BERITA SMK SMK Jurusan Kriya Kreatif Logam dan Perhiasan : Kompetensi dan Peluang Kerjanya

SMK Jurusan Kriya Kreatif Logam dan Perhiasan : Kompetensi dan Peluang Kerjanya

Oleh Gamelab.Id | Selasa, 22 Desember 2020

SMK Jurusan Kriya Kreatif Logam dan Perhiasan : Kompetensi dan Peluang Kerjanya

SMK Jurusan Kriya Logam dan Perhiasan menghasilkan tamatan yang terampil dan memiliki kemampuan wirausaha di bidang industri kreatif produksi kriya logam.

Ciptakan lingkungan belajar yang lebih MENYENANGKAN dengan GAME-BASED LEARNING!

Aktivitas di kantor membosankan?
Karyawan engangement kurang?
GAMIFIKASI-IN aja!

Daftar Isi Artikel

Kriya logam adalah seni kerajinan atau keterampilan untuk membuat sesuatu menjadi barang-barang yang memiliki nilai guna dengan menggunakan logam sebagai bahan dasar. Adapun karya yang dihasilkan dapat berupa karya 2 dimensi (lukisan logam), 3 dimensi (patung logam), dan perhiasan. Media logam yang biasa digunakan dalam pembuatan karya-karya kriya logam menggunakan media berupa alumunium, kuningan dan tembaga. Adapun teknik-teknik yang biasa dipakai pada kriya logam yaitu teknik suntikan, krawangan, wudulan/ketok, etsa, las, cor dan patri.

Untuk menjadi seorang profesional di bidang Kriya Logam dan Perhiasan, SMK menyediakan Jurusan Kriya Kreatif Logam dan Perhiasan. Program keahlian Kriya Logam dan Perhiasan menghasilkan tamatan yang terampil dan memiliki kemampuan wirausaha di bidang industri kreatif yang berdasarkan kecerdasan kreatif dalam bidang produksi kriya logam. Melalui penguasaan  teori dan praktek serta pemahaman aspek sosial budaya, estetika, ergonomis, teknologi dan akan mampu merancang produk kriya logam dan perhiasan yang memiliki gaya hidup dan nilai jual. Untuk mengetahui apa saja yang dipelajari dan bagaimana peluang kerja SMK Jurusan Kriya Kreatif Keramik, silakan simak artikel ini.

Kompetensi SMK Jurusan Seni Kriya Keramik

Kriya Kreatif Logam dan Perhiasan merupakan salah satu Kompetensi Keahlian dari Program Keahlian Desain dan Produk Kreatif Kriya, dan Bidang Keahlian: Seni dan Industri Kreatif. Berikut adalah daftar lengkap mata pelajaran Jurusan Kriya Kreatif Logam dan Perhiasan.

A. Muatan Nasional
1. Pendidikan Agama dan Budi Pekerti
2. Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
3. Bahasa Indonesia
4. Matematika
5. Sejarah Indonesia
6. Bahasa Inggris dan Bahasa Asing Lainnya*)

B. Muatan Kewilayahan
1. Seni Budaya
2. Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan

C. Muatan Peminatan Kejuruan
C1. Dasar Bidang Keahlian
1. Simulasi dan Komunikasi Digital
2. Tinjauan Seni
3. Dasar-dasar Kreativitas

C2. Dasar Program Keahlian
1. Dasar-dasar Desain Kriya
2. Desain Produk
3. Gambar

C3. Kompetensi Keahlian (Mata Pelajaran Produktif)
1. Pembuatan Perhiasan
2. Dekorasi dan Ketok Pembentukan
3. Pengelasan dan Pembubutan
4. Pengecoran Logam
5. Produk Kreatif dan Kewirausahaan

Baca Juga : GAMELAB Visitasi ke SMKN 1 Gempol untuk Monitoring dan Evaluasi Kelas Industri

Peluang Kerja SMK Jurusan Kriya Kreatif Logam dan Perhiasan

Dengan proses pembelajaran selama 3 tahun, siswa dibekali pengetahuan dan keterampilan di bidang Kriya Kreatif Logam dan Perhiasan. Berikut ini adalah beberapa peluang kerja bagi para lulusan SMK Jurusan Kriya Kreatif Logam dan Perhiasan :

  • Jewellery Artist
    Jewelly artist adalah seseorang yang memiliki kemampuan untuk mendesain bahkan membuat perhiasan yang memiliki nilai estetika dan memiliki daya jual.
  • Dekorator Logam
    Dekorator logam adalah seseorang yang memiliki kemampuan untuk mendesain bahkan membuat berbagai macam karya berbahan dasar logam yang memiliki nilai estetika dan memiliki daya jual.
  • Juru Las
    Juru las adalah seseoran  yang memiliki keahlian dan keterampilan khusus pengelasan,misalnya pengelasan untuk menyambungkan logam dengan teknik las.
  • Pengrajin Produk Kerajinan Logam
    Dengan pengetahuan dan keterampilan yang dimiliki, para lulusan SMK Jurusan Kriya Logam dan Perhiasan bisa menjadi pengrajin berbagai produk kerajinan logam. Produk tersebut bisa berupa aksesoris, patung, perabotan rumah, dan lain-lain.

Berbekal pendidikan selama 3 tahun, SMK Jurusan Kriya Kreatif Logam dan Perhiasan akan membentuk tenaga profesional di bidangnya. Berbagai produk Kriya Logam dan Perhiasan tidak hanya dilihat dari fungsinya namun juga dilihat nilai estetikanya. Bahkan produk-produk tersebut sudah banyak diekspor ke luar negeri. Hal ini akan membuka peluang kerja bagi para lulusan SMK Jurusan Kriya Kreatif Logam dan Perhiasan.

Nah, dengan slogan "SMK Bisa!", siswa SMK dipersiapkan agar kapabel, kompetitif dan siap kerja. Siswa SMK tidak hanya disuguhkan teori, akan tetapi juga praktek lapangan sesuai dengan bidang kejuruannya. Kami dari GAMELAB memiliki berbagai program kerja sama dengan SMK seperti pelatihan guru, pelatihan siap kerja, magang, kelas industri dan job matching. Adapun kami telah bekerja sama dengan lebih dari 30 SMK di seluruh Indonesia. Silakan jika SMK Anda berminat untuk kerjasama dengan kami, email ke [email protected] atau WhatsApp ke https://wa.me/6281232596412

 

Sumber :

https://materibelajar.co.id/kerajinan-logam/

https://www.viva.co.id/vstory/lainnya-vstory/1187818-nasib-pengrajin-seni-kriya-logam-yang-kurang-dilirik-pemerintah

https://www.markombur.com/2020/03/mata-pelajaran-jurusan-kriya-kreatif_67.html

 


Gamelab.Id

Gamelab.Id

Selasa, 22 Desember 2020

ARTIKEL TERKAIT

Magang lebih mudah dan bisa dilakukan dari mana saja dengan Program Magang Online Gamelab. Magang Bersertifikat, plus Pelatihan!

DAFTAR MAGANG

ARTIKEL POPULER

KATEGORI