untuk menjajakan produk melalui digital, di butuhkan keahlian dalam bidang digital marketing, sehingga dapat lebih mudah menarik para pembeli untuk percaya akan produk yang dijajakan.
Nah, keahlian yang harus dimiliki dalam digital marketing ini salah satunya yaitu Copywrite. Lalu, apa sih yang dimaksud dengan copywriting itu ? Berikut adalah penjelasannya :
Apa Itu Copywriting ?
Copywriter adalah profesi yang termasuk dalam ruang lingkup bidang advertising komersial. Seiring dengan perkembangan ekonomi global, pemasaran melalui media internet menjadi salah satu pilihan yang efektif untuk mempromosikan bisnis saat ini atau yang juga dikenal dengan digital marketing.
Tugas Copywriting
Tugas copywriter di dalam dunia digital marketing adalah membuat naskah atau teks persuasif untuk sebuah produk maupun jasa. Selain itu, seorang copywriter harus mampu menyediakan tagline baik berupa lisan atau tulisan dan hal ini tentu saja membedakan dengan jasa penulis biasanya.
Karena bisnis online menggunakan media tulisan untuk menghadapi para calon pembeli. Sederhananya menggunakan copywriting untuk bisnis online sama seperti menggunakan salesman agar bisa menarik calon konsumen supaya mau membeli produk barang maupun jasayang dijajakan atau bahkan untuk bergabung dalam komunitas yang dimiliki.
Sama halnya dengan jasa salesman, hanya saja salesman ini dalam bentuk tulisan.
Skills Yang Harus Dimiliki Copywriting
Untuk menjadi Copywriting yang berkualitas, tentu dibutuhkan skills yang mumpuni juga. Berikut adalah beberapa skills yang perlu di kuasi untuk para calon copywriting, yaitu :
1. Kenali Terlebih Dahulu Audiens-nya
Hal pertama yang wajib untuk di lakukan ialah dengan mengenali audiens terlebih dahulu. Karena dengan mengenal audiens terlebih dahulu, kita bisa mengetahui lebih dalam tentang apa yang sedang mereka rasakan dan apa yang sedang mereka butuhkan. Sehingga kita dapat mudah menempatkan pasaran yang dituju.
2. Kuasai Semua Manfaat Serta Fitur Utama Produk Yang Akan Dipasarkan
Dengan kita menguasai fitur dan manfaat apa yang akan kita pasarkan, maka akan memudahkan kita untuk memasarkan produk dengan leluasa.
3. Buat Proposisi Penjualan Yang Lebih Baik Dan Menarik
Dengan kita mampu membuat sebuah proposisi penjualan dengan lebih baik dan semenarik mungkin, bahkan lebih unik maka kita akan dngan mudah mendapatkan perhatian dari para customer.
Karena dengan adanya banyak pesaing saat ini memang membuat pemasaran terbilang lebih sulit. Maka dari itu membuat proposi yang menari dan bahkan unik kita akan mendapatkan nilai plus tersendiri untuk para customer yang melihat, sehingga mereka tertarik untuk membeli produk yang kita pasarkan.
4. Perluas Pengetahuan
Dengan memperluas pengetahuan, Kita bisa membuat sebuah tulisan yang berbobot dan berisi. Tak hanya itu, bahkan para pembaca juga bisa paham dengan maksud dan tujuan yang Kamu sampaikan di dalamnya.
Siapa yang Menggunakan Copywriting ?
Yang menggunakan Copywiting ini biasanya para blogger, pengusaha, marketer, atau untuk siapa saja yang memang ingin menarik pembaca dengan jumlah lebih banyak dengan memanfaatkan tulisan.
Itulah beberapabebrapa jabaran tentang copywriting , semoga membantu kamu uyang berminat menjadi copywriting yang handal.
Baca Juga : 6 Strategi Psikologi Marketing Terlarang, Tapi Bikin Ramai Bisnismu!
Sumber :