SMP IT Darul Fikri Bawen menyelenggarakan kegiatan outing class ke GAMELAB yang bertujuan untuk memberikan wawasan industri dan teknologi kepada para siswa pada 7 November 2024. Kegiatan ini berlangsung dengan format yang unik, yakni terbagi dalam dua sesi untuk memisahkan siswa dan siswi, sehingga setiap kelompok bisa lebih fokus dalam mengikuti materi yang diberikan. Kunjungan ini diharapkan tidak hanya memperkenalkan siswa pada dunia industri, namun juga mempersiapkan mereka sejak dini untuk memiliki pandangan tentang masa depan karier mereka.
Mengenal Industri dan Persiapan Karier
Sesampainya di GAMELAB, para siswa mendapatkan sesi pengenalan industri sebagai langkah awal memahami apa itu industri dan bagaimana perkembangan dunia kerja saat ini. Mereka diperkenalkan pada berbagai bidang karier dan peluang yang ada dalam industri kreatif, seperti pembuatan gim, animasi, dan teknologi digital. Dengan dibekali pengetahuan ini, siswa dapat mulai membayangkan apa saja yang perlu dipersiapkan dari segi keterampilan dan keahlian jika ingin berkarier di industri kreatif atau teknologi.
Pengalaman ini memberikan kesempatan bagi siswa untuk berpikir jauh ke depan, membangun visi masa depan mereka sedini mungkin. Mumpung masih di usia sekolah, siswa diharapkan bisa memanfaatkan waktu yang ada untuk mempelajari keterampilan yang relevan dengan industri masa kini, sehingga nanti mereka siap bersaing dalam dunia kerja yang semakin kompetitif.
Belajar Teknologi dan Gim bersama Expert Trainer
Setelah memperoleh wawasan dasar mengenai dunia industri, siswa diajak untuk lebih mendalami aspek teknologi melalui sesi yang dipandu oleh expert trainer dari GAMELAB. Pada sesi ini, siswa diberikan kesempatan untuk mempelajari dasar-dasar dalam pembuatan gim, mulai dari konsep dasar hingga alat dan perangkat lunak yang sering digunakan dalam proses pembuatan gim. Dengan bimbingan dari trainer, siswa diperkenalkan pada software yang umum digunakan oleh pengembang gim profesional, seperti Scracth dan beberapa tools animasi lainnya.
Proses belajar ini dirancang secara menarik dan interaktif sehingga siswa tidak hanya mendapatkan teori, tetapi juga bisa melihat langsung aplikasi dari teknologi yang mereka pelajari. Harapannya, pengalaman ini mampu menumbuhkan minat dan ketertarikan siswa terhadap teknologi dan industri gim yang terus berkembang pesat. Melalui pembelajaran ini, siswa tidak hanya belajar tentang teknologi, tetapi juga diharapkan mulai memahami cara kerja serta tantangan yang dihadapi dalam industri tersebut.
Menjajal Gim VR dan Animasi
Pada akhir kegiatan, para siswa mendapatkan kesempatan untuk mencoba gim VR dan animasi yang telah dibuat oleh peserta magang atau PKL di GAMELAB dan Educa Studio, sebuah perusahaan yang berada di bawah naungan PT. Educa Sisfomedia Indonesia. Ini adalah momen yang paling ditunggu oleh para siswa, karena mereka bisa merasakan langsung pengalaman bermain gim dalam format Virtual Reality (VR) serta melihat karya animasi yang dibuat oleh para pelajar dan mahasiswa lain yang sedang menimba ilmu di GAMELAB.
Pengalaman ini memberikan pemahaman lebih mendalam kepada siswa mengenai hasil nyata dari proses belajar yang mereka jalani. Mereka dapat melihat bagaimana ide dan konsep yang dipelajari bisa diubah menjadi produk teknologi yang menarik dan berfungsi. Kegiatan ini tidak hanya menyenangkan, tetapi juga memberi motivasi bagi siswa untuk terus belajar dan mengembangkan keterampilan mereka di bidang teknologi dan industri kreatif.
Tentang SMP IT Darul Fikri Bawen
SMP IT Darul Fikri Bawen adalah sekolah menengah pertama berbasis Islam terpadu yang berkomitmen untuk membentuk generasi berkarakter kuat, berakhlak mulia, dan memiliki kecakapan ilmu pengetahuan yang unggul. Terletak di kawasan Bawen, sekolah ini mengintegrasikan nilai-nilai agama dengan pendidikan akademik berkualitas, serta berfokus pada pengembangan keterampilan siswa yang relevan dengan tantangan zaman. Dengan lingkungan belajar yang kondusif dan program pembelajaran yang inovatif, SMP IT Darul Fikri Bawen mendorong siswa untuk tidak hanya berprestasi di bidang akademik tetapi juga memiliki kepedulian sosial dan semangat kepemimpinan sejak dini.
Baca Juga : Kunjungan Outing Class Siswa SDN Baleharjo 2 Pacitan ke GAMELAB: Pengalaman Belajar Teknologi yang Seru
Tentang PT. Educa Sisfomedia Indonesia
Selama lebih dari satu dekade, PT. Educa Sisfomedia Indonesia telah berperan besar dalam memajukan pendidikan dan teknologi digital di Indonesia. Dengan komitmen tinggi terhadap inovasi, perusahaan ini menghadirkan tiga wadah pengembangan keterampilan: Educa Studio, GAMELAB, dan Educa Academy yang bertujuan memperkuat sektor pendidikan melalui penerapan teknologi mutakhir.
GAMELAB menawarkan berbagai program seperti magang, pelatihan, dan peluang karier, sementara Educa Studio menyediakan hiburan edukatif berupa gim dan animasi untuk anak-anak. Sementara itu, Educa Academy berfokus pada pelatihan bagi para pendidik.
Dengan demikian, outing class yang diikuti oleh siswa SMP IT Darul Fikri Bawen memberikan kesempatan berharga untuk lebih mendalami dunia industri. Mereka tidak hanya mendapatkan pengetahuan teoretis, tetapi juga belajar langsung dari expert trainer dan menyaksikan karya-karya yang dihasilkan oleh industri. Ayo jadikan sekolahmu bagian dari pengalaman ini! Hubungi kami untuk informasi lebih lanjut.