Dalam dunia marketing tentunya memenangkan persaingan adalah hal yang penting. Pemasaran dapat dilakukan dengan menggunakan konten seperti yang beredar di internet ataupun media lain. Konten biasanya dicari karena berisikan informasi yang sesuai dengan keinginan audiens. Namun, masih banyak konten yang belum bisa menarik banyak perhatian. Oleh karena itu, konten interaktif muncul sebagai solusi dan diharapkan dapat menarik perhatian dan memenangkan persaingan dalam marketing.
Pengertian Konten Interaktif
Konten interaktif adalah jenis konten yang memerlukan dan mendorong audiens untuk terlibat secara lebih aktif bukan hanya menerima konten dengan pasif. Hal ini seperti percakapan antar pembuat konten dan audiens. Konten ini lebih baik daripada konten biasa karena lebih menarik dan bisa mendorong konsumen untuk bersaing, membandingkan, menguji diri mereka sendiri, mengonsumsi informasi lebih cepat, dan mencapai hasil lebih cepat.
Manfaat Konten Interaktif
- Menarik audiens yang mungkin menjadi pembeli di masa depan.
- Mendorong audiens untuk terlibat dan membagikan konten.
- Mendapatkan loyalitas dari para audiens.
- Memberikan data audiens yang lebih baik.
- Memenangkan persaingan marketing dari pesaing lain.
Baca Juga : 6 Strategi Psikologi Marketing Terlarang, Tapi Bikin Ramai Bisnismu!
Jenis – Jenis Konten Interaktif
Kuis
Kuis merupakan salah satu konten paling popular. Karena konten ini dikemas secara menyenangkan, namun tim marketing menganggapnya serius dengan tujuan mendapat informasi terkait audiens. Hasil kuis ini berguna untuk merekomendasikan konten yang paling relevan.
Infografis Interaktif
Infografis merupakan format visual yang paling mudah untuk dibagikan. Membuat ini akan menuntut lebih banyak waktu dan usaha namun hasilnya sepadan, karena akan memiliki konten menarik lebih banyak perhatian dan menghasilkan lebih banyak share. Caranya dengan menyematkan beberapa pertanyaan di infografis.
Video Interaktif
Video merupakan salah satu konten yang paling diminati untuk melakukan pemasaran. Konten video bisa lebih interaktif dengan menambahkan fitur seperti polling atau pertanyaan yang bisa dijawab oleh para audiens.
Polling dan Survei
Polling dan survei merupakan konten interaktif yang paling umum digunakan di media sosial. Dengan melakukan ini makreting akan cepat mengumpulkan informasi yang berguna dari audiens seperti: Feedback konsumen, Wawasan audiens dan preferensi pembelian.
Kalkulator
Kalkulator dibuat untuk memecahkan masalah tertentu dan memberikan jawaban secara langsung. Membantu konsumen mempertimbangkan pilihan mereka, kalkulator interaktif mungkin menawarkan wawasan penghematan yang mereka perlukan dalam membuat keputusan pembelian.
Penilaian
Penilaian adalah jenis konten interaktif di mana audiens menjawab beberapa pertanyaan berdasarkan materi topik pertanyaan. Jenis konten ini merupakan bentuk objektif untuk mendapatkan masukan yang berkualitas. Pada dasarnya, penilaian memungkinkan mendapatkan banyak informasi tentang audiens. Ini juga bentuk konten interaktif yang paling dihargai bagi kedua belah pihak.
Kontes
Kontes dapat menjadi salah satu jenis konten terbaik. Perusahaan dapat menjalankan kontes sederhana di media sosial meminta audiens untuk menyukai, berkomentar, atau berbagi postingan untuk ikut serta. Hal ini tidak hanya akan menumbuhkan kesadaran brand dan melibatkan audiens untuk menjadi kreatif dengan kontes, tetapi juga membantu mendapatkan banyak pelanggan baru.
Email Interaktif
Email juga bisa menjadi konten interaktif karena memiliki keunikan memungkinkan untuk berkomunikasi secara langsung dengan audiens secara satu persatu, bukan sebagai pesan siaran publik seperti media sosial. Hal ini memberikan keunggulan pada email bahkan dalam dunia digital yang sekarang berkembang pesat. Caranya dengan memasukkan elemen interaktif di email, seperti video interaktif, polling, kuis dan yang lainnya. Sehingga audiens dapat terlibat dengan lebih baik.
Baca juga: Step By Step Membuat Content Marketing Roadmap
Sumber:
https://neilpatel.com/blog/interactive-content-is-where-the-action-is/