BERITA SMK Upskill Ilmu Desain, SMKN 1 Simpang Empat UKK Desain Grafis bersama Gamelab Indonesia

Upskill Ilmu Desain, SMKN 1 Simpang Empat UKK Desain Grafis bersama Gamelab Indonesia

Oleh Vincentius Dimas | Rabu, 15 Mei 2024

Upskill Ilmu Desain, SMKN 1 Simpang Empat UKK Desain Grafis bersama Gamelab Indonesia

SMKN 1 Simpang Empat dan Gamelab Indonesia bekerja sama untuk mengadakan Uji Kompetensi Keahlian (UKK). Mari ketahui lebih lanjut apa itu UKK dalam artikel berikut.

Ciptakan lingkungan belajar yang lebih MENYENANGKAN dengan GAME-BASED LEARNING!

Yuk, belajar di GAMELAB ACADEMY, belajar kapan saja, di mana saja. Kurikulum berbasis industri. Dapatkan SERTIFIKAT ketika kamu sudah selesai!

Daftar Isi Artikel

Di era modern ini, kebutuhan akan pendidikan SMK yang relevan dengan industri menjadi semakin penting. Hal ini dikarenakan dunia industri terus berkembang dengan pesat, dan membutuhkan tenaga kerja yang memiliki keterampilan dan pengetahuan yang mutakhir. Oleh karena itu, kerja sama antara SMK dan industri menjadi sangatlah krusial.

Maka untuk menanggapi hal tersebut, SMKN 1 Simpang Empat menggandeng Gamelab Indonesia untuk mengadakan UKK (Uji Komptensi Keahlian) Desain Grafis pada 25-26 Maret 2024. Pada kesempatan ini, UKK diikuti oleh siswa jurusan Desain Komunikasi Visual dan hasilnya sangat memuaskan. Mari kita ketahui bersama apa itu UKK dan apa benefitnya.

Tentang UKK

Ujian Kompetensi Keahlian (UKK) dalam pendidikan kejuruan bukan hanya tes biasa. UKK memiliki dua fungsi utama, yaitu sebagai penilaian akhir dan penentu kelulusan bagi siswa. Selain itu, hasil UKK menjadi dasar untuk sertifikasi kompetensi yang sangat dihargai oleh dunia kerja sebagai bukti konkret dari kemampuan siswa yang mengikuti UKK.

UKK juga berfungsi sebagai penghubung antara sekolah dan dunia kerja. Dengan melibatkan penilaian dari para praktisi di industri, UKK dapat memastikan bahwa siswa memiliki keterampilan yang sesuai dengan kebutuhan nyata di lapangan kerja. Jadi, manfaat UKK ini tidak hanya untuk siswa yang siap bekerja, tetapi juga untuk memastikan bahwa kurikulum pendidikan kejuruan selalu selaras dengan tuntutan pasar kerja.

Dok. Istimewa: SMKN 1 Simpang Empat - Gamelab.ID

Benefit UKK bersama Gamelab Indonesia

Di era pendidikan yang terus berubah dan berkembang, kerja sama antara lembaga pendidikan dan industri menjadi sangat penting untuk menghasilkan lulusan yang kompeten dan siap menghadapi dunia kerja. Oleh karena itu, UKK tidak hanya bermanfaat bagi siswa, tetapi juga bagi sekolah dan industri. Berikut adalah manfaat UKK yang berkolaborasi dengan Gamelab Indonesia:

Manfaat bagi Siswa

  • Evaluasi Kompetensi: UKK membantu siswa menilai sejauh mana mereka telah menguasai kemampuan yang diharapkan dalam bidang keahlian mereka.
  • Sertifikat Nasional: Siswa yang berhasil dalam UKK akan mendapatkan sertifikat kompetensi yang diakui secara nasional, sebagai bukti konkret atas kemampuan mereka.
  • Proses Sertifikasi yang Cepat: UKK mempercepat proses sertifikasi kompetensi, memungkinkan siswa memperoleh sertifikat yang dibutuhkan dengan lebih cepat.

Manfaat bagi Sekolah

  • Peningkatan Kualitas Lulusan: UKK membantu sekolah meningkatkan kualitas lulusan dengan memastikan mereka memiliki kompetensi yang sesuai dengan tuntutan industri.
  • Penguatan Kerjasama dengan Industri: UKK menjadi sarana untuk memperkuat kerjasama dengan dunia usaha dan industri, membuka peluang magang dan penempatan kerja bagi siswa.

Keunggulan UKK dengan Gamelab Indonesia

  • Materi UKK Sesuai dengan Standar Industri: Materi UKK disusun berdasarkan skema sertifikasi terbaru, memastikan bahwa kemampuan siswa sesuai dengan standar industri.
  • Ujian Berbasis Komputer: Ujian dilaksanakan secara online melalui sistem manajemen pembelajaran (LMS) Gamelab Indonesia, lebih efisien dan modern.
  • Sertifikat Digital: Sertifikat kompetensi yang diperoleh siswa tersedia dalam format digital, memudahkan verifikasi dan penyimpanan.

Dok. Istimewa: SMKN 1 Simpang Empat - Gamelab.ID

Tentang SMKN 1 Simpang Empat

Lewat kerja sama ini SMKN 1 Simpang Empat bisa dikatakan salah satu sekolah yang memahami betapa penting DUDIKA (Dunia Usaha dan Dunia Industri Kerja). Maka dengan begitu para siswa yang duduk di bangku SMKN 1 Simpang Empat kelak nanti akan menjadi siswa yang siap berkompetisi di industri. Berikut beberapa jurusan yang ada di SMKN 1 Simpang Empat:

  • Teknik Komputer dan Jaringan
  • Desain Komunikasi Visual
  • Teknik Kimia Industri
  • Teknik Kendaraan Ringan Otomotif
  • dan masih banyak lagi

Dok. Istimewa: SMKN 1 Simpang Empat - Gamelab.ID

Baca Juga : Menjembatani Pendidikan antara Industri, SMK YPK Paulus Dok Adakan UKK Animasi bersama GAMELAB

Menjadi SMK Binaan Gamelab Indonesia

Sejak 2011, Gamelab Indonesia telah berkomitmen untuk memenuhi kebutuhan talenta di industi. Saat ini Gamelab Indonesia juga telah menjadi pilihan utama bagi banyak pihak, termasuk pemerintah, sektor swasta, dan +300 SMK dan Perguruan Tinggi yang menjalin mitra. Berikut ketentuan sekolah yang bisa menjadi SMK Binaan Gamelab Indonesia:

  • Pengembangan Perangkat Lunak dan Gim (PPLG)
  • Rekayasa Perangkat Lunak (RPL)
  • Multimedia (MM)
  • Desain Komunikasi Visual (DKV)
  • Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ)
  • Bisnis Daring Pemasaran (BDP)
  • Otomatisasi & Tata Kelola Perkantoran (OTKP)
  • Akuntansi Keuangan dan Lembaga (AKL)

Apakah jurusanmu tercantum di atas? Ayo bergabung dengan SMK Binaan Gamelab Indonesia sekarang juga agar kamu mendapatkan "bocoran" keterampilan industri terkini. Jika ada pertanyaan atau ingin konsultasi terlebih dahulu, hubungi kami di sini.


Vincentius Dimas

Vincentius Dimas

Rabu, 15 Mei 2024

ARTIKEL TERKAIT

Magang lebih mudah dan bisa dilakukan dari mana saja dengan Program Magang Online Gamelab. Magang Bersertifikat, plus Pelatihan!

DAFTAR MAGANG

ARTIKEL POPULER

KATEGORI