Kamu pasti sudah tidak asing dengan istilah hashtag, bukan? Dalam dunia digital, terutama pada penggunaan di media sosial, hashtag menjadi simbol identifikasi yang populer untuk menjangkau audiens.
Hashtag biasanya digunakan dengan menuliskan simbol '#' di depan sebuah kata atau beberapa kata yang digabung menjadi satu. Misalnya #Tips, #TipsSukses, #TipsSuksesMarketing, dan lain-lain. Artikel ini akan mengulas lebih lanjut mengenai apa itu hashtag, manfaat, dan cara menggunakannya.
Apa Itu Hashtag?
Hashtag adalah sebuah label untuk konten yang dituliskan dengan simbol # (pagar) dan diikuti oleh kata atau frasa tanpa spasi yang digunakan di media sosial untuk mengkategorikan atau mengidentifikasi konten yang relevan.
Hashtag, disebut juga sebagai tagar, menjadi fitur yang populer digunakan dalam pemasaran digital, karena dapat menemukan audiens yang tepat, yang memiliki minat pada brand atau layanan yang kamu tawarkan. Ketika hashtag digunakan dalam unggahan atau posting, maka konten menjadi lebih mudah ditemukan oleh orang-orang yang tertarik pada topik yang sama.
Penggunaan hashtag mulanya marak dipakai di Twitter pada tahun 2007 untuk mengelompokkan Tweet yang saling terkait. Sejak itu, penggunaan hashtag meningkat pesat karena dinilai efektif menemukan konten yang diinginkan. Kini, hashtag dapat ditemukan di berbagai platform media sosial seperti Instagram, Twitter, Facebook, TikTok, dll.
Manfaat Menggunakan Hashtag
Berikut merupakan beberapa manfaat yang bisa kamu dapatkan saat menggunakan hashtag pada postingan di media sosial.
1. Meningkatkan Jangkauan Konten
Menggunakan hashtag yang relevan dan populer dapat membantu meningkatkan jangkauan konten yang kamu posting. Ketika seseorang mencari atau meng-klik hashtag yang kamu gunakan, konten milikmu akan turut muncul di dalam hasil pencarian, bahkan bagi mereka yang tidak mengikuti akun media sosialmu.
2. Membangun Kesadaran Merek
Dalam pemasaran digital, penggunaan hashtag turut memberikan kesempatan untuk membangun brand dan meningkatkan kesadaran merek. Jangkauannya yang luas meningkatkan peluang audiens agar lebih mengenali brand yang kita bangun.
3. Membangun Komunitas
Hashtag juga dapat membantumu terhubung dengan komunitas yang memiliki minat yang sama. Hal ini memungkinkan kamu untuk berinteraksi dengan orang-orang yang memiliki pandangan dan minat serupa, sehingga kamu bisa membangun jaringan dan interaksi sosial yang lebih baik.
4. Meningkatkan Engagement
Saat pengguna lain melakukan klik pada hashtag yang kamu cantumkan, maka postingan tersebut ikut serta dalam interaksi yang terjadi di media sosial. Hal ini bisa mengarah pada keterlibatan lebih lanjut melalui like, share, komentar, atau justru menambah pengikut (followers) baru.
5. Mempromosikan Campaign
Dianggap sebagai alat yang efektif dalam menghubungkan, mengorganisir, dan memperluas jangkauan konten di platform media sosial, pemanfaatan hashtag sering digunakan dalam promosi acara atau kampanye tertentu. Namun, perlu diingat bahwa hashtag hanya akan efektif jika mendukung konten berkualitas dan pesan kampanye yang kuat.
Cara Kerja Hashtag
Berikut merupakan contoh bagaimana hashtag bekerja di sosial media Twitter dan Instagram.
Cara Kerja Hashtag di Twitter
Di Twitter, hashtag bisa ditemukan di bagian Trending. Bisanya, hashtag yang muncul adalah hashtag populer yang paling banyak dicuitkan oleh pengguna media sosial Twitter.
Hashtag di Twitter akan mengelompokkan cuitan-cuitan dengan topik yang sama, bahkan jika akun-akun tersebut tidak saling mengikuti. Kamu bisa mencari hashtag melalui kolom pencarian dengan mengetikkan kata kunci topik yang diinginkan.
Setelahnya, kamu akan melihat beberapa hasil pencarian, yakni:
- Top: Di fitur ini, kamu bisa melihat kumpulan tweet dengan hashtag yang paling banyak memiliki interaksi.
- Latest: Ini merupakan sekumpulan tweet terbaru dari pengguna Twitter yang mencuitkan hashtag terkait.
- People: Pencarian hashtag juga akan muncul melalui akun-akun (orang) yang relevan dengan hashtag yang dicari.
- Media: Ini merupakan kumpulan cuitan yang disertai dengan foto dan video yang berkaitan dengan hashtag yang dicari.
- List: Pada bagian ini, kamu akan melihat daftar-daftar yang dibuat oleh pengguna Twitter yang berkaitan dengan hashtag yang kamu ketikkan.
Cara Kerja Hashtag di Instagram
Pada sosial media Instagram, hashtag atau tagar juga mengelompokkan konten-konten yang relevan dengan topik yang sama. Hashtag di Instagram yang dicari melalui kolom pencarian akan menampilkan beberapa hasil, yaitu:
- For You: Ini merupakan rekomendasi hashtag atau hashtag turunan dari kata kunci yang kamu ketikkan saat mencari hashtag pertama kali di kolom pencarian.
- Accounts: Hasil ini menampilkan akun-akun yang berkaitan dengan hashtag yang kamu ketikkan.
- Reels: Hasil ini menampilkan sekumpulan Reels (video Instagram) yang menggunakan hashtag yang kamu cari. Di sini, kamu bisa memperoleh konten yang beragam yang berkaitan dengan topik tersebut.
- Audio: Ini merupakan hasil pencarian berupa audio yang berhubungan dengan hashtag yang kamu ketikkan.
- Tags: Ini membantumu mendapatkan kata kunci lain yang masih relevan dengan hashtag yang kamu cari.
- Places: Hasil ini menunjukkan tempat yang memiliki nama yang sama dengan hashtag yang kamu ketikkan.
Baca Juga : Mengintip Dunia Programmer, Apa yang Tidak Dikatakan di Kampus!
Penutup
Apakah pembahasan tersebut telah memberikanmu pemahaman tentang definisi hashtag, manfaat, dan cara kerjanya? Jika iya, ini saatnya kamu memanfaatkan penggunaan hashtag lebih lanjut untuk melakukan pemasaran digital.
Kamu bisa mengikuti kelas Memasarkan Produk dan Jasa Melalui Instagram dan menggunakan hashtag sebagai salah satu strategi pemasaran. Yuk, daftar kelasnya di GAMELAB.ID
. Jika ada yang ingin ditanyakan mengenai kelas tersebut, silahkan hubungi link ini.