BERITA SMK SMK Jurusan Kriya Kreatif Keramik : Keramik yang Bermanfaat dan Bernilai Estetik

SMK Jurusan Kriya Kreatif Keramik : Keramik yang Bermanfaat dan Bernilai Estetik

Oleh Gamelab.Id | Senin, 21 Desember 2020

SMK Jurusan Kriya Kreatif Keramik : Keramik yang Bermanfaat dan Bernilai Estetik

Secara umum SMK Jurusan Kriya Kreatif Keramik akan mempelajari tentang bahan-bahan, teknik, dan proses pembuatan keramik yang kreatif dan berdaya jual tinggi.

Ciptakan lingkungan belajar yang lebih MENYENANGKAN dengan GAME-BASED LEARNING!

Aktivitas di kantor membosankan?
Karyawan engangement kurang?
GAMIFIKASI-IN aja!

Daftar Isi Artikel

Seni kriya mengkombinasikan tiga aspek,  yaitu estetika, cara pembuatan, dan fungsi. Salah satu seni kriya adalah Kriya Keramik. Secara umum, seni Kriya Keramik merupakan karya seni dengan bahan dasar tanah liat yang ditakar kemudian dihias. Bahan untuk pembuatan keramik cukup beragam. Kriya Keramik akan mengeksplorasi bahan-bahan yang dapat diolah menjadi keramik, dengan bahan dasar tanah liat. Kriya Keramik mengolah produk keramiknya menjadi lebih bervariasi, misalnya dengan penggunaan motif pada glasir atau bahkan menggabungkan keramik tersebut dengan material lainnya. 

Dalam pembuatan keramik ada banyak teknik yang digunakan diantaranya adalah teknik lempeng, pilin, teknik cetak, dan pijit. Setelah keramik dibentuk dengan teknik-teknik tersebut, tahap selanjutnya adalah  pengeringan dan pembakaran untuk menjadikan keramik yang masih mentah tersebut menjadi matang dan keras. Ada banyak jenis varian dari keramik, ada yang menggunakan cat untuk menghiasnya, ada juga yang menggunakan kombinasi warna tanah untuk membentuk sebuah pola yang indah dan cantik. Hasil dari Kriya Keramik sangat bermacam-macam. Ada yang dibuat untuk menjadi benda hias yang bervariasi bentuknya seperti guci, vas bunga, pot dan sebagainya. Namun ada juga yang dijadikan sebagai benda pakai seperti piring, kendi, dan benda-benda keramik yang dipakai dalam kehidupan sehari-hari lainnya.

Untuk menjadi seorang profesional di bidang Kriya Keramik, SMK menyediakan Jurusan Kriya Kreatif Keramik. Secara umum jurusan ini mempelajari tentang bahan-bahan, teknik, dan proses pembuatan keramik. Harapannya dengan mempelajari secara detail seluruh proses tersebut, akan dihasilkan Kriya Keramik yang bernilai estetis, berkualita, bermanfaat dan berdaya jual tinggi. Untuk mengetahui apa saja yang dipelajari dan bagaimana peluang kerja SMK Jurusan Kriya Kreatif Keramik, silakan simak artikel ini.

Kompetensi SMK Jurusan Seni Kriya Keramik

Kriya Kreatif Keramik merupakan salah satu Kompetensi Keahlian dari Program Keahlian Desain dan Produk Kreatif Kriya, pada Bidang Keahlian: Seni dan Industri Kreatif. Berikut adalah daftar lengkap mata pelajaran Jurusan Kriya Kreatif Keramik.

A. Muatan Nasional
1. Pendidikan Agama dan Budi Pekerti
2. Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
3. Bahasa Indonesia
4. Matematika
5. Sejarah Indonesia
6. Bahasa Inggris dan Bahasa Asing Lainnya*)

B. Muatan Kewilayahan
1. Seni Budaya
2. Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan

C. Muatan Peminatan Kejuruan
C1. Dasar Bidang Keahlian
1. Simulasi dan Komunikasi Digital
2. Tinjauan Seni
3. Dasar-dasar Kreativitas

C2. Dasar Program Keahlian
1. Dasar-dasar Desain Kriya
2. Desain Produk
3. Gambar

C3. Kompetensi Keahlian (Mata Pelajaran Produktif)
1. Pembentukan dengan Teknik Langsung
2. Pembentukan dengan Teknik Putar Centering
3. Pembentukan dengan Teknik Putar Pilin
4. Pembentukan dengan Teknik Cetak
5. Produk Kreatif dan Kewirausahaan

Baca Juga : Menjembatani Pendidikan antara Industri, SMK YPK Paulus Dok Adakan UKK Animasi bersama GAMELAB

Peluang Kerja SMK Jurusan Kriya Kreatif Keramik

Dengan proses pembelajaran selama 3 tahun, siswa dibekali pengetahuan dan keterampilan di bidang Kriya Kreatif Keramik. Berikut ini adalah beberapa peluang kerja bagi para lulusan SMK Jurusan Kriya Kreatif Keramik :

  • Sebagai desainer/dekorator produk di industri keramik
  • Sebagai desainer di industri lain semisal percetakan
  • Sebagai desainer atau perancang model cetakan keramik di industri keramik
  • Sebagai analisa dalam pengolahan tanah liat bahan keramik
  • Sebagai tenaga terampil dalam pembentukan cetak tuang ( casting ) di industri keramik
  • Sebagai tenaga terampil dalam pembentukan keramik dengan tangan langsung
  • Sebagai tenaga terampil dalam mengoperasikan tungku pembakaran
  • Membuka usaha di bidang kerajinan keramik

Berbekal pendidikan selama 3 tahun, SMK Jurusan Kriya Kreatif Keramik akan membentuk tenaga profesional di bidangnya. Berbagai produk Kriya Keramik tidak hanya dilihat dari fungsinya namun juga dilihat nilai estetikanya. Bahkan produk-produk tersebut sudah banyak diekspor ke luar negeri. Hal ini akan membuka peluang kerja bagi para lulusan SMK Jurusan Kriya Kreatif Keramik. 

Nah, dengan slogan "SMK Bisa!", siswa SMK dipersiapkan agar kapabel, kompetitif dan siap kerja. Siswa SMK tidak hanya disuguhkan teori, akan tetapi juga praktek lapangan sesuai dengan bidang kejuruannya. Kami dari GAMELAB memiliki berbagai program kerja sama dengan SMK seperti pelatihan guru, pelatihan siap kerja, magang, kelas industri dan job matching. Adapun kami telah bekerja sama dengan lebih dari 30 SMK di seluruh Indonesia. Silakan jika SMK Anda berminat untuk kerjasama dengan kami, email ke [email protected] atau WhatsApp ke https://wa.me/6281232596412

 

Sumber :

https://radarsurabaya.jawapos.com/read/2019/12/26/171910/seni-kriya-keramik-kombinasi-estetika-pembuatan-dan-fungsi

https://hamparan.net/seni-kriya/

https://www.markombur.com/2020/03/mata-pelajaran-jurusan-kriya-kreatif_17.html?m=0

 


Gamelab.Id

Gamelab.Id

Senin, 21 Desember 2020

ARTIKEL TERKAIT

Magang lebih mudah dan bisa dilakukan dari mana saja dengan Program Magang Online Gamelab. Magang Bersertifikat, plus Pelatihan!

DAFTAR MAGANG

ARTIKEL POPULER

KATEGORI