BERITA SMK Menjembatani Pendidikan antara Industri, SMK YPK Paulus Dok Adakan UKK Animasi bersama GAMELAB

Menjembatani Pendidikan antara Industri, SMK YPK Paulus Dok Adakan UKK Animasi bersama GAMELAB

Oleh Vincentius Dimas | Kamis, 30 Mei 2024

Menjembatani Pendidikan antara Industri, SMK YPK Paulus Dok Adakan UKK Animasi bersama GAMELAB

SMK YPK Paulus Dok dan GAMELAB bekerja sama untuk mengadakan Uji Kompetensi Keahlian (UKK) Animasi. Mari ketahui lebih lanjut apa itu UKK dalam artikel berikut.

Yuk, belajar di GAMELAB ACADEMY, belajar kapan saja, di mana saja. Kurikulum berbasis industri. Dapatkan SERTIFIKAT ketika kamu sudah selesai!

Aktivitas di kantor membosankan?
Karyawan engangement kurang?
GAMIFIKASI-IN aja!

Daftar Isi Artikel

Dalam perjalanan panjang menuju pencerahan pendidikan yang merata di seluruh Indonesia, GAMELAB telah menjadi tiang yang kokoh dalam upaya menjembatani kesenjangan pendidikan dari Sabang sampai Merauke. Dengan tekad yang teguh, GAMELAB menghadirkan visi yang menginspirasi untuk memastikan bahwa setiap anak Indonesia memiliki kesempatan yang sama dalam mendapatkan pendidikan berkualitas, tanpa terkecuali dari wilayah mana pun. Maka dari itu, kerja sama yang erat antara GAMELAB dan SMK YPK Paulus Dok merupakan tonggak penting dalam perjalanan panjang ini.

Melalui program UKK Animasi yang digelar pada tanggal 13 - 14 Maret 2024, keduanya tidak hanya sekadar menciptakan peluang bagi para pelajar Jayapura untuk mengembangkan bakat dan kreativitas mereka dalam bidang animasi. Tetapi juga mewakili komitmen nyata untuk membangun jembatan pendidikan yang kuat, yang dapat menghubungkan berbagai potensi dari beragam daerah di Indonesia. Semoga dengan langkah-langkah konkret seperti ini, kita dapat melihat bahwa harapan akan pendidikan yang merata tidak lagi hanya sekadar impian, tetapi telah menjadi kenyataan yang dapat dirasakan oleh setiap anak bangsa.

Tentang UKK

UKK merupakan komponen penting dalam sistem pendidikan SMK di Indonesia. UKK berperan sebagai alat ukur untuk menilai kualitas pendidikan dan tingkat kompetensi yang diperoleh siswa selama masa belajar di SMK. Biasanya, UKK dilaksanakan di kelas 12, di akhir masa studi, dan menjadi salah satu syarat kelulusan bagi siswa SMK.

Bentuk UKK sendiri adalah ujian praktik kejuruan yang wajib diikuti oleh seluruh siswa SMK. Dalam ujian ini, siswa akan dihadapkan pada berbagai situasi dan tugas yang berhubungan dengan bidang keahlian mereka. Tujuannya adalah untuk mengukur kemampuan dan keterampilan yang telah mereka pelajari selama masa pendidikan, serta menilai kesiapan mereka untuk memasuki dunia kerja.

Dok. Istimewa: UKK Animasi - Gamelab.ID

Keunggulan UKK bersama GAMELAB

Kolaborasi antara sekolah dan industri dalam penyelenggaraan Uji Kompetensi Keahlian (UKK) menjadi kunci untuk menghasilkan lulusan SMK yang siap kerja dan kompeten. UKK yang diiringi kerja sama ini menawarkan berbagai manfaat signifikan bagi siswa, sekolah, dan industri. Sebagai berikut:

Manfaat bagi Siswa

  • Penilaian Kemampuan: UKK membantu peserta didik mengetahui dan mengukur tingkat penguasaan mereka dalam bidang keahlian tertentu. Melalui UKK, mereka dapat mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan mereka, sehingga dapat fokus pada pengembangan diri yang lebih terarah.
  • Sertifikat Nasional: Peserta didik yang berhasil lulus UKK akan memperoleh sertifikat kompetensi nasional yang diakui secara resmi. Sertifikat ini menjadi bukti nyata kemampuan mereka dan dapat meningkatkan daya saing mereka di dunia kerja.
  • Sertifikasi Cepat: UKK mempercepat proses sertifikasi kompetensi. Dibandingkan dengan metode lain, UKK memungkinkan peserta didik untuk memperoleh sertifikat lebih cepat, sehingga mereka dapat lebih cepat memasuki dunia kerja.

Manfaat bagi Sekolah

  • Meningkatkan Kualitas Lulusan: UKK membantu sekolah meningkatkan kualitas lulusannya dengan memastikan kompetensi mereka sesuai standar dan kebutuhan industri. Melalui UKK, sekolah dapat mengetahui kesenjangan antara kurikulum pendidikan dengan kebutuhan industri, sehingga dapat melakukan penyesuaian yang diperlukan.
  • Memperkuat Jalinan Industri: UKK memperkuat hubungan sekolah dengan dunia usaha dan industri. Kolaborasi dalam penyelenggaraan UKK membuka peluang magang dan penempatan kerja bagi para peserta didik. Sekolah dapat menjalin kerjasama dengan industri untuk menyediakan tempat magang dan lowongan pekerjaan bagi lulusannya.

Keunggulan UKK dengan GAMELAB

  • Materi UKK Relevan: Materi UKK disusun berdasarkan skema sertifikasi terbaru, sehingga dipastikan kemampuan peserta didik sesuai standar dan kebutuhan industri. Hal ini membantu peserta didik untuk lebih siap menghadapi dunia kerja.
  • Ujian Berbasis Komputer: Ujian UKK dilakukan secara online melalui sistem manajemen pembelajaran (LMS) GAMELAB. Sistem ini menjadikan proses UKK lebih efisien, modern, dan mudah diakses. Peserta didik dapat mengikuti ujian UKK dari mana saja dan kapan saja, selama mereka memiliki akses internet.

Dok. Istimewa: UKK Animasi - Gamelab.ID

Tentang YPK Paulus DOK

SMK YPK Paulus Dok, sebuah institusi pendidikan swasta yang didirikan di bawah naungan yayasan Kristen, terletak di kota Jayapura. Sejak didirikan, sekolah ini telah menjadi pusat pembelajaran yang berdedikasi untuk mempersiapkan generasi muda dengan nilai-nilai Kristiani yang kuat, sambil memberikan pendidikan berkualitas dalam berbagai bidang keterampilan dan pengetahuan. Dengan fasilitas modern, kurikulum yang terkini, dan staf pengajar yang berpengalaman, SMK YPK Paulus Dok telah menjadi tempat di mana siswa dapat tumbuh dan berkembang secara holistik, siap untuk menghadapi tantangan dunia modern dengan keyakinan dan kompetensi yang kuat.

Dok. Istimewa: Siswa SMK YPK Paulus Dok - Gamelab.ID

Baca Juga : Memahami Pentingnya UKK bersama Industri Terpercaya dalam Meningkatkan Kualitas Lulusan SMK

Menjadi SMK Binaan GAMELAB

GAMELAB telah berkiprah sejak 2011 sebagai mitra terpercaya dalam menghasilkan talenta industri yang unggul. Dedikasi GAMELAB dibuktikan dengan kerjasama strategis dengan berbagai pihak, termasuk pemerintah, sektor swasta, dan lebih dari 500 SMK dan perguruan tinggi. Bagi sekolah yang tertarik untuk mengikuti program SMK Binaan GAMELAB, berikut beberapa informasi mengenai kompetensi keahlian yang tersedia:

  • Pengembangan Perangkat Lunak dan Gim (PPLG)
  • Rekayasa Perangkat Lunak (RPL)
  • Multimedia (MM)
  • Desain Komunikasi Visual (DKV)
  • Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ)
  • Bisnis Daring Pemasaran (BDP)
  • Otomatisasi & Tata Kelola Perkantoran (OTKP)
  • Akuntansi Keuangan dan Lembaga (AKL)

Untuk sekolah-sekolah SMK di seluruh Indonesia, mari persiapkan masa depan siswa-siswi mulai sekarang! Kebutuhan industri terus berkembang dan berubah, sehingga dunia pendidikan dan industri harus bersatu untuk mewujudkan visi DUDIKA. Hubungi GAMELAB untuk menjali kerja sama lebih lanjut.


Vincentius Dimas

Vincentius Dimas

Kamis, 30 Mei 2024

ARTIKEL TERKAIT

Magang lebih mudah dan bisa dilakukan dari mana saja dengan Program Magang Online Gamelab. Magang Bersertifikat, plus Pelatihan!

DAFTAR MAGANG

ARTIKEL POPULER

KATEGORI