BERITA KUNJUNGAN INDUSTRI Kunjungan Industri SMK Ibnu Khaldun Cirebon ke Gamelab Indonesia

Kunjungan Industri SMK Ibnu Khaldun Cirebon ke Gamelab Indonesia

Oleh Rifka Amalia | Senin, 2 Oktober 2023

Kunjungan Industri SMK Ibnu Khaldun Cirebon ke Gamelab Indonesia

Pada Rabu, 27 September 2023, SMK Ibnu Khaldun Cirebon melakukan Kunjungan Industri ke kantor Gamelab Indonesia. Kunjungan berjalan lancar dengan antusiasme peserta.

Ciptakan lingkungan belajar yang lebih MENYENANGKAN dengan GAME-BASED LEARNING!

Yuk, ikuti program inovatif MAGANG ONLINE untuk berbagai bidang seperti animasi, coding, 3D, illustrasi, musik dan bisnis hanya di GAMELAB.ID!

Daftar Isi Artikel

SMK Ibnu Khaldun Cirebon melakukan Kunjungan Industri sebagai agenda dari kegiatan sekolah ke Gamelab Indonesia (GAMELAB) di Salatiga, Jawa Tengah. Kunjungan ini diikuti oleh siswa-siswa jurusan Animasi yang berjumlah 55 orang dengan 5 guru pendamping.

Berkenalan dengan Industri Kreatif

Agenda Kunjungan Industri dibuka dengan pengenalan kepada industri kreatif yang dipimpin oleh perwakilan Gamelab Kak Nia. Adik-adik SMK Ibnu Khaldun Cirebon diberikan gambaran pekerjaan di bidang kreatif yang di masa depan bisa mereka geluti.

Industri kreatif diketahui berkembang pesat di tengah perkembangan digitalisasi zaman. Sektor kreatif juga sangat luas, meliputi bidang seni, desain, teknologi, media, dan masih banyak lainnya.

Dalam ekonomi global, sektor industri kreatif diyakini membantu pertumbuhan ekonomi yang signifikan di sejumlah negara. Satu di antara contoh perusahaan yang bergelut di bidang industri kreatif adalah PT Educa Sisfomedia Indonenesia.

PT Educa Sisfomedia Indonesia memiliki dua startup, yakni Educa Studio dan Gamelab Indonesia. Kepada adik-adik SMK Ibnu Khaldun Cirebon, Kak Nia memaparkan tentang seperti apa perusahaan Educa Studio dan Gamelab, serta bagaimana peran dua startup itu di bidang teknologi dan digital kreatif.

Kunjungan Industri SMK Ibnu Khaldun - Gamelab

Educa Studio adalah perusahaan yang berfokus pada pengembangan software dan aplikasi pendidikan untuk menciptakan media belajar yang seru berbasis permainan (game). Educa menyebutnya sebagai Cemumu, yakni cepat tepat, mudah murah, serta muenyenangkan.

Imbuhan huruf "u" dalam kata menyenangkan menggambarkan bagaimana Educa sangat ingin membuat anak-anak merasa senang dalam proses belajar. Khususnya bagi anak-anak usia dini (2-6 tahun).

Beberapa produk unggulan Educa antara lain Mari Belajar (Marbel), Cerita Anak Inspiratif (Riri), Kisah Teladan Nabi (Kabi), dan Lagu Anak Indonesia (Kolak).

Sementara Gamelab Indonesia merupakan platform pendidikan dan pelatihan yang bertujuan untuk meningkatkan keterampilan para pesertanya di bidang teknologi, desain, dan bisnis.

Gamelab memiliki produk unggulan yakni SMK Binaan atau Kelas Industri yang bertujuan membantu mencetak lulusan SMK siap kerja. Selain itu, produk lain Gamelab yakni kelas akademi, pelatihan prakerja, hingga magang online bersertifikasi.

Pengenalan industri kreatif kepada siswa-siswi SMK Ibnu Khaldun tentu membantu memberikan gambaran tentang seperti apa industri kreatif di pasar kerja dan bahwa subsektor bidang ini sangatlah luas. 

Rombongan Kunjungan Industri SMK Ibnu Khaldun juga berkesempatan bertemu dengan CEO PT Educa Sisfomedia Indonesia Andi Taru dan berkesempatan berdiskusi bersama.

Kunjungan Industri SMK Ibnu Khaldun - Gamelab

Webinar Proses Produksi Animasi

Kegiatan kunjungan dilanjutkan dengan sesi webinar bersama animator Educa Studio, Kak Galih. Dalam hal ini, Kak Galih menjelaskan kepada siswa-siswi SMK Ibnu Khaldun mengenai bagaimana proses penciptaan sebuah animasi. Ia menjelaskan prosesnya mulai dari tahapan perencanaan hingga proses akhir.

Penjelasan dari Kak Galih tentu membuat adik-adik SMK Ibnu Khaldun jurusan Animasi semakin memahami pekerjaan yang mungkin akan digeluti oleh mereka pasca-lulus nanti. 

Melihat Showcase Animasi dan Game VR

Bagian paling membuat mereka bersemangat adalah ketika adik-adik SMK Ibnu Khaldun dibolehkan menonton showcase animasi dan mencoba game virtual reality (VR).

Kesempatan itu membuat mereka bisa melihat hasil nyata dari sebuah produksi animasi dan game di industri kreatif. Tampak antusiasme dan semangat, bergejolak di wajah adik-adik SMK Ibnu Khaldun.

Kunjungan Industri SMK Ibnu Khaldun - Gamelab

Apalagi, ketika mencoba game VR, mereka bisa merasakan pengalaman mendalam seolah masuk ke dunia fantasi digital yang berada dalam game tersebut. Teknologi VR memang menjadi sebuah gebrakan di industri game karena kecanggihannya.

Dengan menggunakan headset VR, pengguna akan dibawa masuk ke lingkungan 3 dimensi seolah-olah ia benar berada di sana. Tak heran jika mereka yang bermain game VR bisa berteriak-teriak hingga berjingkrak-jingkrak saking larutnya dalam permainan.

Kunjungan Industri SMK Ibnu Khaldun - Gamelab

Baca Juga : GAMELAB Melaksanakan Monitoring Program Kelas Industri untuk Meningkatkan Kompetensi Siswa SMK PGRI 1 Jombang

Penutup

Kunjungan Industri di Gamelab Indonesia tentu menjadi sebuah pengalaman berharga bagi adik-adik SMK Ibnu Khaldun. Dengan berkenalan lebih dalam mengenai industri kreatif bisa sekaligus memberikan bayangan dan pertimbangan terkait karier masa depan mereka.

Gambaran-gambaran pekerjaan di industri kreatif bisa membantu siswa-siswi SMK untuk menimbang-nimbang apakah mereka ingin bergelut di bidang tersebut atau tidak jika kelak lulus SMK.

Tentu, serunya Kunjungan Industri ini juga bisa kamu rasakan. Kamu bisa mengajak sekolahmu untuk bekerja sama dengan Gamelab dengan cara menghubungi link ini agar bisa melakukan Kunjungan Industri seperti yang dilakukan siswa-siswi SMK Ibnu Khaldun Cirebon.


Rifka Amalia

Rifka Amalia

Senin, 2 Oktober 2023

ARTIKEL TERKAIT

Magang lebih mudah dan bisa dilakukan dari mana saja dengan Program Magang Online Gamelab. Magang Bersertifikat, plus Pelatihan!

DAFTAR MAGANG

ARTIKEL POPULER

KATEGORI