Dalam beberapa waktu terakhir seringkali terjadi perubahan tren di masyarakat. Ini juga yang menjadi tantangan tim marketing. Karena harus selalu menyediakan konten yang dipersonalisasi dan relevan sehingga dapat meningkatkan pengalaman pelanggan. Artinya para pelanggan mengharapkan konten yang dinamis, serta konten tersebut berguna untuk mendapatkan hasil yang optimal. Pada artikel ini akan dilakukan pembahasan terkait apa itu konten dinamis dan perannya bagi marketing.
Pengertian Konten Dinamis
Konten dinamis atau biasa dikenal konten adaptif merupakan konten yang berubah berdasarkan perilaku, preferensi, dan minat pelanggan. Konten ini bisa berupa format teks, audio atau video. Dengan kata lain, pada saat pelanggan masuk ke situs web dan melihat rekomendasi yang ditampilkan sangat sesuai dengan preferensinya. Berarti rekomendasi tersebut dibuat secara dinamis berdasarkan perilaku dan preferensi historis.
Konten dinamis ini dipersonalisasi dan disesuaikan berdasarkan data yang di miliki tentang pelanggan dan waktu aksesnya. Hal ini bertujuan untuk memberikan pengalaman online yang menarik dan memuaskan bagi pelanggan. Konten dinamis bekerja bersama-sama dengan konten statis serta didukung oleh aplikasi dan skrip. Contohnya adalah konten HTML page atau email yang berubah untuk menampilkan informasi yang relevan bagi pelanggan berdasarkan lokasi atau interaksi sebelumnya dengan situs web.
Ini yang menjadi alasan kenapa marketing saat ini perlu mengeksplorasi konten dinamis. Karena dengan fokus beralih ke pemasaran yang berpusat pada pelanggan, serta memiliki tujuan untuk memberikan pengalaman pelanggan yang menyenangkan di setiap tahap perjalanan pembeli. Salah satu cara untuk melakukannya adalah dengan memanfaatkan konten dinamis yang dipersonalisasi.
Baca Juga : 6 Strategi Psikologi Marketing Terlarang, Tapi Bikin Ramai Bisnismu!
Peran Konten Dinamis Bagi Marketing
Marketing dapat menggunakan konten dinamis di setiap tahap buyer journey.
Menggunakan Pada Tahap Kesadaran dan Jangkauan
Salah satu faktor utama yang menentukan keberhasilan pemasaran adalah dengan menciptakan kesadaran dan menghasilkan arahan untuk menjangkau pembeli. Konten dinamis dapat mempercepat hasil dari penjangkauan. Penerapan konten dinamis terdapat dua metode yaitu:
Tim marketing dapat membuat email lebih relevan bagi pelanggan dengan mempersonalisasi email secara dinamis. Template email yang disesuaikan untuk pengguna berdasarkan data yang dilacak pada preferensi, demografi, dan tahap perjalanan pembelian mereka.
- Teks dan Iklan Bergambar
Tim marketing dapat melakukan promosi dengan iklan bergambar atau iklan teks. Konten dinamis dapat membantu dalam mengoptimalkan area penayangan yang relevan dan hasil iklan yang menguntungkan.
Menggunakan Untuk Keterlibatan Di Situs
Setelah berhasil mendapatkan pengguna, sekarang saatnya untuk menjadikannya pelanggan. Ini beberapa bagian situs untuk menerapkan konten dinamis:
- Pencarian Situs
Pencarian situs adalah ruang konten dinamis yang dapat memindai situs web untuk mencari pengguna yang memasukkan pencarian dan menampilkan produk, layanan, atau halaman informasi terkait.
- Rekomendasi Produk / Konten
Marketing juga dapat menggunakan mesin rekomendasi yang baik yang dapat memilih dan menyarankan halaman informasi yang relevan dan sesuai dengan persona pembeli dan customer journey.
- On-page Pop-up
Pop-up adalah alat keterlibatan yang selalu menarik untuk meningkatkan promosi. Namun harus direncanakan secara strategis direncanakan agar tidak mengganggu dan relevan dengan customer journey.
Menggunakan Untuk Konversi
Setelah itu, konten dinamis juga bisa digunakan untuk meningkatkan konversi situs web. Berikut ini beberapa cara menerapkan konten dinamis untuk menghasilkan konversi yang lebih tinggi:
- Display Banners
Display Banner dapat digunakan di laman situs web, email interaktif dan juga di dalam aplikasi produk digital.
- Promosi konten asli
Promosi konten asli adalah menambahkan konten promosi di dalam konten yang dibuat. Ini bertujuan untuk mempromosikan item secara kontekstual dan menambah nilai bagi pelanggan.
Sumber: