BERITA KUNJUNGAN INDUSTRI Serunya Kunjungan Industri SMA IT Nur Hidayah ke GAMELAB

Serunya Kunjungan Industri SMA IT Nur Hidayah ke GAMELAB

Oleh Rifka Amalia | Rabu, 13 September 2023

Serunya Kunjungan Industri SMA IT Nur Hidayah ke GAMELAB

SMA IT Nur Hidayah melakukan Kunjungan Industri ke kantor Gamelab Indonesia pada Rabu, 13 September 2023. Para siswa dengan antusias menyambut agenda kegiatan kunjungan itu.

Yuk, ikuti program inovatif MAGANG ONLINE untuk berbagai bidang seperti animasi, coding, 3D, illustrasi, musik dan bisnis hanya di GAMELAB.ID!

Ciptakan lingkungan belajar yang lebih MENYENANGKAN dengan GAME-BASED LEARNING!

Daftar Isi Artikel

Kunjungan Industri SMA Islam Terpadu (IT) Nur Hidayah Sukoharjo ke kantor Gamelab yang berlokasi di Jalan Kalisombo, Nomor 18, Salatiga, Kecamatan Sidorejo, Kota Salatiga, Jawa Tengah, berjalan lancar pada hari ini, Rabu, 13 September 2023. Kunjungan ini bertujuan untuk mengenalkan dunia industri kepada siswa-siswi menengah.

Mengenal Perusahaan Industri Kreatif

Agenda Kunjungan Industri dimulai dengan pengenalan perusahaan yang bergerak di industri kreatif kepada siswa-siswi SMA IT Nur Hidayah, dalam hal ini PT Educa Sisfomedia Indonesia yang memiliki dua startup aktif yakni Educa Studio dan Gamelab Indonesia.

Seminar pengenalan industri kreatif ini dipandu oleh Kak Nia selaku perwakilan dari Gamelab. Kak Nia juga memberikan gambaran pekerjaan di bidang kreatif yang di masa depan bisa ditekuni oleh adik-adik SMA IT Nur Hidayah.

Kunjungan Industri SMA IT Nur Hidayah - GAMELAB

Sebagai siswa yang menimba ilmu di pendidikan Sekolah Menengah Atas, kelak siswa-siswi tersebut bisa melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi untuk mengukuhkan pengetahuan dan keterampilan mereka di bidang industri kreatif.

Di era digital seperti saat ini, profesi di bidang industri kreatif menjadi satu di antara pekerjaan yang menjadi incaran anak-anak muda. Misalnya, bidang pengembangan game dan animasi yang tak hanya memberikan hiburan interaktif kepada audiens, tapi juga bisa dimanfaatkan di berbagai bidang.

Sebagai contoh, perusahaan Educa Studio merupakan startup yang memiliki spesialisasi pada pengembangan software dan game edukasi. Educa adalah media pengembang konten dan teknologi pendidikan yang menghasilkan produk berupa game edukasi yang bisa diakses oleh seluruh kalangan di penjuru Nusantara.

Dengan mengusung visi memaksimalkan teknologi untuk menciptakan proses belajar yang CEMUMU (cepat-tepat, mudah-murah, dan muenyenangkan), Educa berkomitmen memberikan dampak signifikan bagi dunia pendidikan.

Educa Studio memiliki produk-produk andalan, seperti Marbel (Mari Belajar), Riri (Cerita Anak Inspiratif), Kabi (Kisah Teladan Nabi), dan Kolak (Lagu Anak Indonesia). Produk-produk tersebut berbasis game, buku, dan animasi.

Di sisi lain, startup Gamelab Indonesia di bawah PT Educa Sisfomedia Indonesia merupakan lembaga atau platform pendidikan dan pelatihan yang membantu mengoptimalkan keterampilan di bidang digital seperti teknologi, desain grafis/multimedia, dan bisnis pemasaran.

Gamelab memiliki sejumlah produk seperti magang/PKL, kelas akademi, pelatihan intensif (bootcamp) Prakerja, kelas industri SMK, hingga karir. Gamelab berkomitmen membantu siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dan sederajat, mahasiswa, serta para pencari kerja untuk mengoptimasi skill digital mereka melalui berbagai program yang ditawarkan.

Kunjungan Industri SMA IT Nur Hidayah ke Gamelab bertujuan untuk memberikan gambaran nyata terkait bagaimana industri kreatif berproses di dunia kerja.

Kunjungan Industri SMA IT Nur Hidayah - GAMELAB

Webinar dengan Ilustrator Profesional

Bukan sekedar dikenalkan dalam bentuk cerita. Adik-adik SMA IT Nur Hidayah juga diberi kesempatan untuk berdiskusi dengan ahli di bidangnya. Mereka berkesempatan mendapatkan pengetahuan dari Galih Aulia, Senior dan Leader Illustrator di Educa Studio yang ahli dan berpengalaman di bidang desain grafis, ilustrasi vektor, dan komik digital.

Kak Galih pun memaparkan tentang bagaimana proses animasi dibuat. Mulai dari tahapan persiapan hingga hasil akhirnya. Pengenalan terhadap proses produksi ini tentu menjadi hal penting yang memberikan bayangan pekerjaan sebagai seorang animator kepada siswa-siswi SMA IT Nur Hidayah.

Kunjungan Industri SMA IT Nur Hidayah - GAMELAB

Mencoba Game VR Seru dan Showcase Animasi

Siswa-siswi SMA IT Nur Hidayah terlihat paling bersemangat saat mendapatkan peluang untuk mencoba game virtual reality (VR) di Gamelab. Secara bergantian, mereka mencoba permainan yang menghadirkan realitas visual dan memberikan pengalaman unik serta mendalam kepada penggunanya.

Kunjungan Industri SMA IT Nur Hidayah - GAMELAB

Tak kalah seru, mereka juga diperbolehkan menyaksikan showcase animasi buatan Educa Studio. Senyum sumringah tampak terpancar di wajah antusias adik-adik sekolah menengah tersebut.

Kunjungan Industri SMA IT Nur Hidayah - GAMELAB

Baca Juga : Institut Budi Utomo Nasional dan SMK MEC Majalengka Mendapat Wawasan Entrepreneurship oleh CEO GAMELAB

Penutup

Wawasan dan pengetahuan tentang dunia kreatif yang didapatkan oleh siswa-siswi SMA IT Nur Hidayah diharapkan memberikan gambaran yang jelas tentang dunia kerja di bidang kreatif digital. Keseruan Kunjungan Industri di Gamelab juga bisa menjadi pengalaman berharga bagi mereka agar kian termotivasi untuk persiapan menggapai karir di bidang ini.

Tentu saja, keseruan tersebut juga bisa kamu dapatkan dengan cara mengajak sekolahmu untuk bekerja sama dengan GAMELAB dalam program Kunjungan Industri. Yuk, hubungi link ini untuk mengagendakan kunjungan sekolahmu.


Rifka Amalia

Rifka Amalia

Rabu, 13 September 2023

ARTIKEL TERKAIT

Magang lebih mudah dan bisa dilakukan dari mana saja dengan Program Magang Online Gamelab. Magang Bersertifikat, plus Pelatihan!

DAFTAR MAGANG

ARTIKEL POPULER

KATEGORI