Pada saat ini banyak audiens yang lebih berpengetahuan dari sebelumnya, maka sulit untuk menarik perhatian mereka. Alasan utama kenapa sebagian besar landing page tidak mengubah prospek menjadi pelanggan adalah call to action yang lemah tanpa rasa urgensi. Ini juga karena masih banyak pemasar yang tidak menggunakan call to action yang efektif untuk melibatkan pelanggan ideal bahkan yang lebih buruk ada yang tidak menggunakan sama sekali.
Definisi Call to Action
Call to action adalah bagian dari strategi pemasaran agar target pasar merespons dengan mengambil tindakan. Ini umum digunakan untuk memberi tahu pelanggan terkait apa yang harus dilakukan selanjutnya jika mereka tertarik dengan yang ditawarkan. Dalam menulis call to action yang akan mendorong audiens untuk mengambil tindakan yang tepat memang tanggung jawab yang mudah. Namun hal ini dapat dilakukan dengan tindakan yang efektif sehingga unggul dari pesaing lain dan membuat prospek bisnis lebih sukses.
Manfaat Call to Action
Mendorong Saluran Penjualan
Call to action dapat berfungsi sebagai transisi dalam fase customer journey. Menginstruksikan audiens tentang apa yang harus dilakukan selanjutnya, mendorong mereka untuk mengambil tindakan segera. Ini akan efektif ketika menempatkan call to action secara baik di saluran penjualan. Melakukan praktik call to action seperti menyusun kata-kata pada salinan dengan fokus ke manfaatnya. Hal ini diharapkan bisa memberikan pengalaman audiens yang lebih baik.
Memudahkan pelanggan dalam mengambil tindakan
Banyak pelanggan membutuhkan call to action. Karena beberapa audiens bergantung pada call to action untuk mengambil langkah berikutnya. Ketika menghilangkan call to action dapat membingungkan audiens dan merusak peluang. Sedangkan ketika terdapat call to action akan memudahkan pelanggan melakukan apa yang diinginkan.
Meningkatkan Keberhasilan Periklanan Digital
Iklan digital adalah iklan yang menghasilkan sensasi tentang produk atau layanan, menarik perhatian konsumen, dan mendorong untuk melakukan pembelian. Call to action menekankan kekuatan pada titik fokus materi iklan. Dengan hal itu maka kampanye yang dilakukan akan terdengar atau tersampaikan ke audiens.
Baca Juga : 6 Strategi Psikologi Marketing Terlarang, Tapi Bikin Ramai Bisnismu!
Cara Membuat Call to Action
Memberikan Uji Coba
Cara agar pelanggan mengambil tindakan adalah harus membantu mereka dengan menghilangkan semua kemungkinan hambatan. Salah satu caranya dengan memberikan uji coba gratis terlebih dahulu kepada audiens agar mereka mengetahui keinginan dan kebutuhannya.
Menulis Call to Action yang Berorientasi Manfaat
Call to action harus menawarkan beberapa bentuk manfaat bagi pelanggan. Agar para pelanggan tertarik tentang nilai yang diberikan sehingga mereka mengkliknya dan diharapkan dapat mengarah ke pembelian.
Memberikan Hadiah ke Pelanggan
Dalam membujuk audiens untuk mengambil tindakan secara online, terutama melakukan penjualan produk, sedikit keterlambatan dalam memberikan hal yang mereka inginkan akan berdampak negatif. Dengan ini marketer dapat menawarkan hadiah di awal proses pembelian seperti; ebook atau template gratis. Ini dilakukan untuk menarik dan meningkatkan konversi pembelian.
Membangkitkan Keingintahuan Pelanggan
Menggunakan keingintahuan secara efektif dapat meningkatkan penjualan. Ini dilakukan dengan menyusun pesan call to action yang bisa menciptakan keinginan pelanggan melakukan tindakan yang mengarah ke pembelian.
Menawarkan Solusi
Untuk melakukannya harus diawali dengan memahami masalah yang dialami oleh pelanggan. Lalu memprovokasi mereka sehingga menimbulkan rasa urgensi. Setelah itu, dapat membuat call to action yang menawarkan solusi masalah yang dialami pelanggan.
Menawarkan Bonus
Salah satu cara efektif untuk menarik dan mempertahankan lebih banyak pelanggan adalah dengan menawarkan bonus kepada mereka. Hal ini karena banyak orang yang menginginkan bonus. Maka para marketer harus mulai menawarkan bonus dalam pesan call to action agar menarik perhatian para pelanggan.
Baca Juga: Mengenal Konten Dinamis Pengertian dan Perannya Bagi Marketing
Sumber:
https://glints.com/id/lowongan/cta-adalah/
https://neilpatel.com/blog/how-to-create-the-perfect-call-to-action/
https://www.searchitlocal.com.au/benefits-of-call-to-action/